Pesona Wisata Madura dan Kulinernya yang Kaya Citarasa
Pesona Wisata Madura dan Kulinernya yang Kaya Citarasa
Pesona Wisata Madura dan Kulinernya yang Kaya Citarasa

Travel

Pesona Wisata Madura dan Kulinernya yang Kaya Citarasa

20 Juni 2023

Share

Pesona wisata Madura mungkin belum setenar beberapa destinasi di pulau Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, hingga Bali. Namun siapa sangka, pulau yang bertetangga dengan ibukota Jawa Timur, Surabaya ini, nyatanya menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik disambangi.

 

Madura merupakan sebuah kepulauan dengan luas mencapai 5.379 kilometer, yang sebagian besar wilayahnya merupakan area pesisir. Maka tak heran, bila Madura juga kerap dijuluki sebagai Pulau Garam karena hasil produksi garam yang dihasilkan begitu melimpah dan menjadikannya sebagai produsen garam terbesar di Indonesia.

 

Sama seperti wilayah kepulauan lainnya, Madura tentu saja punya banyak pantai cantik serta gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Sehingga bisa menjadi alternatif wisata kala berlibur ke Jawa Timur.

 

Apalagi saat ini akses menuju pulau Madura juga lebih mudah dengan adanya jembatan Suramadu, yang telah beroperasi sejak tahun 2009. Jembatan ini menjadi satu-satunya jalur yang bisa ditempuh jika Sobat TRAC ingin menyebrang ke Madura.

 

Ada beberapa destinasi yang bisa jadi rekomendasi buat Sobat TRAC untuk menikmati pesona keindahan wisata Madura. Tidak hanya pantai, tapi juga dataran tinggi dengan panorama yang memukau. 

 

 

 

3 Destinasi Wisata Madura yang Ikonik

 

Gili Labak

 

Jika Lombok punya Gili Trawangan, Madura juga punya pulau kecil yang tak kalah cantik. Berada di Kabupaten Sumenep, Gili Labak jadi destinasi favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sobat TRAC jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk mampir ke pulau yang berada di sisi Tenggara Madura ini.

 

Dari pelabuhan Kalianget Sobat TRAC harus melanjutkan perjalanan laut untuk menyebrang ke pulau yang cukup terpencil ini. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai. Namun, lamanya perjalanan akan terbayar tuntas dengan keindahan keindahan pulau dengan gradasi air laut berwarna biru dan hijau tersebut.

 

Disana, Sobat TRAC bisa bermain-main air sepuasnya. Seperti berenang, hingga snorkeling menikmati panorama biota laut, atau sekedar duduk ditepi pantai sambil menikmati air kelapa.

 

Pulau Giliyang

 

Masih di Kabupaten Sumenep, destinasi berikutnya yang juga bisa jadi pilihan adalah Pulau Giliyang. Pulau yang berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota tersebut, akan membuat Sobat TRAC merasa segar jiwa dan raga.

 

Selain cantik, Pulau Giliyang juga didaulat sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik ke-2 di dunia. Wooow. Sehingga wajar bila pulau ini juga kerap menjadi sasaran wisatawan kala mencari destinasi sehat di Indonesia.

 

 

 

Dari hasil penelitian Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN pada 2006, diketahui kadar oksigen pulau ini jauh lebih baik 3,4 hingga 4,8 persen dibanding daerah lain. Bahkan di tahun 2016, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep kembali melakukan pengujian. Hasilnya terbukti konsentrasi oksigennya di Pulau Giliyang mencapai 21 persen.

 

Puncak Ratu Pamekasan

 

Berbeda dengan dua destinasi sebelumnya, Puncak Ratu Pamekasan merupakan lokasi wisata yang berada di dataran tinggi yang dikelilingi gunung dan perbukitan. Lokasi ini seakan jadi oase di Madura yang mayoritas merupakan wilayah pesisir.

 

Berlokasi di Kampung Durian, Pamekasan, destinasi ini hanya berjarak 20 kilometer dari pusat kota. Di sini, Sobat TRAC dapat menikmati keindahan panorama Madura dari ketinggian 200 meter. Tentu saja dengan udara sejuk area gunung dan perbukitan.

 

Ada beberapa spot instagramable yang tersedia, yang tentu saja akan bikin foto-foto liburan Sobat TRAC kian estetik di sosial media.

 

 

 

3 Kuliner khas Madura

 

Selain keindahan alamnya, salah satu pesona wisata Madura yang juga menarik perhatian adalah sensasi kulinernya. Ada beberapa sajian yang wajib Sobat TRAC cicipi, pastinya kaya akan citrarasa yang khas dan melegenda.

 

Nasi Serpang

 

Kuliner satu ini mungkin masih cukup asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Namun tidak bagi warga Madura, terutama yang tinggal di Bangkalan. Pasalnya hidangan ini jadi salah satu menu utama yang dikonsumsi setiap hari.

 

Tampilannya sekilas mirip nasi campur di beberapa daerah. Seporsi nasi serpang disajikan lauk dan kuah seperti, telur asin, kerang, dendeng sapi, mie soun, pepes tongkol udang, tahu, serta kerupuk kulit sapi dengan kuah santan. Tak lupa tambahan peyek kacang dan udang sambal terasi yang menjadikan citarasanya begitu khas.

 

Rujak Cingur

 

Kurang afdol rasanya jika berkunjung ke Madura tanpa menicipi kuliner satu ini. Rujak Cingur merupakan salah satu hidangan tradisional khas Madura yang unik.

 

Terdiri dari irisan daging cingur (bagian hidung sapi) yang direbus dan dicampur dengan irisan buah-buahan segar seperti mentimun, bengkoang, mangga, dan kedondong.

 

 

 

Tak seperti rujak pada umumnya. Rujak cingur disajikan dengan bumbu rujak yang khas, terdiri dari campuran petis, gula merah, bawang goreng, dan cabe rawit yang pedas. Makanan ini punya kombinasi rasa yang unik antara manis, asam, gurih, dan pedas.

 

Sate Madura

 

Terakhir ada makanan yang sudah sangat populer dan mudah dijumpai di berbagai daerah. Sate Madura merupakan hidangan asli Indonesia dengan bahan dasar daging kambing atau ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu.

 

Setelah itu, sate dimarinasi dengan bumbu khas Madura yang terdiri dari campuran ketumbar, bawang putih, kunyit, dan bumbu lainnya. Sate Madura biasanya disajikan dengan lontong, irisan mentimun, serta kuah kacang yang kaya akan rasa.

 

Jelajah Pesona Wisata Madura dengan Rental Mobil Surabaya

 

Setelah mengetahui pesona wisata Madura, sekarang saatnya buat Sobat TRAC mengatur agenda liburan bersama keluarga. Apalagi saat ini sudah memasuki liburan sekolah, tentu akan jadi saat yang tepat untuk mengajak anak-anak rehat sejenak sambil menyegarkan pikiran.

 

Untuk urusan transportasi, Sobat TRAC bisa gunakan layanan rental mobil Surabaya dari TRAC. Tersedia pilihan rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi yang bisa Sobat pilih sesuai kebutuhan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp