• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Sering Disebut Menjelang 17-an, Kenali 3 Fakta Tentang Rengasdengklok

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-323-03-1976- Sering disebut Menjelang 17-an, Kenali 3 Fakta tentang Rengasdengklok.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-323-03-1976- Sering disebut Menjelang 17-an, Kenali 3 Fakta tentang Rengasdengklok.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-323-03-1976- Sering disebut Menjelang 17-an, Kenali 3 Fakta tentang Rengasdengklok.jpg

Travel

Sering Disebut Menjelang 17-an, Kenali 3 Fakta Tentang Rengasdengklok

11 Agustus 2022

Share

Nama Rengasdengklok sering kali muncul saat menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kota kecamatan ini menjadi salah satu saksi bisu persiapan kemerdekaan negara, tak ayal namanya sering disebut dalam buku pelajaran sejarah. Tak hanya sarat sejarah, Rengasdengklok juga bisa menjadi opsi wisata akhir pekan yang dapat Anda kunjungi di setiap waktu, bahkan tak perlu menunggu bulan Agustus.

 

 

Sebelum jalan-jalan ke Rengasdengklok, yuk kenali 3 fakta tentang tempat ini.

 

1. Rengasdengklok terkenal karena peristiwa 16 Agustus 1945

Banyak orang yang mengasosiasikan Rengasdengklok dengan peristiwa ‘penculikan’ Soekarno dan Hatta oleh pejuang golongan muda. Saat itu, 16 Agustus 1945 dua tokoh besar tersebut dibawa ke Rengasdengklok pada dini hari dengan alasan agar tidak dipengaruhi oleh Jepang yang kala itu tengah menelan kekalahan dari sekutu. 

 

Masih banyak polemik tentang peristiwa ini, beberapa pihak menyebutnya dengan peristiwa penculikan namun ada juga yang meyakini bahwa para proklamator tersebut justru diamankan. Entah mana yang sebenarnya terjadi, namun peristiwa kala itu telah mampu mengangkat nama rengasdengklok hingga dikenal sebagai Kota Pangkal Perjuangan.

 

 

 

2. Rengasdengklok hanya 2 jam perjalanan dari Jakarta

Rengasdengklok sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jadi, meski namanya Lokasinya sendiri hanya terpisah Sungai Citarum dengan Cikarang, Kabupaten Bekasi yang menjadi salah satu sentra industri.

 

Dari Jakarta, Rengasdengklok dapat dijangkau hanya dalam 2 jam perjalanan. Anda bisa memilih opsi tol Jakarta - Cikampek dan keluar gerbang tol Karawang Barat. Dari sana, arahkan kendaraan menuju kawasan Tanjung Pura dan menyusuri Jalan Raya Proklamasi hingga tiba di pusat keramaian Rengasdengklok. Tak sulit menemukan kawasan bersejarah ini, Anda dapat bertanya pada penduduk sekitar untuk menuju Tugu Kebulatan Tekad yang menjadi ikon kebanggaan warga Rengasdengklok.

 

 

3. Punya potensi wisata sejarah dan kuliner

Meski dikenal karena peristiwa bersejarah menjelang proklamasi, namun ternyata wilayah Rengasdengklok dan sekitarnya juga memiliki potensi wisata yang tersembunyi. Berkendaralah ke arah barat laut menuju Batu Jaya, di sana Anda bisa menemukan Candi Jiwa. Candi bercorak Buddha ini merupakan satu dari sedikit candi yang ada di Jawa Barat.

 

Untuk Anda yang suka berwisata Kuliner, Rengasdengklok juga bisa menjadi pilihan. Maranggi sapi dan entok serta Surabi Hejo seakan menjadi ikon kuliner tempat ini. Jangan lupa juga untuk membawa buah tangan seperti semprong wijen maupun kerupuk udang yang bisa Anda beli langsung dari pabriknya, dijamin akan mendapatkan harga terbaik!

 

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan, biasanya setiap 16 Agustus akan ada pawai yang diselenggarakan di alun-alun Rengasdengklok dengan melibatkan berbagai komunitas pecinta sejarah. Anda bisa memantau jadwalnya di media sosial beberapa komunitas sejarah yang ada di Jakarta maupun Jawa Barat. Meski Rengasdengklok selalu ramai di bulan Agustus, namun sejatinya tempat ini layak untuk Anda kunjungi kapan pun sepanjang tahun.

 

Tak perlu ragu untuk berwisata ke Rengasdengklok, terlebih jika Anda menggunakan layanan rental mobil dari TRAC. Di penghujung pandemi ini TRAC tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan dan keamanan berkendara. SMART protocol yang diinisiasi oleh TRAC, hadir untuk memberikan kenyamanan pada setiap perjalanan Anda. Meliputi: Semua armada yang bertugas akan dibersihkan secara berkala sebelum dan sesudah melayani menumpang. TRAC juga menyediakan hand sanitizer dan pembatas antara pengemudi dan penumpang di setiap unit. Penerapan physical distancing juga masih terus dilakukan dan pengemudi pun dilarang untuk melakukan kontak fisik dengan penumpang. 

 

 

 

Rasakan kenyamanan berkendara dengan para driver andal yang telah dibekali sertifikat defensive driving. Untuk melayani perjalanan Anda, para pengemudi TRAC juga diharuskan melewati tes kesehatan dan tentu diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGO di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp