• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Tak Hanya Mie Gomak, Ini 5 Kuliner Wajib Cicip Pas Bertandang ke Medan

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-311-01 Tak Hanya Mi Gomak, Ini 5 Kuliner Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Medan (4).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-311-01 Tak Hanya Mi Gomak, Ini 5 Kuliner Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Medan (4).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-311-01 Tak Hanya Mi Gomak, Ini 5 Kuliner Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Medan (4).jpg

Travel

Tak Hanya Mie Gomak, Ini 5 Kuliner Wajib Cicip Pas Bertandang ke Medan

17 Juli 2022

Share

Sumatera Utara, tanah yang sarat akan budaya dan kental dengan suku Batak ini memiliki beragam kekayaan asli daerah seperti makanan. Bagi yang sudah menonton film Ngeri-ngeri Sedap yang populer belakangan ini, salah satu produk budaya Batak yang ditampilkan adalah makanan khasnya, Mie Gomak.

 

 

Mie Gomak merupakan sajian mie berkuah dengan cita rasa pedas berempah yang kental. Kuahnya merupakan perpaduan antara santan dan kaldu berbahan dasar andaliman. Mi Gomak sendiri berasal dari daerah Batak Toba, namun Anda juga dapat mencicipinya di daerah Sibolga, Tapanuli, dan tentunya, di ibukota provinsi, Medan.

 


 

Jika berkunjung ke Medan, sudah selayaknya Anda memasukkan Mie Gomak ke dalam daftar makanan wajib cicip. Di luar Mie Gomak, ada sederet makanan lain di Medan yang wajib Anda singgahi dan nikmati.

 

5 Kuliner Wajib Coba di Medan, Sumatera Utara

 

Bihun Bebek

Bayangkan potongan besar daging bebek di atas bihun yang berenang di mangkuk berisi kaldu khas yang terbuat dari rebusan bebek dan bumbu-bumbu lainnya. Berselera? Persis! Rasa dari semangkuk Bihun Bebek akan membuat Anda terbayang-bayang terus tepat sejak bihun tersebut habis. Tambahan bawang putih cincang goreng sebagai peneman irisan daging bebek, serta seledri dan daun selada dan acar cabai menyempurnakan mangkuk Bihun Bebek Anda. Untuk yang ingin mencoba, Anda dapat berkunjung ke Bihun Bebek Asie, Bihun Bebek Akien, atau AK Bihun Bebek saat ke Medan.

 

 

Soto Medan

Di Indonesia, Anda dapat menemukan versi soto dengan keunikan dan cita rasa masing-masing, tidak terkecuali Medan. Dengan kuah pekat bersantan, warna kuning pucat menjadi warna yang menghiasi semangkuk Soto Medan. Selain santan, Soto Medan mengandung berbagai bahan dan rempah-rempah menonjol lainnya seperti daun jeruk limau, bunga lawang, lengkuas, serai, jintan, kunyit, dan lainnya. Nikmati Soto Medan dilengkapi dengan daging ayam atau daging sapi. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Medan, jangan lewatkan semangkuk Soto Medan andalan di RM Sinar Pagi, Soto Kesawan, atau RM Nasi Soto Medan.

 

 

Lontong Medan

Lontong Medan merupakan varian dari Lontong Sayur yang wajib Anda cicipi saat ke Medan. Lontong yang pulen, disiram dengan kuah gurih, kental, dan berempah, serta tambahan bihun dan bumbu rendang serta topping lainnya membuat Lontong Medan makanan yang cukup berat dan mengenyangkan. Coba Lontong Kak Lin, Lontong Bang Iwan, dan Lontong Warintek. 

 

 

Bika Ambon

Bika Ambon adalah makanan yang bikin banyak orang terjebak akan asal usulnya karena namanya. Banyak orang mengira Bika Ambon berasal dari Ambon, Maluku. Padahal Bika Ambon adalah penganan dari Medan. Sebagai modifikasi dari kue khas Melayu yang juga disebut bingka, bika merupakan kue yang dibuat dengan tapioka atau sagu. Berwarna kuning, tampilan Bika Ambon sangat khas dengan rongga dan serat serta tekstur yang sedikit kenyal dan rasanya yang legit. Jika Anda ke Medan, Anda bisa memboyong pulang Bika Ambon Zulaikha, Bika Ambon Ati, atau Rika Bika Ambon.

 

 

Mi Balap

Di balik nama Mie Balap yang unik ini tersimpan asal usul yang mungkin banyak dari Anda sudah lebih dulu menebaknya. Ya, Mi Balap berasal dari cara persiapan dan penyajiannya yang sangat cepat. Lazim dimakan untuk sarapan, tidak sedikit pula yang makan Mie Balap di malam hari.  Nikmat dan terjangkau, sepiring Mi Balap biasanya terdapat mie, kwetiau, atau bihun, yang dilengkapi dengan topping, umumnya berupa telur, bakso, atau seafood. Bagi yang penasaran bisa mencoba Mie Balap Mail Krakatau, Mie Balap Wahidin, atau Mie Balap Seafood Hendra.

 

Datang dari luar kota, mungkin Anda tidak terlalu familiar dengan jalan dan lalu lintas di Kota Medan. Selain itu, amat sia-sia rasanya jika waktu kunjungan dihabiskan dengan berkutat dengan lalu lintas yang tidak ramah sekaligus terbatasnya lahan parkir. Oleh karena itu, menggunakan layanan rental mobil prima beserta pengemudi dari TRAC bisa jadi pilihan yang tepat. Seluruh armada TRAC dikendarai oleh pengemudi bersertifikat defensive driving.


 

Dengan TRAC, Anda bisa memilih kendaraan dari berbagai ukuran sesuai dengan jumlah penumpang, dari mobil kecil hingga bus. Nikmati pengalaman sewa mobil yang nyaman dan aman bersama TRAC, download juga aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sewa mobil dari TRAC, hubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau email ke rco.nasional@trac.co.id. Atau, kunjungi kantor cabang kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp