Pesona Panorama Ranah Minang dan Kulinernya yang Nikmat
Pesona Panorama Ranah Minang dan Kulinernya yang Nikmat
Pesona Panorama Ranah Minang dan Kulinernya yang Nikmat

Travel

Pesona Panorama Ranah Minang dan Kulinernya yang Nikmat

24 Mei 2023

Share

Panorama Ranah Minang atau Sumatera Barat (Barat) mungkin belum setenar kulinernya yang begitu menggugah selera. Namun siapa sangka, daerah yang jadi tanah kelahiran tokoh-tokoh besar bangsa macam Bung Hatta, Haji Agus Salim, hingga Buya Hamka ini nyatanya punya keindahan alam yang begitu menyejukan mata.

 

Dilihat secara geografis, Ranah Minang memang berada pada posisi yang cukup strategis untuk urusan panorama alam. Punya daerah pesisir dengan beragam pantai eksotis seperti Pantai Pulau Angso Duo, Pantai Gandoriah hingga Pantai Padang. Serta, area perbukitan di dataran tinggi kota Payakumbuh juga Bukittinggi.

 

Apalagi, pesona panorama Ranah Minang kini tengah ramai diperbincangkan karena menjadi lokasi syuting film Buya Hamka yang tayang bulan lalu.

 

Film tersebut mengekspos beberapa desa yang jadi saksi bisu perjalanan Buya Hamka semasa hidupnya. Yang tentu saja punya pemandangan indah, bak permata yang jatuh dari surga.

 

Jika Sobat TRAC bosan dengan destinasi liburan yang itu-itu aja, beberapa destinasi yang jadi lokasi syuting film Buya Hamka ini bisa jadi rekomendasi.

 

 

 

Disana Sobat TRAC akan mendapati suasana pedesaan yang masih asri nan sunyi. Yang pastinya bisa bikin betah untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota. Penasaran dimana aja? Simak informasi berikut.

 

3 Panorama Ranah Minang yang Jadi Lokasi Syuting Film Buyah Hamka

 

Danau Maninjau

 

Berjarak sekitar 134 kilometer dari kota Padang, butuh upaya ekstra memang untuk bisa sampai ke lokasi ini. Sobat TRAC perlu menempuh perjalanan panjang selama hampir 4 jam berkendara mobil.

 

Namun, sesampainya disana, rasa lelah di perjalanan bisa dipastikan akan terbayar tuntas dengan keindahan panorama yang tersaji. Danau seluas hampir 100 kilometer itu, berada pada ketinggian 450 Mdpl. Dikelilingi bukit-bukit yang menjulang, pesona Danau Maninjau memang begitu meneduhkan pandangan.

 

Ngarai Taram

 

Berikutnya ada Ngarai Taram di Kabupaten Lima Puluh Kota, yang berjarak 112 kilometer dari kota Padang. Di sini, Sobat TRAC akan disuguhkan pemandangan desa yang dihimpit areal persawahan, bukit hingga aliran sungai.

 

Ngarai Taram ini juga sudah cukup dikenal sebagai desa wisata air. Sobat TRAC bisa coba menikmati keseruan menyusuri sungai di Ngarai Taram menggunakan perahu rakit yang disewakan penduduk setempat. Dijamin akan jadi pengalaman liburan yang berkesan.

 

 

 

Ngarai Sianok, Bukittinggi

 

Jika melancong ke Sumatera Barat, jangan lupa melipir ke Bukiittinggi yang identik dengan area gunung dan perbukitan. Dengan suasana yang sejuk dan asri khas dataran tinggi, dijamin bikin betah siapa saja untuk tinggal lebih lama di sana.

 

Apalagi di Ngarai Sianok, terdapat sebuah lembah yang diapit langsung oleh bukit dan tebing yang curam. Bagi Sobat TRAC pecinta fotografi, jangan sampai melewati keindahan landscape di sini lewat bidikan kamera ya!

 

Setelah melihat pesona panorama Ranah Minang yang jadi lokasi syuting film Buya Hamka, kurang afdol rasanya jika Sobat TRAC tidak menikmati sajian kulinernya yang tentu sangat memanjakan lidah. Identik dengan olahan santan kelapa, berikut 3 rekomendasi kuliner Ranah Minang yang wajib dicicipi.

 

3 Kuliner Khas Ranah Minang yang Wajib Dicoba

 

Sate Padang

 

Kuliner satu ini memang sudah sangat familiar dijumpai di kota-kota besar. Namun, menikmati Sate Padang langsung dari daerah asalnya tentu bisa memberikan sensasi tersendiri.

 

Di Ranah Minang, makanan ini populer dengan tiga sebutan. Yakni, Sate Padang, Sate Padang Panjang, serta Sate Pariaman. Mungkin untuk menasbihkan kalau kuliner khas ini tidak hanya identik di satu daerah tertentu saja.

 

 

 

Sama seperti olahan sate pada umumnya, Sate Padang tersaji dengan irisan daging, lidah, serta jeroan sapi yang dilumuri bumbu kental yang kaya akan rempah. Cita rasa pedas dan gurih dijamin jadi perpaduan yang pas.

 

Gulai Banak

 

Berikutnya ada sajian Gulai Banak. Dalam bahasa Minang gulai banak berarti Gulai Otak. Sesuai namanya, makanan satu ini merupakan olahan otak sapi yang di racik dengan bumbu gulai khas Minang.

 

Saking identiknya dengan Ranah Minang, banyak anggapan yang menyebutkan untuk mengenali restoran Padang yang asli di kota-kota lain, lihat saja dari menu yang disajikan. Bila ada Gulai Otak, bisa dipastikan keasliannya. Konon, hanya orang Minang tulen yang mampu meracik olahan Gulai Banak tersebut.

 

Rendang

 

Terakhir tentu saja hidangan yang selalu ada saat hari raya Idul Fitri. Dari Sabang sampai Merauke pasti menyukai kuliner yang satu ini. Bahkan di tahun 2017, Rendang masuk dalam daftar 50 makanan terbaik di Dunia versi CNN. Jadi tidak heran jika hidangan ini begitu digemari.

 

Rendang merupakan olahan daging sapi yang diracik dengan remah dan santan kelapa. Lalu dimasak dengan waktu yang cukup lama hingga nampak mengering. Tujuannya agar bumbu yang digunakan meresap hingga ke bagian terdalam daging dan menghadirkan citarasa yang menggugah selera.

 

 

 

Jelajahi Pesona Wisata Ranah Minang dengan Rental Mobil

 

Biar tidak semakin penasaran, Sobat TRAC bisa membuktikan langsung keindahan panorama Ranah Minang dan kulinernya yang lezat. Jangan khawatir soal transportasi, Sobat TRAC bisa gunakan layanan rental mobil Padang untuk menjelajahi ragam wisata yang tersedia.

 

Sobat TRAC bebas pilih mau rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi. Jika untuk kunjungan pertama kali, sebaiknya pilih layanan rental mobil dengan pengemudi. Selain lebih nyaman karena tak harus nyetir sendirian, juga bebas pusing mencari jalan menuju destinasi yang dicari.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp