Puncak Lawang, Hidden Gem Wisata Sumatera Barat
Puncak Lawang, Hidden Gem Wisata Sumatera Barat
Puncak Lawang, Hidden Gem Wisata Sumatera Barat

Travel

Puncak Lawang, Hidden Gem Wisata Sumatera Barat

20 Juni 2024

Share

Sobat TRAC pasti paham dong, kalau Sumatera Barat nggak cuma terkenal dengan masakannya yang lezat seperti rendang atau dendeng baladonya. Dianugerahi keindahan alam yang memesona, Ranah Minang juga dikelilingi sederet destinasi wisata alam yang sangat indah, salah satunya Puncak Lawang di Kabupaten Agam. 

 

Puncak Lawang merupakan salah satu tempat yang wajib banget dikunjungi kalau sobat pelesiran ke Sumatera Barat. Berada di ketinggian 1.210 Mdpl, sobat bakal disuguhkan panorama indah hamparan hutan hijau yang berpadu dengan keindahan Danau Maninjau yang membentang sejauh mata memandang.

 

Karena berada di dataran tinggi, Puncak Lawang memiliki udara sejuk khas pegunungan. Berdasarkan situs BMKG, suhu rata-rata disana berkisar antara 17 hingga 20 derajat. Jadi pastinya bakal nyaman banget meski kesini siang hari sambil menyaksikan keseruan aktivitas paralayang.

 

Pesona Wisata Puncak Lawang

 

Meski baru tenar beberapa waktu belakangan, wisata Puncak Lawang nyatanya sudah eksis sejak zaman kolonial Belanda lho, sob. Konon, di masa itu lokasi ini dijadikan sebagai tempat menyepi dan peristirahatan para Meneer dan Noni Belanda. Puncak Lawang saat itu masih dikenal dengan nama "Rumah Bola".

 

 

 

Kalau sobat TRAC berlibur ke Puncak Lawang, disana ada berbagai fasilitas dan aktivitas seru yang sayang banget kalau dilewatkan. Penasaran apa aja? Berikut diantaranya. 

 

Spot Foto Instagramable

 

Puncak Lawang punya spot foto alami karena kawasan wisata ini dikelilingi hamparan pohon pinus yang menghadap langsung ke Danau Maninjau. Sobat TRAC bisa jadikan panorama itu sebagai latar belakang saat  ber swafoto.

 

Panorama Danau Maninjau 

 

Spot terbaik di Puncak Lawang disuguhkan langsung dengan panorama Danau Maninjau yang membentang seluas 100 kilometer. Saking luasnya, sobat bisa melihat dengan jelas semburan pantulan awan di permukaan danau.

 

Pohon yang mengelilingi danau juga menambah daya tarik. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi ini adalah siang hari. Karena saat pagi atau sore hari, sebagian areanya tertutup kabut sehingga tidak begitu nampak pesonanya. Tapi kalau sobat ingin pemandangan yang berbeda, waktu pagi dan sore itu juga bisa jadi pilihan

 

Paralayang

 

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan wisata Puncak Lawang adalah paralayang. Sobat TRAC dapat menikmati aktivitas paralayang dengan ditemani seorang pemandu. Selain menguji adrenalin, sobat TRAC juga dapat menikmati keindahan Kabupaten Agam dari sisi yang nggak biasa.

 

 

 

Outbond

 

Nah, buat sobat TRAC yang ingin melakukan kegiatan outbound, Puncak lawang juga menyediakan beberapa permainan outbond yang seru dan menantang, seperti flying fox, jembatan goyang, serta panjat tali. Harganya bervariasi, tapi yang pasti masih ramah di kantong, sob.

 

Jam Buka dan Harga Tiket Puncak Lawang

 

Objek wisata Puncak Lawang buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Meski waktu terbaik berkunjung kesini adalah siang, nggak ada salahnya mencoba datang saat pagi atau sore sambil menikmati keindahan sunrise dan sunset berselimut kabut.

 

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan di Puncak Lawang, sobat TRAC cuma perlu membayar tiket masuk yang lagi-lagi sangat ramah di kantor. Untuk kunjungan hari Senin-Sabtu, harga tiketnya cuma Rp 20 ribu dan Rp 25 ribu pada hari Minggu dan libur nasional.

 

Rute Menuju Puncak Lawang

 

Sobat TRAC bisa menuju ke Puncak Lawang lewat jalur darat yang berjarak 24 kilometer dari pusat Kota Bukittinggi, dan cuma butuh waktu sekitar 1 jam berkendara. Sementara kalau dari Ibu Kota Sumatera Barat, Padang, jaraknya lebih jauh sekitar 110 kilometer dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam berkendara.

 

 

 

Jadi gimana, udah siap menikmati keindahan panorama Puncak Lawang? Biar lebih aman dan nyaman di perjalanan, sobat bisa gunakan layanan rental mobil Padang dari TRAC. Pilih layanan rental mobil dengan pengemudi biar nggak perlu pusing cari rutenya lagi. Tinggal duduk santai di mobil aja, sob!

 

Untuk kemudahan, pesan langsung di halaman utama website TRAC atau lewat aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playtore dan Appstore. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Informasi terkini seputar promo dan tips wisata lainnya, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter (X) @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp