• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Sehari di Pulau Samosir Setelah Business Trip, Kunjungi Tempat-Tempat Ini

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-119-thumbnail-3 september (2).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-119-thumbnail-3 september (2).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-119-thumbnail-3 september (2).jpg

Travel

Sehari di Pulau Samosir Setelah Business Trip, Kunjungi Tempat-Tempat Ini

02 September 2020

Share

 

Pulau Samosir (foto: iStock)

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, tak heran kalau Medan telah menjelma daerah dengan potensi bisnis menjanjikan. Hal ini bisa dilihat dari berkembangnya perusahaan rintisan dan co-working space yang melakukan ekspansi ke Medan, serta usaha lainnya seperti penyewaan mobil dan bus untuk mendukung para pebisnis melakukan kunjungan-kunjungan penting.

Tapi di samping itu, Medan tetap masih potensial sebagai daerah kunjungan wisata dengan berbagai destinasi favorit. Untuk Anda yang akan melakukan kunjungan bisnis ke Medan, jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati keindahan alamnya. Pulau Samosir bisa jadi salah satu pilihan tepat, karena di sini Anda dapat menikmati berbagai tempat menarik hanya dalam waktu satu hari kunjungan.

 

1.Mengunjungi Huta Siallagan

Huta Siallagan (foto: iStock)

Kalau Anda suka dengan segala hal berbau sejarah, maka Pulau Samosir punya Huta Siallagan yang bisa dikunjungi. Situs ini berada di Desa Ambarita, tak jauh dari Desa Tomok yang merupakan salah satu desa pelabuhan Pulau Samosir. Di sini Anda bisa menyaksikan susunan batu setinggi 1,5 hingga 2 meter, yang dulunya merupakan dinding pagar kampung bagi marga Siallagan. Selain itu di sini bisa ditemui juga Batu Kursi Raja Siallagan atau batu persidangan, yang merupakan tempat mengadili para pelaku kejahatan zaman dahulu. 

 

 

2. Berburu kain tenun Ulos

Kain tenun ulos (foto: iStock)

Berkunjung ke Pulau Samosir tentu tak akan lengkap tanpa berburu tenun Ulos. Kerajinan turun temurun masyarakat suku Batak ini punya sentuhan estetis yang berbeda dengan kerajinan tenun daerah lain. Sebagai salah satu jenis usaha UMKM, tenun Ulos Samosir masih diproduksi menggunakan alat sederhana oleh tangan-tangan terampil penduduk kawasan Danau Toba. Untuk bisa berburu berbagai macam produk kain tenun Ulos Samosir, Anda bisa mengunjungi hampir seluruh desa yang ada di Kecamatan Sianjur, Palipi, dan Pangururan, atau bertanya pada warga setempat yang biasanya punya rekomendasi-rekomendasi menarik.

 

 

3. Menaiki kapal pesiar Danau Toba

Menjelajah Danau Toba dengan kapal (foto: iStock)

Mengelilingi sekaligus menyaksikan Pulau Samosir dari perairan Danau Toba merupakan pengalaman yang harus Anda coba. Karena alur Tano Ponggol Danau Toba sudah diperlebar, sekarang Anda bisa mengelilingi Pulau Samosir menggunakan kapal pesiar ukuran besar. Di kapal pesiar ini Anda tak hanya bisa menikmati keindahan alam, tetapi juga bisa mengenal situs dinding kaldera, kearifan lokal, dan kebudayaan yang dikemas dalam satu story telling. Menarik, bukan?

 

 

4. Menikmati Danau Toba dari ketinggian di Menara Pandang Tele

Pemandangan dari Menara Pandang Tele (foto: iStock)

Setelah menikmati Danau Toba dari dekat, menyaksikan keindahan alam Pulau Samosir dari ketinggian juga patut Anda coba. Menara Pandang Tele jadi salah satu spot terbaik, yang menawarkan pemandangan kaldera terbesar di dunia ini dengan jajaran bukit barisan yang menjulang mengelilinginya. 

 

Tak hanya itu, pemandangan Gunung Pusuk Buhit yang bagi sebagian masyarakat dipercaya sebagai tempat muasal orang Batak Pulau Samosir, juga bisa dilihat dari Menara Pandang Tele. Destinasi ini secara administrasi terletak di wilayah Kabupaten Samosir, namun Anda bisa mengunjunginya sebelum menginjakkan kaki di Pulau Samosir, atau sesaat sebelum meninggalkan Pulau Samosir via jalur darat.

 

Itu dia 4 tempat menarik di Pulau Samosir yang bisa Anda datangi, meski hanya punya waktu satu hari setelah kunjungan bisnis di Medan. Supaya lebih mudah, pastikan Anda menggunakan layanan sewa mobil yang terpercaya seperti TRAC. Dengan layanan airport transfer, TRAC siap menjemput Anda di bandara serta mengantarkan Anda kembali ke bandara tepat waktu.

 

Tak perlu khawatir dengan variasi transportasi yang ditawarkan. Anda dapat melakukan sewa mobil harian, baik lepas kunci maupun dengan pengemudi. Jika kunjungan kerjanya bersama tim dalam jumlah banyak, Anda dapat memanfaatkan layanan sewa bus juga di TRAC. Dengan berbagai pilihan ukuran bus yang tersedia, Anda dapat memilih sesuai yang Anda butuhkan. 

 

Soal keamanan unit kendaraan, selama pandemi Covid-19 ini TRAC berkomitmen menerapkan protokol kesehatan ketat untuk setiap kendaraan dan pengemudi. Mulai dari pembersihan rutin unit menggunakan disinfektan, pemantauan kesehatan bagi para pengemudi, mewajibkan penggunaan masker dan sarung tangan bagi pengemudi, menyediakan hand sanitizer di setiap unit kendaraan, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang di setiap kendaraan. 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp