Semarak HUT Jakarta, Ini Sederet Wisata Ikonik Ibu Kota
Semarak HUT Jakarta, Ini Sederet Wisata Ikonik Ibu Kota
Semarak HUT Jakarta, Ini Sederet Wisata Ikonik Ibu Kota

Travel

Semarak HUT Jakarta, Ini Sederet Wisata Ikonik Ibu Kota

16 Juni 2023

Share

Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni, dan pada waktu tersebut ibu kota akan semakin dipercantik untuk menunjukan identitas dirinya. Untuk ikut merayakan hari jadi Jakarta ke 496 tahun ini, Sobat TRAC bisa menjelajah tempat-tempat ikonik dan bersejarah yang ada.

 

Dengan usia yang hampir setengah milenium, Jakarta tentu telah melewati banyak hal. Tak sedikit bangunan dan tempat wisata yang menyimpan banyak cerita, seolah menjadi saksi bisu transformasi Sunda Kelapa hingga menjadi ibu kota negara.

 

Jakarta sendiri disepakati berdiri pada 1527, berawal dari kawasan pelabuhan padat bernama Sunda Kelapa. Kota bandar itu pun kemudian berganti nama menjadi Jayakarta di bawah kekuasaan Pangeran Fatahillah.

 

Saat VOC Belanda datang, mereka menghancurkan Jayakarta dan menguasai daerahnya dan membangun sebuah kota Baru yang diberi nama Batavia. Nama ini setidaknya bertahan selama tiga abad hingga kedatangan penjajah Jepang yang kembali mengubah namanya.

 

Djakarta Tokubetsu Shi atau Djakarta diambil dari nama lamanya, Jayakarta. Nama ini pun yang kemudian bertransformasi menjadi Jakarta masa kini. Setelah mengetahui sejarah singkatnya, kini saatnya buat Sobat TRAC berkunjung ke tempat-tempat wisata ikonik Jakarta yang menyimpan banyak cerita. 

 

 

 

7 Destinasi Wisata Ikonik Jakarta

 

Pelabuhan Sunda Kelapa

 

Cerita tentang ibu kota di mulai dari tempat ini. Masih memiliki fungsi yang sama dengan ratusan tahun lalu, Sobat TRAC bisa melihat kapal-kapal kayu bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa.

 

Tak hanya berfoto dengan latar kapal Phinisi, Sobat TRAC juga bisa menyusuri kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa dengan perahu sederhana. Tarifnya pun cukup murah, hanya sekitar Rp 50 ribu - Rp 100 Ribu saja untuk satu perahu, tergantung kemampuan tawar-menawar sobat.

 

Kawasan Kota Tua

 

Saat berbicara mengenai kawasan Kota Tua, banyak orang yang hanya membayangkan kawasan Taman Fatahilah dan sekitarnya. Tak salah memang, karena memang tempat yang dipenuhi bangunan lama ini merupakan pusat pemerintahan Batavia. 

 

Ada banyak titik yang bisa Sobat TRAC sambangi di kawasan ini. Terdapat bangunan megah bekas kantor Gubernur Jenderal yang kini difungsikan sebagai Museum Sejarah Jakarta, ada pula Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik di sekitarnya.

 

 

 

Sedikit berkendara, ada Toko Merah yang ikonik dan Jembatan Kota Intan yang unik. Selain itu ada pula Museum Bahari yang letaknya sekitar 2 km dari Taman Fatahillah. 

 

Pecinan Glodok Pancoran

 

Sama seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Kawasan Pecinan Glodok Pancoran sebenarnya masih menjadi bagian dari Kota Tua Jakarta. Kawasan yang dulunya dikenal sebagai petak sembilan ini cocok bagi Sobat TRAC pecinta kuliner.

 

Sobat TRAC bisa coba mampir ke Gang Gloria yang termahsyur untuk mencicipi Es Kopi Tak Kie yang telah ada sejak tahun 1927, ada pula Karilam, cakwe, gado-gado dan banyak lainnya.

 

Monumen Nasional

 

Berbicara tentang ikon kota Jakarta tentu tak lengkap tanpa memasukan Monumen Nasional alias Monas. Sobat TRAC bisa memandang Jakarta dari ketinggian dengan membeli tiket seharga Rp 15 ribu untuk mengakses ruangan di puncak monumen. 

 

 

 

Kawasan Gelora Bung Karno

 

Kawasan Gelora Bung Karno telah menjadi saksi perjalanan Jakarta selama lebih dari 60 tahun. Kini kawasan GBK tak hanya digunakan sebagai fasilitas olahraga. Namun Sobat TRAC bisa berkunjung ke Hutan Kota GBK untuk bersantai di sore hari sambil berlatar bangunan pencakar langit.

 

Taman Mini Indonesia Indah

 

Sedikit bergeser ke kawasan Jakarta timur, ada Taman mini Indonesia Indah (TMII) yang telah menjadi destinasi liburan favorit warga Jakarta sejak tahun 1975. Terdapat anjungan, miniatur rumah adat dari setiap provinsi di Indonesia.

 

Jangan lupa berkunjung ke Anjungan DKI Jakarta ya! Ada pula beberapa museum yang bisa dikunjungi untuk menambah wawasan tentang keragaman adat dan budaya nusantara.

 

Perkampungan BudayaBetawi, Setu Babakan

 

Suku betawi adalah orang yang mendiami Jakarta sejak ratusan tahun lalu. Budayanya sendiri merupakan percampuran dari sunda, cina, arab dan pengaruh dari beberapa suku pendatang lainnya, membuatnya terlahir menjadi budaya baru yang unik.

 

Pelajari budaya asli Betawi di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan yang berada di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Disini Sobat TRAC bisa melihat berbagai pertunjukan kesenian hingga mencicipi aneka kuliner khas masyarakat Betawi.

 

 

 

Jelajahi aneka destinasi di ibu kota dengan rental mobil jakarta, agar perjalanan terasa lebih nyaman dan praktis. Sobat bisa gunakan layanan rental mobil TRAC, perusahaan penyedia sewa kendaraan yang telah berpengalaman lebih dari 33 tahun.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp