https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-187-BANNER TRAVEL - 01 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-187-BANNER TRAVEL - 01 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-187-BANNER TRAVEL - 01 (1).jpg

Travel

Pantai Patokan, Destinasi Wajib Jika Berkunjung ke Sulawesi Utara

27 Mei 2021

Share

Sebagai negara kepulauan, Indonesia jelas memiliki banyak pantai. Saking banyaknya, beberapa di antara pantai-pantai yang terbukti indah bisa saja baru diketahui di era media sosial, seperti Pantai Patokan yang ada di Sulawesi Utara.

 

Jika Anda berencana mengunjungi Sulawesi Utara, maka jangan lupa memasukkan pantai satu ini ke dalam itinerary. Sebab, Anda pasti tak ingin begitu saja melewatkan keindahan pantai yang bisa disandingkan dengan May Bay di Phuket Thailand.

 

 

Pantai Patokan seperti berada di dalam sebuah palung

Berlokasi tepat di Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, Pantai Patokan yang terbilang baru dikenal langsung meraih popularitas berkat keindahan yang dimilikinya. Unggahan wisatawan di media sosial membuktikan hal tersebut.

 

Tebing-tebing kokoh pengapit pantai berpasir putih yang terhampar bak permadani, membuat Pantai Patokan seperti berada di dalam sebuah palung jika dilihat dari atas. Deburan ombak yang dipecah dinding tebing membuat suasana menjadi meriah sekaligus alami.

 

Rerumputan dan tumbuhan liar yang memenuhi puncak tebing pengapit pantai juga berhasil membuat pemandangan di sana semakin alami dan terkesan pribadi, seakan belum terjamah oleh manusia. Dari atas tebing itu Anda juga bisa menikmati hamparan laut biru sejauh mata memandang.

 

 

Tak hanya bersantai, Pantai Patokan juga cocok untuk kegiatan menyelam

Kesegaran akan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di bagian dangkal pantai yang jernih. Saking jernihnya, Anda bisa bersantai mengapungkan tubuh dengan biota laut dan karang yang terlihat jelas di bawah air. 

 

Jika beralih ke bagian laut yang relatif tenang, maka Anda bisa menyelam untuk menikmati lebih jauh keindahan dunia bawah laut Pantai Patokan yang dilingkupi terumbu karang dan ikan-ikan yang lalu lalang.

 

Bagi Anda yang ingin mengabadikan keseruan di Pantai Patokan, bagian dangkal pantai merupakan spot favorit wisatawan selain puncak tebing berlatarkan hamparan laut. Di sana Anda bisa mengapung tanpa terombang-ambing ombak. Momen itu bisa diabadikan dari atas tebing maupun langsung dari bibir pantai. 

 

 

Sementara itu untuk fasilitas pendukung aktivitas di Pantai Patokan bisa dibilang cukup sederhana. Setidaknya Anda tidak perlu bingung mencari toilet, dan tidak perlu repot atau khawatir ketika menjajaki jalan menuju tebing, karena sudah dibentuk sedemikian rupa berikut pegangan pagar agar mudah dilalui. 

 

Nyaman menuju Pantai Patokan dengan rental mobil dari TRAC

Untuk dapat mencapai Pantai Patokan, Anda bisa memilih berbagai rute dengan tujuan akhir Desa Jiko. Jika Anda datang dari arah Bolaang Mongondow Timur, maka perlu waktu sekitar 15-20 menit perjalanan darat. Sementara dari arah Kotamobagu memerlukan waktu tempuh sekitar dua jam. Sedangkan dari pusat Kota Manado, Anda memerlukan waktu sekitar lima jam perjalanan darat.

 

Setelah tiba di Desa Jiko, untuk bisa benar-benar sampai di Pantai Patokan Anda perlu melanjutkan perjalanan air dengan menyewa perahu yang biasanya disediakan oleh nelayan. Tarif sewa perahu cukup bervariasi mulai dari Rp30 ribu, dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit.

 

Bagaimana, tertarik menyambangi Pantai Patokan dan membuktikan sendiri keindahannya? Karena untuk bisa mencapai destinasi populer ini memerlukan perjalanan darat yang relatif panjang, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman, atau juga bisa memanfaatkan layanan sewa mobil dari TRAC yang siap mengantar Anda ke manapun tujuannya.

 

Dengan TRAC, kenyamanan perjalanan bisa Anda tentukan sendiri melalui pilihan kendaraan yang beragam, mulai dari mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan. Anda pun bisa menyewa kendaraan pilihan secara lepas kunci atau bersama pengemudi TRAC bersertifikat defensive driving.

 

 

 

Soal keamanan perjalanan selama pandemi Covid-19 tak perlu khawatir. Sebab, TRAC berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan desinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp