https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-194-BANNER TRAVEL - 05.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-194-BANNER TRAVEL - 05.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-194-BANNER TRAVEL - 05.jpg

Travel

Rammang-Rammang, Hidden Gem di Dekat Makassar

08 Juni 2021

Share

 

 

(dok. iStockphoto) 

 

Makassar yang terletak di jantung provinsi Sulawesi Selatan telah lama masyhur akan kekayaan kuliner nusantaranya. Sebut saja aneka olahan daging yang bisa Anda nikmati mulai dari iga bakar, sop konro, coto Makassar, hingga pallubasa.

 

Namun, siapa yang menyangka bahwa daerah di Sulawesi Selatan ini juga menyimpan berbagai tempat eksotis. Adalah sebuah jajaran gunung karst yang terbentang indah di Rammang-Rammang, patut menjadi destinasi wisata bila Anda melancong ke Sulawesi Selatan.

 

 

Berupa gugusan batu kapur yang menyerupai gunung 

(dok. iStockphoto) 

 

Jika dicermati, jajaran batu karst atau kapur di Rammang-Rammang ini memang nampak seperti gugusan pergunungan yang sangat panjang dan besar. Bahkan konon katanya merupakan pegunungan kapur yang terbesar ketiga di dunia setelah di Cina Selatan dan Vietnam. 

 

 

Tak hanya terdiri dari gugusan batu kapur yang menjulang, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang eksotis. Pegunungan karst ini disempurnakan dengan hamparan sawah dan juga sungai yang akan mengantarkan Anda menuju ke dalam komplek batuan karst. Masih ada lagi surga tersembunyi lain, yakni Telaga Bidadari yang terdapat di tengah bebatuan karst ini. Butuh tenaga dan effort untuk menuju ke sana, lo! Salah satunya dengan menaiki perahu.

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati Rammang-Rammang adalah menggunakan perahu menuju Kampung Benua. Setelah tiba di Kampung Benua, Anda bisa melakukan tracking di sekitar pegunungan kapur. Untuk harga sewa perahu Anda perlu membawa uang tunai sekitar Rp200 ribu per perahu pulang pergi, yang bisa menampung satu hingga empat orang.

 

 

Sewa mobil Makassar, moda transportasi andalan untuk menuju Rammang-Rammang

 

Untuk menuju pegunungan Rammang-Rammang, bisa ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam dari Kota Makassar dan sekitar 50 menit jika dari Bandara Sultan Hasanuddin. 

 

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk menjangkau deretan pegunungan batu karst yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Namun tentu moda transportasi yang paling aman adalah dengan mengendarai kendaraan pribadi di tengah pandemi saat ini.

 

 

Pasalnya, pegunungan karst Rammang-Rammang ini tidak terlalu jauh dari jalan raya lintas provinsi. Dan bila Anda enggan duduk di belakang kemudi, manfaatkan saja layanan sewa mobil TRAC di Makassar. Sewa mobil Makassar jadi lebih mudah berkat kehadiran TRAC To Go, aplikasi seluler yang bisa mengakomodir kebutuhan berkendara Anda.

 

TRAC menyediakan fasilitas sewa mobil di Makassar secara lepas kunci maupun menggunakan pengemudi bersertifikat defensive driving. Tak hanya itu, dengan TRAC To Go yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store, Anda bisa merencanakan perjalanan semudah menggerakkan jari melalui aplikasi. 

 

 

Selama pandemi Covid-19, TRAC berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL, protokol kesehatan yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp