https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-272-04 Itenerary 4 hari 3 malam di Lombok, Destinasi wisata selain sirkuit MotoGP (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-272-04 Itenerary 4 hari 3 malam di Lombok, Destinasi wisata selain sirkuit MotoGP (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-272-04 Itenerary 4 hari 3 malam di Lombok, Destinasi wisata selain sirkuit MotoGP (1).jpg

Travel

Rekomendasi Wisata 4 Hari 3 Malam Wisata di Lombok

17 Maret 2022

Share

Wisata Lombok melalui Mandalika sedang ramai dibicarakan perhatian indonesia dan dunia seolah sedang tertuju pada bagian selatan pulau Lombok tersebut, terutama terkait dengan penyelenggaraan MotoGP 2022 Seri 2 yang akan berlangsung di sana pada 18-20 Maret 2022 . 

 

Selain Mandalika, Lombok menyimpan sejuta pesona wisata yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Pastikan Anda memiliki waktu luang untuk mengeksplorasi seluruh penjuru pulau. Jika waktu Anda benar-benar terbatas, liburan 4 hari 3 malam menjadi pilihan untuk menikmati pulau ini.

 

Berikut rekomendasi wisata untuk 4 hari 3 malam di Lombok.

 

Hari 1 - Merangkai pantai-pantai di kawasan Mandalika

Jika Anda tiba di Lombok melalui moda pesawat terbang, Anda akan mendarat di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid atau yang lebih dahulu dikenal dengan Bandara Internasional Lombok (BIL) atau Lombok Praya. Dari kawasan Praya ini Anda dapat memulai petualangan ke arah selatan untuk menyambangi pantai-pantai cantik.

 

Usahakan untuk tiba di Lombok pada pagi hari sehingga tak terlalu terik saat Anda tiba di Mandalika. Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika merupakan kawasan khusus yang dibangun dengan tujuan mengembangkan pariwisata terutama di Kabupaten Lombok Tengah.

 

Ada banyak pilihan pantai di kawasan ini, sebut saja Pantai Kuta Mandalika yang selalu ramai dan ikonik, Pantai Seger yang menyimpan cerita, Pantai Mawun dengan hamparan pasirnya hingga menyapa ombak dengan berselancar di Pantai Gerupuk. Oh iya, jika sempat Anda bisa mampir sejenak untuk melihat Pertamina Mandalika International Street Circuit yang menjadi venue MotoGP 2022 seri 2.

 

Tak sulit menemukan restoran dan cafe untuk makan siang atau sekadar beristirahat. Mampir lah KRNK Restaurant & Bar yang menyandang gelar Restoran nomor 1 di Kuta Lombok versi situs ulasan Tripadvisor. Restoran yang menyajikan menu internasional ini juga dikenal sebagai resto yang vegetarian friendly lho! Ingin rasa lokal? Anda bisa memilih acak rumah makan khas Lombok atau bertanya pada warga sekitar.

 

Berwisata di kawasan ini tentu tak boleh melewatkan Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese. “Pendakian” singkat selama 15 menit menuju puncak Bukit Merese akan dibayar dengan pemandangan laut dan Pantai Tanjung Aan yang ciamik. Jika masih ada waktu, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling dan menghampiri Batu Payung yang ikonik.

 

Tutup hari pertama Anda dengan bersantap hidangan berbahan seafood segar sebelum kembali ke penginapan. Di kawasan Mandalika, Anda bisa menemukan berbagai kelas penginapan mulai dari guesthouse hingga hotel berbintang.

 

 

Hari 2 - Ayam Taliwang tak boleh terlupa

Membuka hari ke dua, Anda dapat membuka hari dengan sarapan di penginapan atau berjalan-jalan di sekitar untuk mencari penjual makanan dan berbaur dengan warga setempat. Kemasi barang-barang Anda karena di akhir hari bisa jadi akan dihabiskan di sisi lain Pulau Lombok

 

Perjalanan kali akan kembali dibuka oleh wisata pantai. Kunjungilah pantai Selong Belanak yang menjadi salah satu destinasi hidden gem di Pulau Lombok. Jika Anda memulai perjalanan dari kawasan Kuta Mandalika maka lokasi ini dapat dijangkau dengan perjalanan kurang dari 1 jam.

 

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dan topi saat berkunjung ke pantai ini, terutama saat siang hari. Pasir pantai yang bersih dan lembut seolah memanggil, begitu juga dengan birunya air laut. Sungguh menyenangkan.

 

Menjelang siang, mulai arahkan tujuan ke utara memasuki ibu kota Nusa Tenggara Barat. Kali tujuan utamanya adalah ikon kuliner Lombok, apalagi kalau bukan hidangan Ayam Taliwang yang akan menggoyang lidah. Ada banyak rumah makan yang menawarkan hidangan ini di Kota Mataram, salah satunya adalah Ayam taliwang H. Moerad yang termahsyur.

 

Ayam bakar bercita rasa pedas ini begitu nikmat jika disantap dengan nasi panas ditemani seporsi plecing kangkung maupun beberuk terong yang segar. Jika Anda tak begitu bersahabat dengan olahan cabai, sebaiknya memilih tingkat kepedasan yang paling minim. 

 

Setelah kenyang, Anda bisa menghabiskan waktu di Kota Tua Ampenan. Rasakan seolah waktu berhenti di lokasi ini. Gedung-gedung tua sepanjang jalan akan menjadi latar indah untuk berfoto.

 

Menjelang sore, Anda bisa berburu sunset ke Pantai Senggigi yang terkenal sejak dahulu kala. Beristirahatlah sedikit awal dan simpan tenaga untuk esok hari yang lebih menantang.

 

 

Hari 3 - Bertualang di kaki Rinjani

Mulai berpetualang di awal hari karena Anda akan menapaki kaki Gunung Rinjani, gunung tertinggi di pulau Lombok yang juga masuk dalam 7 summit Indonesia. Tenang, kali ini Anda tak harus mendaki hingga puncak namun tetap bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sambil menikmati air terjun di Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep.

 

Perjalanan menuju dua air terjun ini akan memakan waktu sekitar 2-3 jam dari kawasan Sengigi. Karena cukup jauh, sebisa mungkin beristirahatlah selama perjalanan. 

 

Air terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru dengan ketinggian 600 mdpl, tak jauh dari pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani. Setelah meniti sekitar 200 anak tangga, Anda akan menemukan air terjun alami yang tersembunyi di balik pepohonan. Suguhan pemandangan yang akan membuat Anda tercengang. Jika mau, Anda juga dapat bermain air di sini.

 

Anda menyukai tantangan? Perjalanan dapat dilanjutkan untuk menyambangi air terjun Tiu Kelep. Menuju Tiu Kelep, Anda harus melewati beberapa jalan setapak dan masih berbatu namun tenang saja karena konturnya masih cukup datar. Rasakan juga pengalaman menyebrang sungai kecil atau melewati bebatuan besar. Sungguh petualangan!

 

 

Hari 4 - Berburu oleh-oleh di Lombok

Sebelum kembali ke kota Anda, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Lombok untuk orang-orang terkasih. Kerajinan tangan atau sekadar kudapan seperti manisan rumput laut bisa menjadi pilihan buah tangan yang ciamik untuk mengenang perjalanan kali ini.

 

Lombok dikenal lama dengan mutiara-mutiara cantiknya. Kerajinan berbahan mutiara bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko cinderamata yang ada di seluruh penjuru pulau. Jika masih ada waktu tak ada salahnya juga untuk langsung mengunjungi sentra mutiara di kawasan Sekarbela, Kota Mataram untuk mendapatkan banyak pilihan dengan harga terbaik.

 

Sebelum beranjak dari ibu kota NTB, sebaiknya Anda tak melewatkan satu lagi kuliner khas Lombok. Sate Rembiga, yaitu sate sapi khas Lombok dengan rasa yang kaya. Ada banyak pilihan penjual sate rembiga di Mataram, beberapa pilihan adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh dan Warung Sate Rembiga Utama.

 

Bagi yang akan menggunakan moda transportasi udara, Desa Sade biasanya menjadi tujuan akhir sebelum mengakhiri perjalanan. Di desa tradisional tempat tinggal Suku Sasak ini Anda tak hanya dibuat terpukau dengan bangunan-bangunan unik dan cerita kehidupan mereka namun juga kain-kain indah karya tangan para perempuan Desa Sade. Pastikan Anda membawa uang tunai untuk menebus sehelai atau bahkan beberapa helai kain tenun ikat maupun songket yang dijual di sini. 

 

Perjalanan menjelajahi Pulau Lombok tentu tak akan habis dalam 4 hari saja, untuk itu  datanglah kembali ke pulau ini untuk menikmati sisi-sisi lain yang belum Anda jamah. 

 

"Melompat" dari satu destinasi ke destinasi lain di Pulau Lombok bukan perkara mudah jika Anda hanya mengandalkan transportasi umum, terlebih karena lokasi wisata di Lombok tersebar di segala penjuru pulau. 

 

Serahkan urusan perjalanan darat Anda pada TRAC, rental mobil terpercaya dan profesional yang akan mengantar Anda menjelajahi berbagai destinasi wisata di Lombok. Jika pergi dengan banyak teman atau anggota keluarga, sebaiknya Anda memilih opsi sewa bus agar tetap terjalin kebersamaan sepanjang perjalanan.

 

Anda dapat melakukan pemesanan bus langsung dari Aplikasi TRACtoGo, semudah melakukan pemesanan untuk layanan rental mobil. Segala kebutuhan perjalanan Anda dapat diakomodasi dalam satu aplikasi. Unduh TRACtoGo sekarang juga melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store.

 

Jika memerlukan informasi lebih detail terkait layanan rental mobil di Lombok, Anda bisa langsung menyambangi kantor cabang TRAC di Jl. Pancaka No.8A,Selaparang, Kota Mataram atau kantor cabang yang tersedia di kota Anda. 

 

Jangan ragu untuk berwisata, di penghujung pandemi ini TRAC tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan dan keamanan berkendara. SMART protocol yang diinisiasi oleh TRAC, hadir untuk memberikan kenyamanan pada setiap perjalanan Anda. Meliputi : Semua armada yang bertugas akan dibersihkan secara berkala sebelum dan sesudah melayani menumpang. TRAC juga menyediakan hand sanitizer dan pembatas antara pengemudi dan penumpang di setiap unit. Penerapan physical distancing juga masih terus dilakukan dan pengemudi pun dilarang untuk melakukan kontak fisik dengan penumpang. 

 

Rasakan kenyamanan berkendara dengan para driver andal yang telah dibekali sertifikat defensive driving. Untuk melayani perjalanan Anda, para pengemudi TRAC juga diharuskan melewati tes kesehatan dan tentu diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan.

 

Segera hubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id untuk mendapatkan harga terbaik.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp