https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-317-08 Daftar Wisata dan kuliner Balikpapan yang cocok untuk kunjungan satu hari.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-317-08 Daftar Wisata dan kuliner Balikpapan yang cocok untuk kunjungan satu hari.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-317-08 Daftar Wisata dan kuliner Balikpapan yang cocok untuk kunjungan satu hari.jpg

Travel

Sehari di Balikpapan? Jangan Lewatkan Tempat-tempat Ini!

25 Juli 2022

Share

Balikpapan merupakan kota pelabuhan sekaligus ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur. Tidak heran jika destinasi wisata di sini cukup kental dengan hal-hal yang berbau pesisir. Selain itu, kuliner Balikpapan juga cukup beragam dan dapat Anda nikmati di berbagai tempat. 

 

 

 

1. Berburu kuliner Balikpapan yang khas seperti seafood 

Dikelilingi oleh lautan di bagian selatan dan timur membuat Balikpapan memiliki kekayaan bahari yang cukup melimpah. Oleh sebab itu, tidak heran jika kuliner Balikpapan banyak didominasi oleh seafood yang dimasak langsung maupun olahannya. Maka dari itu, Anda bisa menikmati beragam makanan laut seperti udang maupun kepiting di restoran-restoran yang tersebar di Balikpapan dan juga olahan dari ikan dan seafood lainnya seperti peyek, abon, keripik, juga amplang.

 

 

 

2. Beach hopping ke beberapa pantai

Sebagai kota pelabuhan, pesisir Balikpapan menawarkan sejumlah pantai menarik. Dikelilingi Teluk Balikpapan dan Selat Makassar pada bagian selatan dan timur, tidak heran jika banyak wisata pantai yang ditawarkan oleh kota ini. Sebut saja Pantai Manggar, Pantai Segara, Pantai Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Pantai Kemala, serta pantai Melawai. Masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri dan rasanya sayang untuk melewatkannya.

 

 

 

3. Beribadah sambil menikmati sejumput Madinah di Islamic Center Balikpapan

Diresmikan sejak 2017, Islamic Center Balikpapan atau Masjid Madinatul Iman kini bukan hanya sebatas tempat ibadah tapi juga destinasi wisata religi bagi pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Keindahannya terinspirasi oleh Masjid Nabawi sehingga Anda bisa merasakan sejumput kesyahduan masjid suci tersebut di sini. Masjid empat lantai dengan luas area 14 hektar dan bangunan 8.500 meter persegi ini mampu menampung kurang lebih 10.000 jemaah. Kemegahan masjid ini dilengkapi dengan empat buah menara serta enam payung yang menaungi para jemaah.

 

 

 

4. Menyusuri hutan bakau Margomulyo

Hutan bakau atau mangrove Margomulyo merupakan destinasi wisata sekaligus wilayah konservasi dan edukasi. Selain pemandangan alam yang cantik, teduhnya hutan ini menjadikannya rumah bagi berbagai flora dan fauna. Salah satu penghuni hutan bakau ini adalah bekantan. Bekantan sendiri merupakan hewan endemik di Kalimantan yang jika beruntung, bisa Anda temui saat berkunjung ke sini. Susuri jembatan sepanjang 800 meter dan sesekali bersantai di gazebo yang berada di sisi jembatan. Lokasinya juga mudah dicapai karena berada di pusat kota, dekat dengan SMAN 8 Balikpapan.

 

 

 

5. Melepas penat di Taman Bekapai

Terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Taman Bekapai merupakan ikon Kota Balikpapan yang menjadi tempat singgah sambil melepas penat warga Balikpapan, baik tua maupun muda. Air mancur menjadi penyegar monumen perunggu berbentuk abstrak yang berada di tengah-tengah taman. Suasana sejuk dan segar semakin terasa dengan banyaknya pepohonan yang mengelilingi taman membuat waktu melepas penat Anda semakin syahdu.

 

 

 

6. Mencicipi mantau yang menggemaskan dan mengenyangkan

Mantau adalah salah satu dari sekian banyak oleh-oleh kuliner Balikpapan. Mantau sendiri merupakan makanan yang digoreng dengan bentuk seperti bakpao namun tidak ada isinya. Meski demikian, mantau tidak dinikmati sendiri melainkan biasanya dengan lauk berupa sapi lada hitam atau kepiting dengan tampilan dan cara makan yang serupa dengan sandwich. Untuk mantau yang nikmat, kunjungi Depot Simpang Empat, Mantau Blue Sky atau Pondok Mantau, ya!

 

Seru, ‘kan? Berwisata di Balikpapan? Walaupun demikian, berkunjung ke berbagai tempat sekaligus dalam satu hari akan sangat melelahkan, terutama jika harus menyetir sendiri. Belum lagi bagi yang belum cukup familiar dengan kotanya. Sayang sekali jika waktunya dihabiskan semata untuk mencari lokasi atau cari parkir. 

 

Untuk itu, pilihan terbaik saat ingin berkeliling di Kota Balikpapan, pastikan untuk menyewa mobil dari layanan sewa mobil prima, TRAC. Dengan supir berpengalaman bersertifikasi defensive driving, TRAC selalu berupaya memastikan agar perjalanan dengan Anda selalu selalu aman dan nyaman. 

 

Di tengah pandemi Covid-19, TRAC sejak awal berkomitmen menerapkan protokol kesehatan untuk kenyamanan Anda melalui SMART Protocol. Untuk memesan, download dan install aplikasi TRACtoGo dari Google Play Store atau Apple App Store dan dapatkan penawaran serta promo terbaik untuk perjalanan yang lebih irit. 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp