https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/perjalanan_balikpapan.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/perjalanan_balikpapan.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/perjalanan_balikpapan.jpg

Travel

Perjalanan Satu Hari di Balikpapan

12 Juli 2017

Share

Balikpapan memang bukan kota tujuan wisata. Kebanyakan orang bertolak ke kota di timur Kalimantan ini hanya untuk transit atau kunjungan dinas, tapi tidak ada yang benar-benar khusus merencanakan liburan. Padahal kota ini tergolong unik. Tak percaya? Sewa mobil dan kunjungi tempat-tempat berikut selama satu hari.

 

PAGI

 

Sarapan di Depot Miki

Bila tiba di Balikpapan dengan pesawat pagi dan belum sempat sarapan, dengan naik sewa mobil segeralah bertolak ke Depot Miki di ruas Jalan Jendral Sudirman. Kota ini memiliki banyak depot minum kopi yang dipadukan dengan hidangan sarapan, seperti nasi kuning, lontong sayur, bubur ayam, bakpau, nasi tim, bubur Manado (tinutuan), nasi soto, dan masih banyak lagi.

 

Balikpapan merupakan sebuah kota yang didominasi pendatang, sehingga tidak memiliki makanan khas. Depot Miki mengingatkan akan tipikal warung kopi di Sumatera, seperti Tanjung Pinang atau Medan. Kopi yang disajikan pun mirip, yaitu kopi O atau kopi hitam pekat dengan gula. 

 

Hutan Bakau Margomulyo

Sesudah sarapan, arahkan sewa mobil ke hutan konservasi yang tersembunyi di Kelurahan Margomulyo, tepatnya di belakang SMAN 8, sekolah yang mendidik para muridnya untuk ambil bagian secara aktif dalam melestarikan hutan bakau.

 

Memasuki kawasan hutan bakau yang teduh ini, siapa pun akan lupa kalau sedang berada di tengah kota Balikpapan. Dermaga kayu yang dibangun di sepanjang hutan ini sangatlah nyaman untuk melihat keanekaragaman flora dan fauna. Kicauan burung juga ramai memenuhi tempat ini dan sesekali tampak monyet dan bekantan.

 

SIANG

 

Makan kepiting

Matahari makin tinggi dan perut lapar kembali, sehingga waktunya membawa sewa mobil ke salah satu restoran kepiting di kota ini. Restoran yang paling terkenal untuk mencicipi kepiting adalah Restoran Kepiting Kenari yang tak jauh dari Bandara Sepinggan. Walau namanya kepiting kenari, tapi kepiting yang digunakan adalah kepiting biasa, bukan kepiting kenari (Birgus latro) yang nyaris punah.

 

Tak jauh dari Restoran Kepiting Kenari, tepatnya di Jalan Marsma Iswahyudi, terdapat Restoran Kepiting Dandito yang tak kalah terkenal. Bagi yang ingin mencicipi kepiting di tempat yang harganya agak miring, datanglah ke Depot Seafood Layun di Ruko Sentra Eropa.

 

Kawasan Konservasi Beruang Madu

Lewat tengah hari adalah saat yang tepat untuk naik sewa mobil melihat beruang madu (Helarctos Malayanus) yang ditetapkan sebagai maskot kota Balikpapan pada 2004. Namun ironisnya, keberadaan hewan ini terancam punah, seiring dengan semakin berkurangnya hutan di Kalimantan.

 

Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) yang terletak di Kilometer 23 Jalan Raya Balikpapan-Samarinda ini merupakan suaka beruang madu yang dibangun oleh salah satu perusahaan minyak internasional yang beroperasi di Balikpapan. Menempati area seluas 1,3 hektar, KWPLH dirancang sedemikian rupa agar mendekati habitat asli beruang madu. Tempat ini memiliki beberapa beruang madu hasil sitaan dari penduduk yang memelihara dan mengkomersialkan mereka dengan tidak bertanggung jawab.

 

SORE

 

Belanja Suvenir di Kebun Sayur 

Kebun Sayur adalah Pasar Sukawati-nya Balikpapan dan sore menjelang toko tutup (beroperasi setiap hari pukul 09:00 – 18:00), adalah saat yang tepat untuk mengarahkan sewa mobil ke sini dan mendapatkan harga-harga terbaik. Pasar Kebun Sayur menjual aneka kerajinan khas Kalimantan, seperti kalung dan gelang dari batu, pernak-pernik dari manik-manik, batik Sasirangan, batik bermotif tribal Kalimantan, T-shirt bertemakan Kalimantan, batu akik, dan masih banyak lagi. Harga-harga di sini tentu saja bisa ditawar.

 

MALAM

 

Senja di Kompleks Ruko Bandar

Bandar merupakan kompleks ruko di di tepi pantai. Area ini merupakan kawasan wisata kuliner bagi warga setempat karena dipenuhi deretan kafe dan restoran. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah antara pukul 17:00 dan 19:00 WITA ketika udara sudah tidak terlalu terik karena rata-rata tempat di sini menggelar meja di udara terbuka.

 

Ditata diatas jembatan kayu di sepanjang pantai, Bandar juga memberikan suasana santai yang romantis di malam hari, selain keindahan matahari terbenam pun dapat dinikmati di sini.

 

Sewa mobil di Balikpapan sangatlah mudah dilakukan. Terlebih dengan kehadiran TRAC di kota ini, maka pilihan paket sewa mobil pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sewa mobil harian lepas kunci maupun dengan pengemudi. Kedua pilihan sewa mobil tersebut pun termasuk asuransi.

 

Bagi yang tidak ingin menyetir sendiri, berbagai tempat wisata di Balikpapan dapat dikunjungi dengan layanan sewa mobil dengan pengemudi dengan pilihan durasi 4 dan 12 jam. Harga sewanya termasuk tarif pengemudi, bensin, asuransi, tol, dan parkir.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp