https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-130-Header---Deretan-Sajian-Mi-Khas-Nusantara-Ini-Wajib-Dicoba--_-Soto-Mi-Bogor.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-130-Header---Deretan-Sajian-Mi-Khas-Nusantara-Ini-Wajib-Dicoba--_-Soto-Mi-Bogor.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-130-Header---Deretan-Sajian-Mi-Khas-Nusantara-Ini-Wajib-Dicoba--_-Soto-Mi-Bogor.jpg

Travel

Penggemar Mi? Deretan Sajian Mi Khas Nusantara Ini Wajib Dicoba

25 Oktober 2020

Share

Selain nasi, mi merupakan salah satu makanan utama yang populer di Indonesia. Kepopuleran ini membuat jenis hidangan mi yang ada di Nusantara jadi beragam sesuai sebaran daerah. Dari barat sampai ke timur, Anda bisa dengan mudah menemukan hidangan mi dengan kenikmatan yang berbeda-beda.

 

Jika Anda salah satu penggemar hidangan hasil akulturasi budaya Nusantara dan Tiongkok ini, maka deretan mi berikut ini wajib untuk Anda coba.

 

1. Mi Aceh

Mi Aceh (foto by Heri Mardinal / iStockphoto)

Di ujung barat Nusantara ada Mi Aceh sebagai hidangan kaya rempah yang mesti Anda coba. Mi Aceh dihidangkan menggunakan mi kuning tebal dengan irisian daging sapi, kambing, atau seafood. Ada dua varian yang bisa Anda pilih, yakni Mi Aceh goreng atau Mi Aceh rebus. Kenikmatan seporsi Mi Aceh akan paripurna dengan bahan pelengkap seperti emping, acar, dan bawang goreng. Hidangan kaya cita rasa rempah ini cocok dinikmati pada malam hari atau saat cuaca dingin.

 

2. Mi Belitung

Mi Belitung (foto by Mujibur Rohman / iStockphoto)

Masih dari pulau Sumatera tepatnya negeri Laskar Pelangi, ada Mi Belitung dengan cita rasa khas yang tak akan Anda temukan di daerah lain. Mi Belitung disajikan menggunakan mi kuning yang disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang. Bahan lainnya adalah irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping dan taoge. Kenikmatan Mi Belitung terletak pada kuahnya yang manis gurih, karena diolah menggunakan kaldu udang asli dengan tambahan rempah-rempah. Seporsi Mi Belitung cocok untuk makan siang yang segar.

 

3. Soto Mi Bogor

Soto Mi Bogor (foto by MielPhotos2008 / iStockphoto)

Bergeser ke Jawa Barat, Soto Mi Bogor juga memiliki cita rasa khas yang wajib Anda coba. Berbeda dengan soto pada umumnya, kuah Soto Mi Bogor memiliki warna kemerahan hasil dari campuran cabai merah dalam bumbunya. Terdiri dari campuran mi kuning, daging sapi, kikil, usus, urat, dan babat, serta dilengkapi risol, kentang, dan kol, kenikmatan hidangan ini makin lengkap dengan emping melinjo dan seporsi nasi.

 

4. Mi Kocok Bandung

Mi Kocok Bandung (foto by MielPhotos2008 / iStockphoto)

Bandung juga memiliki hidangan mi dengan cita rasa khas bernama Mi Kocok Bandung. Yang menonjol dari hidangan ini adalah cita rasa kaldu sapi. Terhidang atas mi kuning yang diguyur kuah kaldu kental, kikil, taoge, sawi, bakso, serta jeruk nipis sebagai pelengkap kesegaran, nama mi kocok sendiri berasal dari cara pembuatannya, yakni dengan mencelupkan serta mengocok mi dan taoge ke dalam air panas.

 

5. Mi Ongklok Wonosobo

Mie Ongklok Wonosobo (foto by Zonainet / iStocphoto)

Hidangan mi khas Wonosobo ini agak sukar ditemukan di daerah lain. Maka dari itu, kalau berkunjung ke Wonosobo jangan lupa untuk menikmatinya. Seporsi Mi Ongklok Wonosobo berisi mi kuning yang diracik dengan campuran kol dan daun kucai, lalu disiram kuah kental nan nikmat. Kuah yang kental ini berasal dari campuran tepung kanji yang oleh warga sekitar biasa disebut loh atau lo. Hidangan ini biasanya dinikmati bersama suwiran ayam, sate sapi, tempe kemul atau geblek yang terbuat dari singkong. Nama ongklok sendiri berasal dari teknik perebusan bahan-bahan yang dicelup ke dalam air panas, mirip dengan Mi Kocok Bandung.

 

Itu dia 5 hidangan mi khas Nusantara yang wajib Anda coba. Untuk pengalaman kuliner yang paripurna, tentunya hidangan tersebut lebih baik Anda nikmati di daerah asalnya. Jadi, bila sewaktu-waktu Anda berkunjung ke sebuah kota, jangan lupa untuk mencicipi olahan mi-nya. Agar perjalanan lebih nyaman dan fleksibel, pilih layanan sewa mobil dari TRAC yang siap menemani liburan Anda kapan pun. TRAC juga memiliki 26 cabang, 36 outlet rental, dan juga 25 service point yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

 

Saat ini TRAC telah mengelola lebih dari 24.800 armada kendaraan serta melayani lebih dari 3.600 pelanggan di segmen korporasi. TRAC memiliki beberapa layanan, mulai dari personal daily car rental untuk kebutuhan solo traveling Anda maupun liburan bersama keluarga. Tenang saja, karena TRAC memiliki berbagai variasi jenis dan tipe mobil dari berbagai merek yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pelanggan.

 

Bila Anda ingin kendaraan yang lebih praktis, TRAC juga menyediakan sewa motor. Sedang bila membutuhkan kendaraan untuk rombongan, segera hubungi TRAC untuk mendapatkan sewa bus dalam berbagai ukuran. Apa pun kebutuhan Anda, TRAC sudah siap dengan pelayanan. Bepergian dalam masa pandemic pun bisa lebih nyaman dan aman dengan adanya protokol kesehatan TRAC SMART: Sanitized “Wear a Mask“ Ready to Go!

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp