https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-169-THUMBNAIL TRAVEL - 05 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-169-THUMBNAIL TRAVEL - 05 (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-169-THUMBNAIL TRAVEL - 05 (1).jpg

Travel

Sambut Isra Miraj, Kunjungi 4 Destinasi Wisata Halal di Indonesia

18 Maret 2021

Share

Pada tanggal 11 Maret 2021 umat muslim sedunia akan memperingati Isra Miraj, sebuah peristiwa penting dalam sejarah Islam, ketika Nabi Muhammad S.A.W melakukan perjalanan spiritual dalam waktu satu malam, dan kemudian mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

 

Dalam memperingatinya, muslim sedunia punya cara masing-masing. Paling umum adalah dengan beribadah di masjid dan menjalankan amalan-amalan seperti berpuasa, memperbanyak berdoa, istigfar, hingga dzikir.

 

 

Tapi bagi Anda yang ingin memperingati Isra Miraj dengan cara yang berbeda, tak ada salahnya jika melakukan perjalanan wisata dalam rangka bersyukur dan mengagumi keindahan ciptaan Allah S.W.T ke destinasi-destinasi halal Indonesia. Seperti di 4 destinasi berikut ini, yang beberapa di antaranya bahkan dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia.

 

Lombok 

Pantai Senggigi, Lombok (Foto: Tandya Rachmat/ Unsplash)

 

Selain terkenal lewat keindahan alamnya, tak banyak yang tahu kalau Lombok juga dikenal sebagai destinasi halal unggulan Indonesia. Negeri Seribu Masjid ini bahkan sempat menempati urutan pertama sebagai destinasi halal terbaik di dunia standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019.

 

Lewat pengakuan tersebut, Lombok setidaknya telah memenuhi empat kriteria destinasi halal terbaik, yakni access, communication, environment, dan services. Dengan kata lain, sembari menjajal kekayaan alam yang sudah tak perlu diragukan keindahannya, atau saat menikmati ragam kuliner yang lezat cenderung pedas, kebutuhan wisatawan muslim akan terpenuhi di pulau indah ini.

 

 

2. Aceh 

Pintu Gerbang Masjid Baiturrahman Banda Aceh (foto: iStockphoto)

 

Mendapat julukan Serambi Mekah, Aceh adalah nama yang terlintas di benak setiap orang jika bicara destinasi halal di Indonesia. Provinsi paling barat Indonesia ini merupakan gerbang masuknya agama Islam di wilayah Indonesia, sekaligus tempat berdirinya kerajaan Islam pertama di Indonesia, yakni Peureulak dan Pasai.

 

Di Aceh, Anda bisa beribadah sekaligus menikmati liburan tanpa harus khawatir saat ingin menjalani ibadah. Sebab, fasilitas pendukungnya yang jadi indikator wisata halal sudah ada jauh sebelum istilah tersebut jadi tren. 

 

Beberapa destinasi yang bisa Anda sambangi di Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, Pulau Weh, dan beragam pantai yang tersohor keindahannya. Jangan lupa juga untuk mencicipi ragam kuliner Aceh yang terkenal seantero Indonesia di daerah aslinya.

 

 

3. Sumatera Barat 

Istana Basa Pagaruyuang (foto: iStockphoto)

 

Tak jauh beda dengan Aceh, Sumatera Barat merupakan provinsi yang punya hubungan erat dengan Islam. Bahkan adat, budaya dan tradisi yang ada di sana umumnya dilandaskan kepada agama Islam. Oleh karenanya, bisa dipastikan wisatawan muslim akan nyaman ketika berkunjung.

 

Di daerah yang menempati posisi kelima dalam destinasi halal prioritas Indonesia ini, Anda bisa menyambangi berbagai macam destinasi wisata menarik sekaligus unik, seperti Jam Gadang dan Rumah Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi, Masjid Raya Sumatera Barat nan megah di Padang, Istana Pagaruyuang di Batusangkar, atau berbagai macam pantai nan eksotis. Satu yang tak boleh ketinggalan adalah mencicipi masakan Minang di daerah asalnya.

 

4. Jawa Tengah 

Masjid Menara Kudus (foto: iStockphoto)

 

Termasuk ke dalam 10 destinasi halal prioritas Indonesia, Jawa Tengah punya ragam objek wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi apalagi pada momen-momen keagamaan. Sebut saja Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Masjid Agung Demak, Makam Sunan Kudus dan Makam Sunan Bonang di Rembang.

 

Selain itu, destinasi alam Jawa Tengah yang tersohor keindahannya juga bisa jadi pilihan, seperti Gunung Merapi, Taman Nasional Karimunjawa di Jepara, atau Dataran Tinggi Dieng. Buat yang gandrung akan sejarah, provinsi ini punya Candi Borobudur, Candi Prambanan, atau Museum Kereta Api Ambarawa.

 

 

Itu dia 4 destinasi halal di Indonesia yang bisa jadi pilihan kunjungan dalam rangka memperingati Isra Miraj, atau momen-momen keagamaan lainnya. Untuk memudahkan perjalanan Anda menyambangi satu tempat ke tempat lainnya di destinasi pilihan, Anda bisa mengandalkan layanan sewa mobil TRAC yang tersedia di seluruh wilayah Indonesia. 

 

Layanan dari TRAC juga memungkinkan Anda untuk memesan moda transportasi sesuai kebutuhan jarak dan jumlah penumpang, mulai sepeda motor untuk solo-traveling, mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan.  

 

Selain itu, dengan TRAC Anda juga bisa menyewa mobil pilihan secara lepas kunci atau dengan pengemudi bersertifikat defensive driving. Atau jika ingin menyambangi destinasi tertentu langsung dari bandara, TRAC juga menyediakan layanan antar jemput bandara dengan jaminan tepat waktu.  

 

Soal keamanan perjalanan selama pandemi Covid-19, TRAC berkomitmen menerapkan SMART PROTOCOL, sebuah protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk dapat menikmati layanan transportasi yang memudahkan dari TRAC untuk setiap perjalanan, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi TRAC To Go dari Google Play Store dan Apple Play Store. Dengan TRAC To Go yang memiliki beragam fitur unggulan, Anda bisa menemukan dan memesan moda transportasi pilihan dengan semakin mudah, aman, dan nyaman. 

 

Selain itu Anda juga bisa membagikan pengalaman menggunakan layanan TRAC serta memberikan review pada aplikasi TRAC To Go agar bisa meningkatkan pelayanan yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp