Pracima Tuin Mangkunegaran, Sensasi Makan Enak ala Bangsawan
Pracima Tuin Mangkunegaran, Sensasi Makan Enak ala Bangsawan
Pracima Tuin Mangkunegaran, Sensasi Makan Enak ala Bangsawan

Travel

Pracima Tuin Mangkunegaran, Sensasi Makan Enak ala Bangsawan

16 Mei 2023

Share

Pracima Tuin Mangkunegaran beberapa waktu terakhir tengah jadi perbincangan. Hal ini tak lepas, karena disana wisatawan dapat menikmati beragam sajian nikmat ala bangsawan.

 

Solo atau Surakarta sejatinya telah dikenal sebagai salah satu kota yang erat dengan budaya jawa. Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaran menjadi dua destinasi favorit wisatawan untuk menyaksikan keindahan kehidupan bangsawan Solo di masa lampau. 

 

Namun kini, tak hanya melihat lewat foto dan benda-benda peninggalan masa kerajaan, Sobat TRAC juga bisa mencicipi sajian kuliner yang dahulu dihidangkan pada kaum priyai.

 

Sobat TRAC bisa mengunjungi Taman Pracima Tuin, yang berada di kawasan Pura Mangkunegaran, untuk menikmati hidangan yang memanjakan lidah sekaligus sensasi makan ala bangsawan solo.

 

Namun, sebelum bertandang ke sana, sebaiknya Sobat TRAC simak lebih dahulu menyimak beberapa fakta di bawah ini. Jangan lupa untuk siapkan outfit terbaik agar pengalaman makan di taman Pracima Tuin kian berkesan.

 

 

 

5 Fakta Tentang Pracima Tuin Mangkunegaran 

 

1. Baru dibuka untuk umum

 

Taman Pracima atau Pracima Tuin baru dibuka untuk umum pada awal 2023 lalu. Soft Opening dilakukan pada bulan Januari dan dihadiri oleh KGPAA Mangkunegaran X, Walikota Surakarta dan Menteri BUMN.

 

Pracima Tuin terletak disebelah barat Puro Mangkunegaran, usia taman ini telah berusia 100 tahun lho!. Meski telah ada sejak lama namun baru di masa Mangkunegaran X Taman Pracima bisa diakses oleh masyarakat umum. 

 

2. Pracima Tuin punya tiga bangunan utama

 

Terdapat tiga bangunan utama di Taman Pracima yaitu Pracimasana sebagai bangunan utama yang terletak di tengah taman ada pula Pracimaloka di sisi barat dan Pracimawisik di sisi timur pojok taman.

 

Sebelum dibuka untuk umum, pihak Puro Mangkunegaran telah melakukan revitalisasi terlebih dahulu. Pembangunan ulang beberapa ikon seperti air mancur berdinding marmer dan beberapa spot lain dilakukan berdasarkan dokumentasi masa lampau untuk menghadirkan kembali nuansa lawas.

 

3. Harus reservasi terlebih dahulu jika ingin makan di Pracima Tuin

 

Jamuan makan di Pracimasana adalah tujuan utama banyak orang datang ke Pracima Tuin. Pracimasana memang telah menjadi tempat jamuan sejak jaman dahulu, bedanya sekarang masyarakat umum bisa merasakan nikmatnya masakan ala Mangkunegaran langsung di bangunan megah itu. 

 

 

 

Setiap harinya Pracimasana hanya menerima kunjungan 175 orang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan kuota. Menurut beberapa sumber, diberlakukan minimal pemesanan Rp100 ribu untuk setiap orang.

 

4. Rekomendasi menu makanan di Pracima Tuin

 

Menu di restoran yang ada di Pracima Tuin bisa dibilang bukanlah makanan yang biasa ditemukan di Kota Solo, nama-namanya pun cukup unik.

 

Setidaknya terdapat 4 kelompok besar makanan yang ada di sini yaitu ‘Jajanan’ atau hidangan Pembuka, ‘Selad’ atau salad, Sop serta ‘Dedaharan Utama’ atau hidangan utama. Tak lupa ada pula kopi dan minuman lain.

 

Untuk ‘Jajanan’ beberapa menu yang direkomendasikan adalah Brubus (daging giling yang dibungkus sawi putih disajikan dengan areh santan dan sambal kencur) serta Urap Pithik Linting (urap sayuran lengkap dengan kenikir dan kembang turi yang dimakan dengan ayam gulung. Untuk ‘Sop’ dan ‘Selad’ keduanya mendapatkan sentuhan citarasa barat seperti pada Huzarensla dan Sop Jamur Kenthel.

 

Terdapat banyak pilihan hidangan utama yang bisa Sobat TRAC coba. Namun, yang menjadi primadona adalah Dendeng Age. Menu favorit para pemimpin Mangkunegaran ini terdiri dari potongan tebal daging has dalam yang telah dimarinasi dengan resep turun temurun. Menu unik lainnya yang patut dicoba adalah Steak Ayam Bumbu Opor.

 

Bermacam jenis jamu juga hadir di Praciasana seperti kunyit asem, beras kencur dan sinom. Ada juga Teh Pracimasana yang berasal dari perkebunan teh milik Pura Mangkunegaran.

 

 

 

Teh ini kemudian dicampur berbagai rempah khas nusantara untuk memberikan rasa yang semakin nikmat. Jika ingin sensasi menyegarkan, Es Belimbing Wuluh bisa menjadi pilihan. Membaca namanya saja bisa langsung membuat air liur menetes.

 

5. Banyak spot foto menarik di Pracima Tuin

 

Siapkan outfit terbaik Sobat TRAC saat datang ke Pracima Tuin karena ada banyak spot foto keren menanti. Agar foto yang dihasilkan semakin keren, Sobat TRAC bisa mengenakan pakaian tradisional yang diberikan sentuhan kekinian seperti kemeja batik dengan celana jeans atau kebaya yang dipadu dengan rok cantik. 

 

Memang, tak ada aturan tertentu dalam berpakaian saat datang ke sini namun karena Resto Pracimasana mengusung konsep fine dining jadi sebaiknya hindari menggunakan kaos, celana pendek dan sandal jepit. Selain itu tentunya gaya yang terlalu kasual akan terlihat kurang nge-blend dengan kondisi sekitar.

 

Sobat TRAC, aneka destinasi di kota Solo juga bisa menjadi alternatif saat berlibur ke Yogyakarta lho. Jaraknya yang tak terlalu jauh membuat banyak wisatawan yang melakukan perjalanan ke Yogyakarta juga menyempatkan diri untuk singgah di sini. 

 

Buat pengalaman jalan-jalan di Kota Surakarta semakin lengkap dengan dukungan layanan rental mobil dari TRAC. Pilihlah rental mobil dengan pengemudi agar Sobat TRAC bisa menyambangi banyak tempat sekaligus tanpa harus memikirkan lokasi parkir maupun pilihan rute perjalanan.

 

Namun, jika berencana pergi dalam rombongan yang berjumlah banyak, TRAC juga memiliki layanan Sewa Bus yang bisa menjadi solusi. 

 

 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple AppStore. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp