Ragam Wisata Manado dan Kulinernya yang Wajib Dicicipi
Ragam Wisata Manado dan Kulinernya yang Wajib Dicicipi
Ragam Wisata Manado dan Kulinernya yang Wajib Dicicipi

Travel

Ragam Wisata Manado dan Kulinernya yang Wajib Dicicipi

21 Juli 2023

Share

Wilayah timur Indonesia sudah sangat populer dengan keindahan alamnya. Maka tak heran, beberapa lokasi kerap menjadi tujuan wisata. Sebut saja Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga Raja Ampat di Papua.

 

Ragam destinasi Indonesia Timur mayoritas memang didominasi oleh wisata bahari. Sobat TRAC yang gemar aktivitas air seperti snorkling hingga diving, wajib banget liburan ke sana. Salah satunya di kota Manado, Sulawesi Utara yang populer dengan surga bawah lautnya di Taman Nasional Bunaken.

 

Namun tak hanya Bunaken, Manado juga punya sederet destinasi lain yang menarik untuk disambangi. Yang tentu saja menyuguhkan panorama dan keindahan tak biasa. Mulai dari pantainya, gugusan pulau, hingga air terjun yang menakjubkan.

 

Sobat TRAC yang berencana liburan dalam waktu dekat, wisata Manado ini bisa menjadi rekomendasi. Berikut beberapa destinasi ikonik di Manado yang selalu menarik buat dikunjungi.

 

 

 

5 Destinasi Wisata Manado yang Ikonik

 

Pantai Malayang

 

Destinasi pertama yang bisa sobat kunjungi kala melipir ke Manado adalah Pantai Melayang. Pasalnya, pantai ini disebut-sebut sebagai lokasi terbaik untuk menikmati pesona matahari terbenam di kota berjuluk Kota Garis Biru tersebut.

 

Apalagi dari lokasi ini juga, Sobat TRAC dapat melihat dengan jelas keindahan Pulau Manado Tua dan Pulau Siladen di kawasan Bunaken. Ditambah derai ombak yang tidak terlalu besar, menjadikan pantai ini sebagai spot favorit untuk bersantai di bibir pantai.

 

Pulau Manado Tua

 

Berikutnya ada Pulau Manado Tua yang ikonik dengan panorama gunung berapi setinggi 665 Meter di atas permukaan laut (Mdpl). Gunung tersebut diyakini merupakan gunung berapi aktif yang bisa dilihat di kedalaman 150 meter.

 

Selain populer dengan pesona gunung berapi, Pulau Manado Tua juga kerap jadi tujuan penyelam untuk menikmati keindahan biota lautnya. Jadi, Sobat TRAC yang gemar diving jangan lewatkan sensasi menyelam disini.

 

 

 

Air Terjun Kima Atas

 

Jika bosan bermain-main di pantai, destinasi yang satu ini bisa menjadi rujukan. Berlokasi di kecamatan Mapanget, bakal disuguhkan suasana asri khas dataran tinggi lengkap dengan pesona Air Terjun Kima Atas yang menakjubkan.

 

Dengan lokasinya yang jauh dari pusat kota, destinasi ini bisa menjadi pilihan buat sobat yang butuh ketenangan dengan udara yang sejuk.

 

Patung Yesus Memberkati

 

Selain berada di Tana Toraja, Patung Yesus Memberkati juga terdapat di Manado, tepatnya Winangun Satu, kecamatan Malalayang. Lokasinya pun cukup dekat dari pusat kota. Sobat TRAC hanya perlu menempuh perjalanan berkendara sekitar 15 menit untuk bisa sampai kesini.

 

Taman Nasional Bunaken

 

Yang terakhir tentu saja ikon wisata Manado, Taman Nasional Bunaken. Tak hanya populer di dalam negeri, pesona Bunaken bahkan sudah cukup dikenal wisatawan mancanegara. Maka wajar saat musim liburan tiba, lokasi ini selalu ramai dikunjungi turis asing.

 

Ragam Wisata Manado dan Kulinernya yang Wajib Dicicipi

 

Kerap dijuluki surga bawah laut, keindahan Bunaken memang seperti tak ada duanya. Lokasi ini selalu menjadi tujuan penyelam untuk melakukan snorkling hingga diving. Dihuni lebih dari 2000 jenis ikan, keindahan biota laut di Bunaken memang selalu menyejukan mata.

 

Namun, selain tenar dengan wisata alamnya, Manado ternyata juga cukup dikenal sebagai kota dengan sajian kuliner yang menggugah selera. Kaya akan bumbu dan rempah, citarasa kuliner Manado cukup unik dengan perpaduan asam, manis, dan pedas.

 

 

 

Dikutip dari detik.com berikut 3 rekomendasi kuliner Manado yang wajib Sobat TRAC cicipi saat berkunjung kesana. Penasaran apa aja? Simak selengkapnya.

 

3 Kuliner Manado yang Wajib Dicicipi

 

Kuliner Manado

 

Ayam Woku Belanga

 

Kuliner satu ini punya citarasa yang terbilang unik. Sesuai namanya, Ayam Woku Belanga merupakan sajian daging ayam yang diolah dengan bumbu woku khas Manado.

 

Menggunakan campuran rempah yang cukup beragam seperti cabai merah dan hijau, bawang merah dan putih, jahe, serai, kunyit, daun jeruk, dll, membuat hidangan yang satu ini memiliki perpaduan rasa pedas dan gurih.

 

 

 

Ayam Woku Belanga tersaji dalam dua pilihan, yakni dengan kuah encer dan kental. Jika ingin rasa yang lebih segar, Sobat TRAC bisa cicipi Ayam Woku kuah encer. Namun kalau penasaran, boleh juga kok cicipi yang kuah encer. Biar engga penasaran di jalan pulang, ehehehe.

 

Pampis

 

Sekilas tampilannya mirip abon, hanya saja dengan potongan yang sedikit lebih kasar. Kuliner berbahan dasar suwiran daging ikan ini, diolah menggunakan bumbu dan rempah khas Manado hingga menghasilkan citarasa yang unik.

 

Untuk membuat Pampis, warga Manado biasanya memilih jenis ikan dengan daging yang tebal seperti ikan tongkol. Suwiran daging ikan lalu diolah bersama bumbu yang telah disiapkan. Sobat TRAC harus mencoba kuliner ini dengan sepiring nasi panas. Dijamin bikin ketagihan.

 

Ikan Kuah Asam

 

Sesuai namanya, kuliner satu ini merupakan olahan ikan yang dimasak dengan bumbu dan rempah pilihan dengan citarasa yang cenderung asam. Sobat TRAC yang gemar menikmati hidangan berkuah dan segar, wajib mencicipi Ikan Kuah Asam khas Manado.

 

 

 

Selain asam, kuliner satu ini juga punya cita rasa pedas sebagai identitas kuliner Manado. Untuk tingkat kepedasan nya, bisa diatur sesuai selera.

 

Itulah beberapa informasi tentang pesona wisata Manado dan kulinernya yang kaya citarasa. Gimana jadi makin tertarik liburan ke Manado kan? Biar lebih aman dan nyaman, pastikan untuk selalu gunakan layanan rental mobil Manado dari TRAC saat menjelajahi setiap destinasi yang ada.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp