Serunya Jelajah Wisata Solo Dalam Sehari
Serunya Jelajah Wisata Solo Dalam Sehari
Serunya Jelajah Wisata Solo Dalam Sehari

Travel

Serunya Jelajah Wisata Solo Dalam Sehari

13 Juli 2023

Share

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kota Solo adalah sebuah kota yang penuh warna di Jawa Tengah. Ragam budaya, sejarah, dan kuliner merupakan daya tarik kota yang menjadikannya sebagai destinasi yang layak untuk dieksplorasi.

 

Terletak diantara Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo, serta dikelilingi oleh Sungai Solo di sebelah timur, kota ini mudah dijangkau.

 

Kota tempat kelahiran Presiden Indonesia Joko Widodo ini, memiliki beberapa tempat wisata yang menampilkan kekayaan warisan dari masa lampau. Mulai dari kemegahan Keraton Surakarta, hingga keramaian pasar Pasar Gede, kota ini menawarkan berbagai pengalaman bagi para wisatawan. 

 

Pasar seperti Pasar Klewer dan Pasar Barang Antik Triwindu khusus menyediakan batik dan barang-barang antik, sehingga setiap pengunjung dapat membawa pulang sepotong budaya unik dari Solo. Taman hiburan seperti Taman Sriwedari menawarkan berbagai pilihan hiburan, mulai dari taman bermain anak-anak hingga pertunjukan tari tradisional Jawa.

 

Melalui artikel ini, TRAC akan membawa sobat dalam perjalanan satu hari mengunjungi ragam destinasi wisata Solo dan menikmati kuliner yang kaya cita rasa. Agar eksplorasi singkat ini lebih berkesan, pastikan sobat gunakan Rental Mobil dari TRAC saat menyambangi beberapa destinasi wisata Solo di bawah ini

 

 

 

6 Destinasi Wisata Solo yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari

 

Kraton Surakarta

 

Wisata Solo pertama yang wajib dikunjungi tentu saja Keraton Surakarta, sebuah istana megah yang kental dengan budaya Jawa. Saat masuk ke dalamnya, pesona sejarah dan arsitektur khasnya akan membawa siapapun yang berkunjung seolah kembali ke masa lalu.

 

Keraton Solo, yang juga berfungsi sebagai museum menyimpan banyak peninggalan bersejarah, mulai dari kereta-kereta yang indah hingga patung-patung kuno. 

 

Jangan lewati kesempatan melihat pohon beringin kerajaan yang terkenal, yang dipindahkan bersamaan dengan pendirian istana pada tahun 1745. Jika Sobat TRAC berkunjung pada hari Minggu, saksikanlah latihan tari tradisional yang digelar di sana.

 

 

 

Pasar Barang Antik Triwindu

 

Masih tentang perjalanan nostalgia ke masa lalu, kunjungilah Pasar Barang Antik Triwindu. Pasar ini akan menjadi surga tersendiri bagi pecinta dan kolektor barang antik.

 

Pasar yang juga dikenal sebagai pasar Windujenar ini terletak tidak jauh dari Istana Mangkunegaran dan menawarkan pengalaman berdagang yang unik. Tak hanya dagangannya yang unik, pasar ini sendiri pun tak kalah apik.

 

Didirikan tahun 1945 dengan struktur bangunan dari kayu, membuat pasar ini sendiri sudah menjadi barang antik. Disini Sobat TRAC bisa menemukan berbagai artefak yang memiliki nilai budaya dan seni yang berbeda-beda mulai dari aksesori kecil hingga sepeda antik, perabotan, dan lainnya.

 

Setiap barang yang ada di sini menceritakan kisah masa lampau. Uniknya lagi, pasar ini bahkan masih menjalankan sistem barter, sehingga tak jarang terjadi pertukaran barang antik. Pasar barang antik buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore, temukan peninggalan masa lalu di Triwindu.

 

Taman Sriwedari

 

Perjalanan berlanjut ke Taman Sriwedari, kompleks sejarah yang terletak di Laweyan, Kota Surakarta. Sejak zaman Pakubuwana X, Taman Sriwedari telah menjadi tempat penyelenggaraan acara hiburan malam yang disebut Malam Selikuran. Bahkan, taman ini menjadi tuan rumah PON (Pekan Olahraga Nasional) pertama pada tahun 1948.

 

 

 

Taman Sriwedari didirikan oleh Pakubuwana X sebagai pusat hiburan, budaya dan seni. Disini terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO Sriwedari), teater terbuka yang digunakan untuk pertunjukan tari tradisional seperti Ramayana dan Mahabarata. 

 

Museum Batik Danar Hadi (House of Danar Hadi)

 

Jelajah wisata Solo berikutnya Sobat TRAC bisa mengunjungi Museum Batik Danar Hadi di kompleks Ndalem Wuryaningratan yang bersejarah di tengah Kota Solo. Bangunan ini merupakan bukti dedikasi pendirinya, Danar Hadi, dalam melestarikan dan mempromosikan seni batik. 

 

Dibuka tahun 2008, House of Danar Hadi menampilkan lebih dari 700 koleksi batik dari total 10.000 koleksi telah dikurasi dengan ketat. Koleksi-koleksinya mencakup bermacam pengaruh budaya dan era.

 

Berkelilinglah bersama pemandu dan dapatkan penjelasan yang membuat tur menjadi penuh wawasan. Bahkan disana, Sobat TRAC juga bisa melihat pembuatan batik secara langsung. 

 

Di lokasi yang sama, ada pula restoran Soga yang menawarkan berbagai hidangan yang bisa dinikmati setelah tur museum. Kurang afdol rasanya jika Sobat TRAC pulang dengan tangan kosong. Sobat TRAC bisa berbelanja di berbagai jenis batik dan pakaian batik di sini. 

 

 

 

Kampung Batik Laweyan

 

Selanjutnya, arahkan perjalanan sobat ke Kampung Batik Laweyan yang pusat batik sejak abad ke-19 sekaligus menjadi lambang tradisi batik Solo. Menempati area seluas 24,83 hektar, mayoritas penduduk di sini merupakan pembuat dan penjual kain maupun pakaian batik.

 

Kampung Batik ini terkenal dengan motif batiknya yang khas - 250 di antaranya dipatenkan. Berbeda dengan motif batik Kauman yang gelap dan klasik, Laweyan menawarkan batik dengan warna yang lebih cerah. 

 

Secara fisik Kampung Batik Laweyan pun tak kalah unik, dengan pengaruh arsitektur Jawa, Eropa, Tionghoa, dan Islam yang unik membuat tempat ini memiliki daya tarik yang lebih dari sekadar batik. Oh iya, pengunjung juga dapat mengikuti kursus singkat atau workshop intensif pembuatan batik di Laweyan.

 

Wisata Kuliner Solo 

 

Menikmati Makanan dan minuman di Solo adalah perjalanan kuliner melintasi waktu. Sobat TRAC bisa memulai hari dengan semangkuk hangat Timlo di Warung Timlo Sastro, hidangan sarapan yang menjaga tradisi kuliner Solo tetap hidup.

 

Saat tiba waktu makan siang, kunjungilah Warung Bu Widodo yang terkenal dengan Nasi Liwet-nya. Nasi dengan aroma kelapa yang mencerminkan cita rasa Solo, jangan lupa juga nikmati makanan pendampingnya.

 

 

 

Dan ketika sore, saatnya menyantap kudapan manis Serabi Notosuman. Lalu tutup hari sobat di Warung Sate Pak Kempleng, dimana Sate Kambing yang lezat memberikan akhir yang sempurna untuk hari yang dipenuhi dengan cita rasa otentik Solo.

 

Jelajah Sehari Wisata Solo dengan Rental Mobil TRAC

 

Demi kenyamanan sobat selama menjelajahi wisata Solo, sebaiknya gunakan layanan rental mobil dari TRAC.

 

Mampir dan belajar membuat batik di Kampung Batik Laweyan, menyusuri jalan-jalan mencari hidangan khas atau sekadar bersantai di taman Sriwedari. Membuat sobat jadi fleksibilitas untuk menjelajah ragam wisata yang ada.

 

Sobat TRAC bisa gunakan layanan rental mobil dengan pengemudi agar tak sekedar nyaman tapi juga aman. Sebab TRAC memiliki pengemudi profesional dan berpengalaman. Tak sekedar handal berkendara, tapi juga memahami keahlian safety driving dan defensive driving yang selalu mengutamakan keselamatan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Jadi, siap untuk menjelajah wisata Solo untuk berpetualang budaya dan kulinernya yang seru? Dengan TRAC sebagai teman perjalanan, saatnya agendakan perjalanan yang tak terlupakan!

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp