Ragam Wisata Medan dan Kulinernya yang Otentik
Ragam Wisata Medan dan Kulinernya yang Otentik
Ragam Wisata Medan dan Kulinernya yang Otentik

Travel

Ragam Wisata Medan dan Kulinernya yang Otentik

22 Agustus 2023

Share

Bicara soal wisata Medan, yang akan terlintas di kepala banyak orang tentu saja pesona keindahan Danau Toba. Tidak salah memang, ikon wisata Sumatera Utara ini memang punya daya tarik yang luar biasa, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Danau vulkanik seluas 1.145 meter persegi itu punya panorama menakjubkan, dikelilingi perbukitan yang sangat menyejukan pandangan. Karena pesonanya itu, Kemenparekraf memasukan Danau Toba ke dalam program 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia bersama Borobudur, Likupang, Mandalika, serta Labuan Bajo.

 

Hanya saja, untuk bisa sampai kesana butuh upaya ekstra. Sebab, Danau Toba berjarak 90 kilometer dari kota Medan. Sehingga, harus menempuh perjalanan darat yang cukup panjang, sekitar 3 hingga 4 jam berkendara.

 

Tapi tenang, jika merasa lelah kalau baru turun pesawat tapi harus melanjutkan perjalanan ke Danau Toba, Sobat TRAC bisa coba singgah ke beberapa lokasi wisata di kota Medan.

 

 

 

Sambil istirahat sebelum lanjut ke Danau Toba, Sobat TRAC bisa coba jelajahi tempat-tempat populer di ibu kota Sumatera Utara tersebut. Kota yang erat dengan budaya melayu itu punya sejarah yang cukup panjang, sehingga meninggalkan banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk disambangi.

 

Jika ini kunjungan pertama Sobat TRAC ke kota Medan, sebaiknya gunakan rental mobil Medan dari TRAC. Pesan layanan rental mobil dengan pengemudi agar lebih nyaman saat menjelajahi wisata yang ada. Yang pastinya juga bisa lebih menghemat tenaga.

 

3 Destinasi Wisata Medan yang Populer

 

Istana Maimun

 

Melansir dari berbagi sumber, Istana Maimun merupakan bangunan megah nan mewah peninggalan Kesultanan Deli yang dibangun sekitar tahun 1888 oleh Sultan yang berkuasa saat itu, Makmun Al Rasyid.

 

Yang menarik adalah desain arsitektur Istana Maimun dibuat dengan perpaduan gaya bangunan khas bangsa Melayu, Arab hingga Eropa. Bangunan tersebut diarsiteki langsung oleh arsitek ternama asal Belanda, Ir. Kapten Th. Van Erp.

 

Sempat jadi pusat pemerintahan Kesultanan Deli, bangunan Istana Maimun masih tetap kokoh berdiri. Namun kini sudah beralih fungsi sebagai museum yang bisa dikunjungi orang umum. Gimana, tertarik buat menjelajahi kemegahan istana ini?

 

 

 

Museum Tjong A Fie

 

Museum ini sejatinya merupakan bekas rumah tinggal saudagar kaya asal Tiongkok bernama Tjong A Fie. Berlokasi di pusat kota Jalan Ahmad Yani, No. 105, Kesawan, bangunan yang juga dikenal dengan sebutan Tjong A Fie Mansion ini, nampak mencolok dan cukup menarik perhatian. Maka wajar, jika banyak wisatawan yang datang saat mengunjungi Medan.

 

Museum Tjong A Fie buka setiap hari mulai dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Jika ingin menjelajahi bangunan ikonik ini, Sobat TRAC hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35 ribu per orang.

 

R- Zoo & Park

 

Jika dua destinasi sebelumnya tentang bangunan sejarah, kali ini Medan juga punya destinasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga, R-Zoo & Park namanya.

 

Tempat wisata bernuansa outdoor dengan luas tak kurang dari 20 hektare itu, punya banyak fasilitas menarik. Diantaranya kebun binatang dengan 364 jenis satwa endemik khas Indonesia, Child Zoo sebagai arena permainan anak-anak, serta beberapa spot foto yang unik.

 

 

 

Berlokasi di desa Bengabing, Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, R-Zoo & Park buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, dengan tiket masuk hanya sebesar Rp 15 ribu per orang.

 

3 Kuliner Medan yang Otentik 

 

Setelah berkeliling mengunjungi tempat-tempat wisata Medan yang populer, Sobat TRAC juga mesti mencicipi sajian kuliner yang otentik dan kaya akan rasa. Bingung mau coba apa? Berikut rekomendasinya.

 

12_Wisata Medan TRAC.png

 

Mie Gomak

 

Kuliner ini merupakan sajian khas Tanah Batak Toba seperti Sibolga dan Tapanuli. Tak jauh berbeda dengan sajian mie pada umumnya, mie gomak Medan juga tersaji dalam 2 varian, yakni goreng dan kuah.

 

Hanya saja, jenis mie yang digunakan berbeda. Tekstur mie gomak lebih besar dan disajikan dengan saus kacang atau saus lontong. Olahan mie ini sangat populer di Medan. Jadi kalau sobat berkunjung ke sana, jangan lewatkan untuk menikmati kuliner satu ini.

 

Lemang

 

Berikutnya Lemang, kuliner asli Tebing Tinggi ini merupakan salah satu sajian yang cukup melegenda. Maka jangan heran, jika makanan satu ini juga kerap jadi oleh-oleh yang paling banyak dicari untuk dibawa pulang.

 

 

 

Lemang merupakan makanan olahan beras ketan yang dibungkus daun pisan, dan dimasukan ke dalam potongan bambu yang telah disiapkan sesuai ukuran. Lalu dibakar hingga hingga matang dan disajikan sangat masih hangat.

 

Kari Bihun

 

Satu lagi kuliner Medan yang juga cukup ramai dicari wisatawan adalah kari bihun. Bahan utamanya bihun yang dimasak dengan beragam bumbu dan rempah seperti jinten, kayu manis, ketumbar hingga menghadirkan aroma yang khas.

 

Dalam seporsi, kari bihun disajikan dengan irisan daging sapi serta kuah kari dengan citarasa yang unik. Kalau sudah nyobain dijamin sobat bakal ketagihan.

 

Gimana jadi makin penasaran dengan pesona kota Medan kan? Segera agendakan liburan kesana dan eksplorasi berbagai ragam wisata disana. Agar lebih nyaman, gunakan layanan rental mobil Medan dari TRAC.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp