Puncak Waringin Labuan Bajo, Venue Cantik KTT ASEAN 2023
Puncak Waringin Labuan Bajo, Venue Cantik KTT ASEAN 2023
Puncak Waringin Labuan Bajo, Venue Cantik KTT ASEAN 2023

Travel

Puncak Waringin Labuan Bajo, Venue Cantik KTT ASEAN 2023

12 Mei 2023

Share

Nama Puncak Waringin di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mungkin memang belum setenar Pulau Padar atau Pantai Pink. Namun siapa sangka, Puncak Waringin dianggap sebagai lokasi yang punya spot terbaik untuk menikmati senja di bumi Komodo tersebut.

 

Maka tak heran, lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan jelang matahari terbenam. Letaknya yang berada pada ketinggian, membuat panorama yang tersaji di Puncak Waringin begitu menakjubkan.

 

Salah satu yang jadi spot favorit adalah Area Gardu Pandang. Karena dari titik ini, wisatawan dapat menikmati keindahan Labuan Bajo sejauh mata memandang, lengkap dengan gugusan pulau kecil dan aktivitas kapal pinisi yang hendak bersandar.

 

Sambil menikmati senja, biasanya wisatawan menyeruput secangkir kopi yang dipesan dari kafe yang tersedia di Puncak Waringin. Perpaduan yang tentu sangat sempurna, apalagi bila didampingi oleh orang yang tepat.

 

Dari ketinggian itu juga, wisatawan dapat menikmati hiruk pikuk rutinitas nelayan. Mulai dari mengayuh kapal hingga menurunkan ikan hasil tangkapan. Sebuah pemandangan yang tentu jarang ditemukan apalagi dengan fenomena langit yang mulai bermetafora dengan jingga.

 

 

 

Puncak Waringin Jadi Salah Satu Venue KTT ASEAN 2023

 

Dengan pesonanya yang sedemikian menggoda, membuat Puncak Waringin didaulat sebagai salah satu dari empat venue hajatan KTT ASEAN 2023 yang di gelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai, NTT.

 

Seperti diketahui, Indonesia kedapatan menjadi tuan rumah gelaran KTT ASEAN 2023 pada 9-11 Mei 2023, dengan Labuan Bajo sebagai episentrumnya. Ada empat venue yang dipilih untuk menyambut tamu-tamu dari 10 negara ASEAN yang hadir. Keempat venue itu diantaranya:

 

  • Hotel Bintang Flores
  • Hotel Ayana
  • Hotel Meruorah
  • Puncak Waringin

 

Puncak Waringin dipilih sebagai lokasi untuk kegiatan Morning Tea Ibu Negara KTT ASEAN yang hadir. Pemilihan lokasi itu jelas lantaran Puncak Waringin punya panorama yang indah dari ketinggian.

 

Agenda yang digelar pada Rabu, (10/5) pagi tersebut, para Ibu Negara mengunjungi lantai 2 Puncak Waringin sambil diiringi tarian daerah yang kemudian diarahkan untuk menuju ke sebuah rumah adat khas Manggarai yang ada di sana.

 

 

 

Bangunan berdinding kayu dengan atap berbentuk kerucut yang menyerupai Mbaru Gendang itu, jadi lokasi utama digelarnya pertemuan Ibu Negara KTT ASEAN ke-42 tersebut. Salah satu yang menarik dari bangunan tersebut, yakni balkon yang bisa jadi spot untuk menikmati pemandangan terbaik di Labuan Bajo.

 

Akses Menuju Puncak Waringin Labuan Bajo

 

Salah satu yang juga menjadi daya tarik dari Puncak Waringin adalah lokasinya yang sangat mudah di jangkau. Hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Bandara Komodo, membuat destinasi wisata ini begitu mudah ditemukan.

 

Apalagi posisinya yang berada persis di tepi jalan. Membuat akses untuk menuju Puncak Waringin menjadi begitu mudah ditempuh. Jika dari arah Bandara, hanya perlu menempuh perjalanan tak lebih dari 10 menit dengan berkendara. Pintu masuk menuju Puncak Waringin tak jauh dari sisi jalan Soekarno-Hatta.

 

Puncak Waringin buka setiap hari selama 24 jam. Namun tetap saja, waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat sore menjelang petang, yang tentu saja membuat kondisinya menjadi jauh lebih ramai.

 

Apalagi tidak ada tarif masuk yang dibebankan kepada pengunjung. Hanya biaya parkir Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil, wisatawan dapat menikmati keindahan sunset berlatar laut Flores yang membentang.

 

 

 

Itulah sekilas informasi tentang pesona keindahan Puncak Waringin Labuan Bajo, yang membuatnya jadi salah satu venue tercantik dalam gelaran KTT ASEAN 2023.

 

Sebagai salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi, keindahan alam Labuan Bajo memang sudah begitu masyhur keberadaannya. Tidak hanya bagi wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

 

Selain Labuan Bajo, tentunya masih banyak lagi keindahan alam Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk agendakan liburan bersama orang-orang tersayang dengan mengunjungi destinasi terbaik yang ada di bumi pertiwi ini.

 

Untuk menunjang kenyamanan saat liburan, sebaiknya gunakan layanan rental mobil atau sewa bus dari TRAC. Dengan pengalaman dan reputasinya dalam bisnis transportasi, TRAC telah begitu dipercaya menjadi solusi dalam setiap agenda perjalanan.

 

Dengan jangkauan luas dan pilihan armada yang beragam, TRAC selalu siap melayani segala kebutuhan transportasi untuk menjelajahi lebih jauh lagi setiap titik destinasi yang tersaji di negeri ini.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja! 

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp