• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Santai dan Sejuk, 7 Rekomendasi Hutan Wisata Untuk Memperingati Hari Hutan Sedunia

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-275-05 Santai dan Sejuk, 5 Rekomendasi Hutan Kota di Indonesia (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-275-05 Santai dan Sejuk, 5 Rekomendasi Hutan Kota di Indonesia (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-275-05 Santai dan Sejuk, 5 Rekomendasi Hutan Kota di Indonesia (1).jpg

Travel

Santai dan Sejuk, 7 Rekomendasi Hutan Wisata Untuk Memperingati Hari Hutan Sedunia

24 Maret 2022

Share

Dikenal sebagai paru-paru dunia, hutan memegang peranan penting bagi kehidupan di muka bumi ini. Tak hanya sebagai pusat penghasil oksigen, hutan juga merupakan rumah bagi banyak makhluk hidup. Sayangnya, keberadaan hutan berkurang setiap tahunnya. Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan sebagai salah satu sumber daya alam, Perserikatan Bangsa-Bangsa mencanangkan Hutan Sedunia yang yang diperingati setiap tanggal 21 Maret. 

 

Jadikan momentum Hari Hutan Sedunia ini untuk menjelajahi hutan-hutan terdekat di kota Anda. Tak perlu berkelana ke dalam rimba, hutan kota dan hutan wisata bisa menjadi alternatif untuk ikut mendekatkan diri pada alam. Lepaskan sejenak penat dari rutinitas pekerjaan dan hiruk pikuk kota besar dengan sejenak menikmati alam. Sekadar berteduh di bawah pohon rindang sambil menikmati suara burung bisa menjadi salah satu cara untuk me-recharge diri. 

 

7 Rekomendasi Hutan Wisata Untuk Memperingati Hari Hutan Sedunia

 

1. Hutan Kota Kawasan Gelora Bung Karno, hirup segar di tengah kota

 

Berada di antara hutan beton ibu kota, hutan kota ini seolah oase di tengah kemacetan Jakarta. Anda dapat mengunjunginya selepas bekerja maupun di akhir pekan. Bawa lah tikar dan makanan secukupnya untuk menikmati vibes piknik di tengah kota, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan ya!

 

Opsi beberapa hutan wisata lain yang bisa Anda temukan di sekitar Jabodetabek adalah; Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat, Hutan pinus Gunung Pancar di Sentul, Bogor dan tentunya Kebun Raya Bogor.

 

 

2. Belajar sejarah di Tahura Bandung

 

Bandung tak hanya menawarkan wisata kuliner tapi juga wisata alam yang tak kalah seru. Berada di kawasan Dago, Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda atau yang biasa disebut Tahura Bandung bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mulai bosan dengan wisata kota. Di sini Anda tak hanya disuguhkan pepohonan tinggi namun juga kisah sejarah melalui Gua Jepang dan Gua Belanda. Pastikan Anda membawa penerangan yang cukup mumpuni untuk menjelajahi lorong-lorong gua tersebut. Sambangi juga Hutan Babakan Siliwangi untuk sekadar jalan santai di sore hari.

 

 

3. Hutan Pinus Pengger, Bantul yang Instagramable

 

Diperlukan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta untuk mencapai hutan pinus yang sedang naik daun ini. Tenang saja, meski artifisial hampir semua spot foto di sini tetap terlihat menyatu dengan alam. Jangan sungkan untuk mengabadikan tiap wahananya. Waktu terbaik bertandang ke sini adalah sore hari, Anda bisa menikmati senja dilanjutkan dengan pemandangan Yogyakarta di malam hari.

 

 

4. Hutan Bambu Penglipuran usianya sudah ratusan tahun

 

Telah ada sejak ratusan tahun lalu, hutan bambu di Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli ini masih dijaga dengan baik oleh masyarakat. Sempatkan untuk mampir dan menikmati hutan bambu ini saat Anda berkunjung ke desa yang mendapat predikat sebagai salah satu yang terbersih di dunia ini. Tak perlu khawatir tersesat, ikuti saja jalan yang telah dibuat warga untuk menikmati keindahan hutan ini.

 

 

5. Tahura Gunung Tumpa, kepingan surga di Sulawesi Utara

 

Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa Hein Victor Worang (HV Worang) terletak tak jauh dari pesisir Kota Manado ini. Dari perbukitan, anda dapat menikmati pemandangan laut lengkap dengan siluet Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan beberapa pulau lainnya. 


 

 

6. Ekowisata Mangrove Sicanang, primadona baru Kota Medan

 

Tak sampai 1 jam perjalanan dari pusat Kota Medan, Anda akan tiba di hutan mangrove yang terletak di Kecamatan Belawan. Meniti jembatan kayu sambil keluar masuk rimbunan pohon bakau tentu tak akan lengkap tanpa berswa foto. Pastikan Anda menyambangi tempat ini bersama keluarga atau teman tersayang.

 

 

7. Bukit Bangkirai, potongan hutan tropis di Kutai Kartanegara

 

Terletak dalam teritori Kabupaten Kutai Kartanegara, lokasi ini hanya berjarak 65 km dari pusat Kota Balikpapan. Anda bisa melakukan trekking sambil menikmati suasana hutan hujan tropis yang menenangkan. Jangan lewatkan pengalaman berjalan di canopy bridge, jembatan gantung setinggi 30-40 meter yang disangga beberapa pohon bangkirai.

 

Kebanyakan hutan wisata berada di pinggiran kota, Anda tentu memerlukan dukungan transportasi yang mumpuni untuk sampai ke sana. Serahkan urusan perjalanan Anda pada rental mobil terpercaya dari TRAC dan nikmati quality time dalam petualangan menuju hutan wisata bersama teman atau kerabat.

 

Layanan rental mobil TRAC telah tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan cakupan layanan hampir di seluruh Indonesia. Jika Anda ingin bepergian dengan banyak anggota keluarga, pilih lah layanan sewa bus agar Anda tetap dapat berkumpul dan bercengkrama selama perjalanan. 

 

Untuk mendukung kenyamanan perjalanan di masa pandemi Covid-19, TRAC dengan konsisten menerapkan SMART protocol sebagai protokol kesehatan dan keselamatan selama melayani Anda. SMART Protocol meliputi beberapa hal berikut ini:

Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan bertugas maupun setelah melayani pelanggan.

 

Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.

 

Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.

 

Memberikan sekat pembatas antara driver dengan penumpang.

 

Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.

 

Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

 

Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.

 

 


Untuk mengetahui lebih lanjut terkait rental mobil dengan pelayanan prima dari TRAC, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store untuk melakukan reservasi. Karena, di aplikasi keren ini Anda akan mendapatkan berbagai penawaran menarik dan promo yang sayang untuk dilewatkan.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp