https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-308-05 xx dive spot Indonesia yang mendunia (5).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-308-05 xx dive spot Indonesia yang mendunia (5).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-308-05 xx dive spot Indonesia yang mendunia (5).jpg

Travel

Surganya Pecinta Selam, 5 Dive Spot Indonesia yang Mendunia

29 Juni 2022

Share

Bukan rahasia lagi, wilayah Indonesia didominasi oleh perairan yang menghubungkan ribuan pulau di dalamnya. Kekayaan bawah air negara ini pun telah termasyur hingga ke berbagai penjuru dunia, tak aneh jika Indonesia menjadi tujuan wisata para pecinta olahraga selam dari berbagai negara. Ada ribuan titik penyelaman atau dive spot di Indonesia, Anda tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan tentunya budget yang Anda miliki.

 

Sebelum Anda menyelam lebih dalam, yuk kenali 5 dive spot Indonesia yang keindahannya telah mendunia.

5 dive spot Indonesia yang mendunia.

 

 

Pulau Weh dan Pulau Rubiah, dive spot cantik di ujung barat

 

Jangan terlalu terfokus ke sisi timur Indonesia, siapa sangka ujung barat juga menyimpan kecantikan bawah air yang tak terkira. Selami keindahan ujung barat Indonesia di sekitar Pulau Weh dan Pulau Rubiah, Sabang, Aceh. Lautnya cenderung tenang dengan air sebening kristal. Setidaknya ada 13 titik selam di sekitar Pulau Weh yang kebanyakan menampilkan kawanan besar ikan yang bergulung (schooling fish) maupun berjajar rapi (pelagic fish). Beberapa titik selam yang banyak direkomendasikan adalah; Batee Tokong, Pantee Peunateung, Arus Balee, Batee Gla dan Sophie Rickmers dengan bangkai kapal yang terbenam di kedalaman 50 meter.

 

 

Kepulauan Seribu, dive spot andalan warga ibu kota

 

Jaraknya tak jauh dari jakarta, cocok menjadi destinasi weekend escape Anda saat lelah dengan hiruk pikuk kota metropolitan. Terdapat beberapa titik penyelaman yang dapat mengakomodir berbagai tingkatan kemahiran, tempat ini juga sering kali diserbu warga ibu kota untuk mendapatkan sertifikat menyelam. Anda tak perlu pusung menyusun itinerary penyelaman karena banyak dive center yang menawarkan paket selam sekaligus bermalam bahkan lengkap dengan sarana penyeberangan eksekutif dari daratan Jakarta. Untuk Anda yang ingin memiliki lisensi penyelaman tersedia paket pelatihan open water dengan durasi 4-5 harim sedangkan apabila Anda telah familiar dengan dunia bawah air maka tur kapal karam tentu tidak boleh di lewatkan.

 

 

Derawan, dive spot unik yang terkenal dengan ubur-ubur

 

Siapa yang tak tergiur dengan panorama atas maupun bawah air di Derawan? Ubur-ubur tak menyengat menjadi salah satu primadona dan alasan banyak orang untuk bertandang ke sini. Untuk menyapanya datanglah ke danau yang ada di Pulau Kakaban. Setidaknya ada 4 pulau utama yang menjadi tujuan wisatawan bertandang ke sini, antara lain; Derawan, Kakaban, Sangalaki dan Maratua. Perairan di sekitar Pulau Derawan masih sangat asli, bahkan Anda bisa sekadar snorkeling atau tak perlu menyelam terlalu dalam untuk menjumpai ikan berwarna warni. Jika beruntung, Anda juga bisa menyapa hiu paus lho. Sangalaki sendiri dikenal sebagai titik yang pas untuk bertemu ikan Pari Manta dan Penyu sedangkan Maratua menjadi tempat favorit para divers untuk berjumpa Hiu dan kawanan ikan barakuda dalam jumlah besar.

 

 

Paket Lengkap di Sulawesi Utara (Bunaken, Likupang, Lembeh)

 

Sulawesi utara telah menjadi tujuan utama para penyelam sejak puluhan tahun silam, Taman Nasional Laut Bunaken menyimpan kecantikan yang seolah tak habis di makan waktu. Tak cukup di Bunaken, jelajahi juga perairan di sekitar Siladen dan Manado Tua dengan keindahan terumbu karang yang tak terkira, bahkan digadang sebagai salah satu yang terindah di dunia. 

 

Opsi lainnya adalah Berkendara 1 jam ke arah timur untuk menikmati keindahan perairan Bitung di Selat Lembeh. Lokasi penyelaman ini merupakan tujuan utama para pecinta muck diving alias penyelaman dasar laut. Divers akan berjumpa dengan banyak hewan laut kecil (critters) yang bersembunyi di sela lumpur lantai laut. Tak ayal tempay ini juga menjadi surga bagi para pecinta fotografi makro. Masih kurang? Kali ini arahkan kendaraan Anda sedikit ke utara Kota Manado dan bertandang lah ke perairan Likupang. Destinasi Super Prioritas ini juga memiliki pesona dalam air yang eksotis. 

 

 

Keindahan dunia dalam air di seluruh penjuru Bali

 

Tak hanya kaya akan budaya dan seninya, Bali juga menyimpan potensi keindahan di perairan yang ada di sekitarnya. Titik penyelaman tersebar di seluruh penjuru pulau; Menjangan di sisi barat,Pemuteran di sisi utara, Tulamben di sisi timur dan Nusa Lembongan dan Nusa Penida di sisi selatan. Lengkap bukan? Meski penyelaman di perairan Bali bisa dilakukan hampir sepanjang waktu namun Juli-Oktober dianggap sebagai waktu terbaik, terlebih jika melakukan penyelaman di perairan selatan. Di rentang tersebutlah Anda memiliki kesempatan untuk berjumpa Ikan Mola atau Ikan Matahari yang unik. Jangan lewatkan juga pengalaman menyelam di sekitar USS Liberty Shipwreck, bangkai kapal karam yang menjadi rumah bagi berbagai biota laut di Tulamben. Oh iya, di perairan ini terdapat juga kumpulan patung bawah laut yang dihiasi ikan berwarna-warni.

 

Jadi, sudah siap untuk menyelam? Jika alur dan kebutuhan penyelaman telah diserahkan kepada dive center namun bukan berarti Anda tak perlu menyiapkan rencana perjalanan selama di darat. Sarana transportasi dari tempat tinggal dan ke pelabuhan hingga penginapan untuk transit sebelum dan setelah melakukan penyelaman perlu Anda siapkan, terlebih jika Anda memiliki waktu luang untuk mengeksplorasi kota sekitar. 

 

Layanan rental mobil dengan pengendara maupun airport shuttle dari TRAC dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan. Anda bisa mencari layanan yang diinginkan melalui aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh melalui Google Playstore maupun Apple App Store. TRAC juga memiliki layanan sewa bus dengan berbagai ukuran yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda yang bepergian dengan banyak orang maupun banyak barang. Wah trip menyelam kali ini pasti tambah seru apalagi jika dilakukan teman-teman yang memiliki kegemaran yang sama.

 

Anda juga tak perlu khawatir untuk bepergian bersama TRAC di penghujung masa pandemi ini, karena TRAC dengan konsisten menjalankan protokol kesehatan dan keamanan berkendara yang  dikenal dengan SMART Protocol. Untuk mengetahui lebih lanjut layanan rental mobil prima dari TRAC, Anda dapatmenghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id .

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp