• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Selain Ranu Manduro yang Sempat Viral, Indonesia Punya 5 Padang Sabana Cantik Ini

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-157-TRAC Web Artikel - JAN_02 Banner 01- 12.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-157-TRAC Web Artikel - JAN_02 Banner 01- 12.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-157-TRAC Web Artikel - JAN_02 Banner 01- 12.jpg

Travel

Selain Ranu Manduro yang Sempat Viral, Indonesia Punya 5 Padang Sabana Cantik Ini

20 Januari 2021

Share

 

Sabana cantik di Indonesia (foto: iStockphoto)

 

Sudah bukan rahasia kalau Indonesia punya bentang alam yang menakjubkan. Sejauh kaki melangkah, dapat disaksikan keindahan alam Indonesia tak hanya membentang di objek wisata saja, melainkan juga di kawasan-kawasan lain tak terduga. Seperti Ranu Manduro yang sempat viral berkat padang sabananya yang dibilang mirip seperti di New Zealand, tapi belakangan ditutup sebab merupakan kawasan tambang aktif.

 

Meski Ranu Manduro sudah ditutup karena memang bukan kawasan wisata, Anda tak perlu berkecil hati jika ingin merasakan sensasi dan suasana serupa. Indonesia masih punya 5 padang sabana menakjubkan untuk disambangi.

 

 

1. Sabana Sembalun

Sabana Sembalun (foto: iStockphoto)

 

Terbang ke Lombok, Gunung Rinjani yang tersohor di kalangan pendaki ini tak hanya menarik karena puncaknya. Kalau memulai pendakian dari jalur sisi timur atau Jalur Sembalun, Anda akan bertemu padang sabana yang membentang indah sepanjang enam kilometer sejak kilometer pertama. Jalur Sembalun ini juga terbilang ramah, jadi Anda tak perlu khawatir jika belum terbiasa dengan medan gunung.


 

2. Papandayan

Hutan mati di Gunung Papandayan (foto: iStockphoto)

 

Tak banyak yang tahu kalau Gunung Papandayan selain punya hutan mati dan padang edelweis, ternyata juga punya padang sabana yang cantik. Dijuluki Sabana Tegal Panjang, kawasan yang dikelilingin pepohonan ini akan sangat menarik bila dikunjungi di luar musim kemarau. Sebab, pada musim kemarau di beberapa titik padang sabana, akan ada sisa pembakaran rumput yang disengaja warga setempat untuk mencegah kebakaran jika rumput tumbuh tinggi.


 

 

3. Gunung Prau

Sabana Gunung Prau (foto: iStockphoto)

 

Berbeda dari yang lain, padang sabana di Gunung Prau berada di bagian puncak. Jika diamati sekilas, padang sabana ini mirip dengan latar serial kartun anak-anak, Teletubbies. Rerumputan di padang sabana ini menghampar di atas gundukan tanah berbukit yang menjadikannya unik. Kendati berada di puncak, jalur pendakian Gunung Prau terbilang mudah dilalui sehingga cocok untuk para pendaki pemula. 
 

 

4. Gunung Guntur

Sabana Gunung Guntur (foto: iStockphoto)

Meski terkenal gersang dan tandus, Gunung Guntur menyimpan satu pesona padang sabana di bagian lerengnya. Jika berkunjung, Anda akan merasakan pengalaman berbeda dari padang sabana lainnya, sebab hamparan rumput di sini menguning dengan indah lantaran panas. Uniknya lagi, pada waktu malam biasanya akan ada ribuan kunang-kunang beterbangan menghiasai padang sabana ini.

 

 

5. Kawah Wurung

Sabana Kawah Wurung (foto: iStockphoto)

 

Berlokasi di Bondowoso, Kawah Wurung terkenal memiliki panorama indah padang sabana yang membentang hijau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kegiatan paralayang dan motor trail yang sering digelar di kawasan ini. Untuk menambah keseruan, Anda bisa menyambangi Bukit Cincin yang berada di kawasan Kawah Wurung. Julukan Bukit Cincin ini berasal dari kubangan mirip kaldera gunung nan bulat seperti cincin di bagian puncak bukit.

 

Itu dia 5 padang sabana di Indonesia dengan keindahan masing-masing. Yang terpenting, ke mana pun Anda pergi, menjaga sikap dan perilaku harus dilakukan. Sehingga keindahan alam yang cantik ini tetap terjaga dan terhindar dari tangan-tangan usil yang bisa merusaknya. 

 

 

Jika tertarik mengunjungi salah satu dari tempat-tempat cantik di atas, manfaatkan layanan rental mobil dari TRAC yang siap menemani perjalanan Anda. Dengan TRAC, Anda leluasa memilih jenis kendaraan, lama penyewaan, hingga sistem sewa mobil (dengan pengemudi atau lepas kunci). Jika Anda baru pertama kali ke sana, sewa mobil dengan pengemudi bisa menjadi opsi yang bijak. Apalagi pengemudi TRAC dibekali dengan sertifikat defensive driving yang mengutamakan ketepatan waktu dan juga pengetahuan rute jalan yang luas. Sehingga, perjalanan Anda dapat berjalan lancar tanpa harus takut nyasar. 

 

Selain itu, pemesanan layanan TRAC juga bisa Anda lakukan di manapun dan kapanpun dengan lebih nyaman, berkat kehadiran aplikasi TRAC To Go terbaru yang mengusung beragam fitur unggulan. Di antaranya adalah multiple order, add to cart, metode pembayaran yang lebih beragam, cancel order anti ribet, hingga promo menarik dan konten-konten inspiratif yang dapat Anda nikmati.

 

Soal keamanan, selama pandemi Covid-19 TRAC berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari pembersihan rutin unit menggunakan disinfektan, memantau kesehatan pengemudi serta mewajibkan masker dan sarung tangan, menyediakan hand sanitizer, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp