Pesona Surga Bawah Laut Bunaken di Sulawesi
Pesona Surga Bawah Laut Bunaken di Sulawesi
Pesona Surga Bawah Laut Bunaken di Sulawesi

Travel

Pesona Surga Bawah Laut Bunaken di Sulawesi

25 Agustus 2023

Share

Sobat TRAC pecinta kegiatan air, wajib banget dateng ke surga bawah laut Bunaken. Destinasi satu ini merupakan pulau di Teluk Manado dengan luas 8,08 kilometer. Untuk dapat sampai kesana, sobat mesti menempuh perjalanan dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan selama 30 menit dari pelabuhan di Manado.

 

Di pulau Bunaken terdapat taman laut yang memiliki biodiversitas kelautan tinggi dan bahkan termasuk ke salah satu yang tertinggi di dunia. Selain itu, di Taman laut ini kita juga bisa melakukan selam scuba yang menjadi daya tarik pengunjung mendatangi pulau ini.

 

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi. Titik terdalamnya mencapai 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik diantaranya dianggap sebagai “Surga Bawah Laut” Indonesia. Lokasi itulah yang jadi favorit penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

 

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman posisinya berjajar dari bagian tenggara hingga barat laut pulau. Disini juga  terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar pulau Bunaken.

 

 

 

4 Fakta tentang Bunaken

 

Fasilitas Penginapan

 

Di Bunaken saat ini sudah tersedia banyak fasilitas penginapan. Ada beberapa alternatif penginapan di pulau ini, salah satunya Homestay dan Resort. Namun Sobat TRAC yang solo backpacker, bisa menginap dirumah penduduk setempat. Dengan harga yang tentu jauh lebih hemat dari biaya homestay dan Resort.

 

Tarif Homestay dan Resort di Bunaken bervariasi tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari Rp 200,000  sampai dengan Rp 1.000.000.

 

Harga Tiket Masuk Bunaken

 

Harga tiket masuk di Bunaken cukup ramah di kantong. Untuk wisatawan domestik hanya dipatok Rp 5.000 dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing. Selain itu, jika Sobat TRAC ingin menyewa alat snorkling disini, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000/Hari. Bersahabat banget kan?

 

 

 

Waktu Terbaik Mengunjungi Bunaken 

 

Kapan waktu terbaik ke Pulau Bunaken? Agar lebih seru, sebelum berkunjung Sobat TRAC juga mesti tahu agenda apa saja yang ada di sana. Salah satunya festival Bunaken yang rutin digelar setiap bulan Oktober.

 

Meski begitu, periode Mei – Agustus dianggap sebagai waktu terbaik berkunjung kesana. Sebab, pada periode ini air laut terlihat sangat jernih. Jadi cukup dari permukaannya saja, sobat dapat melihat keindahan dan biota laut tanpa harus menyelam.

 

Spot Menarik di Bunaken

 

Jika Sobat TRAC berlibur ke Bunaken jangan lupa mengunjungi beberapa spot menarik yang ada. Diantaranya Reruntuhan Kapal Manado ( terdapat di kedalaman 23 Meter ), Mandolin yang memiliki dinding karang yang tinggi dan puncaknya yang terbentuk alami, serta Puncak Barakuda.

 

 

 

Buat sobat yang tidak bisa berenang juga jangan khawatir. Disana ada destinasi seru yang bisa dikunjungi. Salah satunya Spot muka Gereja. Disini sobat TRAC bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan melakukan snorkling atau bahkan menikmatinya dari atas kapal saja.

 

Itulah beberapa informasi dan fakta tentang keindahan surga bawah laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. Gimana udah siap liburan kesana? Agar lebih aman dan nyaman, sobat bisa gunakan layanan rental mobil Manado dari TRAC.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp