Pesona Curug Citambur yang Viral Karena Rumah Abah Jajang
Pesona Curug Citambur yang Viral Karena Rumah Abah Jajang
Pesona Curug Citambur yang Viral Karena Rumah Abah Jajang

Travel

Pesona Curug Citambur yang Viral Karena Rumah Abah Jajang

10 Mei 2023

Share

Curug Citambur viral sejak beberapa waktu lalu. Hal itu tak lepas lantaran jagat maya dihebohkan dengan kisah Abah Jajang yang mempertahankan rumahnya meski telah ditawar di angka miliaran rupiah.

 

Namun alasannya sangat bisa dimaklumi. Karena tepat di halaman rumah tersebut terhampar pemandangan indah berlatarkan Curug Citambur lengkap dengan pemandangan hijau nan asri.

 

Setelah kisah Abah Jajang viral, nama Curug Citambur pun semakin melambung. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang berdatangan untuk melihat sendiri lukisan alam dari halaman rumah Abah Jajang maupun dari sekitar air terjun.

 

Sobat TRAC penasaran juga? Nah, sebelum melihat dan menikmati langsung keindahan dan pesona Curug Citambur sebaiknya ketahui dulu 5 hal di bawah ini.

 

 

 

5 Fakta Curug Citambur yang Perlu Diketahui Sebelum Berkunjung

 

Lokasi dan tiket masuk ke Curug Citambur

 

Curug Citambur berlokasi di Kampung Warungserab, Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang tak jauh dari perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Cianjur banyak orang lebih banyak mengakses destinasi ini dari arah Bandung.

 

Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk mencapai Curug Citambur dari tengah Kota Bandung dan mencapai 4 jam jika perjalanan dilakukan melalui Cianjur. 

 

Untuk menikmati pemandangan Curug Citambur dari dekat, Sobat TRAC harus membayar tiket sebesar Rp10 ribu saja. Biaya ini digunakan untuk perawatan di sekitar Wana Wisata Curug Citambur.

 

Berbeda jika Sobat TRAC hanya ingin memandangnya dari kejauhan, seperti dari halaman rumah Abah Jajang yang tak dipatok tarif tertentu, Namun tak ada salahnya untuk membawa buah tangan untuk beliau ya!

 

 

 

Air terjun tertinggi di Jawa Barat

 

Dengan ketinggian 130 meter, Curug Citambur merupakan air terjun tertinggi di Jawa Barat dan jadi yang tertinggi ke 7 di Indonesia. Curug Citambur sendiri merupakan tipe air terjun bertingkat yang terbagi menjadi tiga bagian. 

 

Air terjun yang terletak di paling atas memiliki ketinggian 2 meter saja sehingga seringkali agak sulit terlihat. Tingkatan selanjutnya adalah yang paling mencuri perhatian, dengan ketinggian 116 meter ini lah yang sering kali terlihat bahkan dari kejauhan termasuk dari Rumah Abah Jajang.

 

Sedangkan yang terakhir atau yang paling bawah dapat Sobat TRAC nikmati jika mendekat langsung ke area curug, bagian ini yang membuat keindahan Curug Citambur semakin mempesona. Meski ketinggiannya “hanya” 12 meter namun karena dihias undakan-undakan batu.

 

Jadi destinasi wisata sejak 2014

 

Meski baru viral beberapa saat lalu, sebenarnya Curug Citambur telah resmi dibuka dan dipromosikan sebagai kawasan wisata sejak tahun 2014 lho!

 

Kawasan wisata ini juga telah dikelola dengan apik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Curug Citambur yang melibatkan masyarakat sekitar. 

 

 

 

Aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar Curug Citambur

 

Selain memandangi dan mengagumi keindahan air terjun bertingkat, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Sobat TRAC yang suka bertualang bisa trekking menyusuri kawasan sekitar air terjun yang masih banyak ditumbuhi pepohonan.

 

Jangan lupa abadikan kunjungan Sobat TRAC dan keluarga dengan berpose bersama. Selain berlatarkan air terjun, pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto kece yang bisa mengundang banyak likes dari followers Anda.

 

Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena pada jarak tertentu percikan air terjun akan membuat pakaian menjadi basah. Selain itu, tak ada salahnya juga untuk bermain di aliran sungai di sekitar curug.

 

Bila Sobat TRAC datang ke kawasan Wana Wisata Curug Citambur, pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, mushala, lahan parkir yang cukup luas hingga penginapan. 

 

Ingin pengalaman yang berbeda? Sobat TRAC bisa bermalam di rumah warga dan merasakan langsung hangatnya kehidupan masyarakat di sana.

 

Namun, jika ingin benar-benar menikmati pemandangan Curug Citambur yang viral maka berkemah di halaman rumah Abah Jajang bisa menjadi pilihan. Tapi ingat, tetap jaga kebersihan dan ketertiban ya!

 

 

 

Destinasi wisata lain di sekitar Curug Citambur

 

Selain Curug Citambur yang termasyhur, sebenarnya terdapat beberapa destinasi lain yang bisa disambangi, seperti Ecopark Curug Tilu yang hanya berjarak 1 jam perjalanan.

 

Sedikit berkendara lebih jauh ke arah selatan, Sobat TRAC akan sampai ke Pantai Cidaun dan Pantai Jayanti yang berada di pesisir selatan Jawa.

 

Curug Citambur ini bisa menjadi alternatif bagi warga Bandung, Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi libur akhir pekan. Luangkan waktu untuk menjelajahi keindahan alam di Indonesia, tak perlu bepergian terlalu jauh karena bisa saja keindahan berada tak jauh dari kediaman.

 

Gunakan layanan rental mobil atau sewa bus dari TRAC untuk mengajak orang-orang tersayang mengunjungi Curug Citambur maupun destinasi lain yang menjadi lokasi wisata impian.

 

Dengan dukungan pengemudi yang berpengalaman dan profesional, akan membuat perjalanan tak hanya nyaman tapi juga aman. Nikmati quality time saat liburan tanpa harus memikirkan medan jalan yang menantang. 

 

Lakukan reservasi layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC hanya melalui aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp