Rekomendasi Wisata Air di Bali Selain Pantai
Rekomendasi Wisata Air di Bali Selain Pantai
Rekomendasi Wisata Air di Bali Selain Pantai

Travel

Rekomendasi Wisata Air di Bali Selain Pantai

10 Mei 2024

Share

Lupakan sejenak deretan pantai indah yang terbentang di sepanjang sisi di Pulau Dewata. Jelajahi keberagaman wisata air di Bali mulai dari wisata air terjun, sungai, danau bahkan wisata subak yang lekat dengan budaya.

 

Bali menjadi tuan rumah dari The 10th World Water Forum yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 mendatang. Pada acara tersebut setidaknya ada lebih dari 30 negara yang akan mengirimkan perwakilannya untuk ikut dalam forum yang mengambil tema 'Water for Shared Prosperity' atau 'Air untuk Kemakmuran Bersama'.

 

Pemilihan Bali sebagai lokasi penyelenggaraan forum air sedunia ini tentu bukan sekadar kebetulan. Didukung oleh berbagai fasilitas bertaraf internasional, Bali punya potensi wisata air yang patut dijelajahi. Nggak sekadar mengagumkan, banyak juga dari destinasi wisata air di Bali dan memiliki nilai konservasi sekaligus nilai budaya. 

 

5 Wisata Air di Bali yang Mesti Dicoba

 

Wisata Danau

 

Meski tak seterkenal wisata pantai, wisata danau di Pulau Bali terhitung cukup populer. Setidaknya ada 5 danau besar yang jadi favorit wisatawan. Diantaranya Danau Beratan, Danau Batur, Danau Buyan, Danau Tamblingan dan Danau Yeh Malet.

 

 

 

Danau Beratan atau Danau Bedugul tergambar apik bersama Pura Ulun Danu Beratan, bahkan pesonanya diabadikan di dalam lembar uang pecahan Rp50.000.

 

Nggak jauh dari sana ada Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Kedua Danau ini cocok buat sobat yang menghindari tempat wisata yang ramai.

 

Danau lain yang juga menarik dikunjungi adalah Danau Batur yang merupakan danau terbesar di Bali. Danau ini masuk dalam komplek Geopark Batur, Geopark pertama yang diakui UNESCO.

 

Berbeda dengan empat danau lain yang menyuguhkan pemandangan hamparan air, Danau Yeh Malet di Kabupaten Karangasem ini justru terkenal lantaran tertutup tanaman air.

 

Ukuran danau ini pun nggak besar bahkan jauh lebih kecil dari danau lainnya. Meski sempat terbengkalai, kini Danau Yeh Malet mulai kembali menunjukan adanya geliat pariwisata dengan semakin ramainya wisatawan yang berkunjung.

 

 

 

Wisata Sungai

 

Sungai Ayung seolah jadi ikon dari wisata sungai di Pulau Bali. Sungai terpanjang di Bali ini punya kontur dan debit air yang cocok buat olahraga arung jeram. Banyak operator arung jeram yang menawarkan jasa terutama di kawasan sekitar Ubud. 

 

Destinasi wisata sungai lainnya yang bisa masuk dalam bucket list adalah Babahan Crystal Water. Sungai kecil serupa saluran air ini memiliki aliran yang cukup tenang dan cocok buat tubing atau sekadar bermain air.

 

Wisata Air Terjun Bali

 

Pesona air terjun di Bali seolah tersembunyi dibalik hijaunya dedaunan dari vegetasi di sekitarnya. Ada belasan bahkan puluhan air terjun yang tersebar di berbagai lokasi di Bali. Yang cukup terkenal diantaranya Air terjun Gitgit, Air terjun Sekumpul, serta Air Terjun Leke-leke. 

 

Untuk menikmati wisata Air terjun di Bali butuh sedikit aktivitas trekking. Contohnya saat akan berkunjung Air Terjun Sekumpul yang digadang sebagai air terjun tertinggi di Bali, sobat harus melewati ratusan anak dulu.

 

Meski begitu, percaya deh kalau upaya yang dilakukan akan terbayar lunas saat melihat pemandangan menakjubkan dan hempasan sejuknya air terjun.

 

Hampir semua air terjun di Bali punya kolam air sehingga sobat bisa merasakan langsung aroma kesegarannya. Meski begitu, ada beberapa air terjun yang dianggap suci sehingga tidak boleh digunakan untuk berenang atau bahkan bermain air. Jadi, sebelum nyebur tanya-tanya dulu ya, sob.

 

 

 

Wisata Subak

 

Sobat pasti bertanya-tanya mengapa subak masuk di dalam daftar ini bersama dengan danau, sungai dan air terjun. Subak merupakan sistem pengairan sawah secara tradisional Bali. Dengan metode ini pembagian air dari sumber mata air atau sungai diatur sedemikian rupa agar dapat menjangkau seluruh areal persawahan.

 

Makanya jangan heran kalau pada wisata subak, wisatawan justru akan akan disuguhkan pemandangan persawahan seperti yang tampak di Sawah terasering Jatiluwih atau juga di teras sawah Tegalalang.

 

Melukat

 

Prosesi spiritual ini erat kaitannya dengan penggunaan air. Ritual pembersihan dan penyucian diri ini menjadi dikenal masyarakat luas lantaran beberapa selebritis yang melakukannya saat bertandang ke Bali. 

 

Ritual ini awalnya merupakan upacara yang dilakukan secara turun temurun oleh umat Hindu, namun dipercaya boleh diikuti siapapun dari agama apapun. Ritual ini bisa dilakukan di berbagai tempat, yang terpenting memiliki sumber air.

 

Karena besarnya peran air dalam prosesi melukat, ritual ini rencananya juga akan jadi agenda tersendiri pada The 10th World Water Forum di Bali.

 

 

 

Biasanya masyarakat Bali melakukan prosesi Melukat di tempat bersejarah dan pura yang memiliki mata air, tempat pemandian atau pun laut di Bali.

 

Beberapa tempat yang terkenal untuk Melukat antara lain Pura Tirta Empul Tampaksiring dan Pusat Spiritual Tri Desna Ubud di Kabupaten Gianyar, serta Pura Tirta Sudamala dan Pancoran Solas di Kabupaten Bangli.

 

Jelajahi Wisata Air Bali dengan Rental Mobil TRAC

 

Nggak dipungkiri lagi kalau banyak destinasi wisata air di Bali berada di lokasi yang jauh dari keramaian pusat wisatawan, sehingga perlu transportasi yang nyaman dan aman untuk menjangkau tempat-tempat eksotis tersebut. Rental mobil Bali dari TRAC bisa jadi solusi yang tepat.

 

Jatuhkan pilihanmu pada rental mobil dengan pengemudi maupun rental mobil lepas kunci Bali dari TRAC. Rasakan sendiri kemudahan untuk mengunjungi tempat-tempat keren di Bali bersama teman, keluarga maupun dan orang tersayang.

 

 

Rancang perjalanan dari sekarang dan tentukan sendiri waktu penggunaan, lokasi, durasi hingga jenis kendaraan dengan mudah lewat aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Google Playstore atau Apple Appstore ya.

 

Dapatkan rekomendasi destinasi wisata di Bali maupun di berbagai kota di Indonesia melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Follow media sosial TRAC dan jadi lah yang paling depan mengetahui informasi penawaran menarik berbagai layanan TRAC.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp