https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-307-09 Tak hanya Sabang, Berikut xx Tujuan Wisata di Aceh.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-307-09 Tak hanya Sabang, Berikut xx Tujuan Wisata di Aceh.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-307-09 Tak hanya Sabang, Berikut xx Tujuan Wisata di Aceh.jpg

Travel

Tak hanya Sabang, Berikut 5 Tujuan Wisata di Aceh

29 Juni 2022

Share

Ada dua hal yang melekat pada Provinsi Aceh yaitu Bumi Serambi Mekah dan Sabang sebagai titik paling barat Indonesia. Provinsi Aceh sendiri sebenarnya memiliki banyak potensi wisata lho! Beragam destinasi wisata ada di Aceh, mulai dari wisata religi hingga wisata alam dengan keindahan laut dan gunungnya.

 

Jadi, tak hanya Sabang yang bisa Anda sambangi. Berikut 7 kota dan kabupaten tujuan wisata di Aceh rekomendasi TRAC.

 

 

Kota Sabang, cerita dari ujung barat

Kota Sabang berada di Pulau We, pulau kecil di barat laut Pulau Sumatera. Untuk mencapai Kota Sabang, Anda harus menyebrang dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan atau menggunakan moda transportasi udara. Selain tentunya tugu 0 kilometer, Sabang memiliki banyak destinasi bahari seperti; Pantai Iboih Pantai, Pantai Anoi Itam, Pantai Sumur Tiga. Untuk Anda yang senang menyelam Pulau Rubiah dan Sirui Hydrothermal tentu tak boleh dilewatkan. 

 

 

Merangkai Sejarah di Banda Aceh

Nuansa kebudayaan yang islami amat terasa di ibu kota provinsi Aceh ini. Masjid Raya Baiturrahman dan Museum Tsunami seolah menjadi ikon, baik di masa lampau maupun masa kini menggambarkan keteguhan kota ini. Mengenang tragedi tsunami Aceh 2004 silam, Anda juga dapat berkunjung ke Monumen Kapal di Atas Rumah dan Monumen PLTD Apung yang telah disulap menjadi museum. Manjakan juga lidah Anda dengan ajian khas seperti Sate Matang dan Ayam Pramugari.

 

 

Menikmati dataran tinggi Takengon di Aceh Tengah

Aceh tengah terkenal dengan kawasan Takengon, yang juga menjadi pusat pemerintahan kabupaten ini. Jangan tinggalkan jaket dan syal Anda, karena suhu di ketinggian 1.200 mdpl tentu bisa saja menusuk tulang. Selain dataran tinggi, di sini Anda juga bisa menikmati keindahan Danau Laut Air Tawar. Saking luasnya, danau ini bahkan memiliki “pantai” lho, seperti Pantai Menye dengan dermaga unik yang cocok untuk berfoto bersama 

 

 

Terpukau keindahan Pulau Banyak di Aceh Singkil

Sesuai namanya kepulauan ini memiliki puluhan pulau, belasan diantaranya dapat Anda sambangi. Langit biru, pasir putih bertemu air laut hijau kebiruan adalah pemandangan yang umum Anda dapatkan di sana. Ragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana antara lain; berenang, snorkeling, surfing, island hopping dan tentunya menikmati indahnya matahari terbenam dan terbit dari tepi pantai. Karena keindahannya, pulau ini seolah menjadi ikon baru wisata di Aceh.

 

 

Menyapa alam di Taman Nasional Gunung Leuser, Gayo Lues

Taman Nasional ini sebenarnya meliputi 10 kota/kabupaten di 2 provinsi dan dikenal dengan keanekaragaman hayatinya. Kawasan Kedah yang berada Desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blangjerang, Kabupaten Gayo Lues menjadi salah satu pintu masuk untuk eksplorasi TNGL baik sekadar trekking maupun mendaki. Meski masuk ke kawasan Aceh, namun biasanya TNGL lebih sering dijangkau dengan perjalanan dari Kota Medan.

 

 

Hamparan bakau dari pesisir di Kota Langsa

Jika dibandingkan dengan kota atau kabupaten lain, bisa dibilang Kota Langsa cukup “underrated” apalagi kota ini masih terbilang muda, meski begitu pesona nya tak kalah dengan kota dan kabupaten lain yang lebih dahulu ada. Hutan Mangrove Langsa menjadi salah satu destinasi utama di sini. Dari Tower Mangrove Forest Park Langsa Anda bisa menikmati pemandangan hamparan bakau yang disambut perairan Selat Malaka. Oh iya, menara ini baru saja diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada April 2022 silam. 

 

 

Desa Wisata Bertema Kebencanaan di Gampong Nusa, Aceh Besar

Memiliki latar sejarah yang berkaitan dengan bencana Tsunami tahun 2004 lalu, Gampong Nusa atau Desa Wisata Nisa menjadi desa pertama yang dikembangkan sebagai desa wisata edukasi pemahaman kebencanaan. Perkaya pengalaman Anda dengan membuat Kue Timphan Asoe Kaya dalam kelas memasak yang diselenggarakan masyarakat setempat juga mencicipi hidangan khas seperti keumamah, sawi laot, kuah beulangong, udeung tumeh yang sebaiknya Anda pesan beberapa hari sebelum kedatangan.

 

Selain 7 rekomendasi di atas, sebenarnya hampir seluruh penjuru Aceh memiliki destinasi wisata yang layak Anda sambangi. Demi kenyamanan Anda bertualang di Bumi Serambi Mekah ini, sebaiknya Anda menggunakan opsi sewa mobil dari layanan rental yang aman dan terpercaya. TRAC dengan setia mendukung segala kegiatan Anda selama bertualang di Aceh. Hubungi segera Kantor Cabang TRAC terdekat di kota Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik atau menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 maupun mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id


Download juga aplikasi TRACtoGo yang menawarkan kemudahan pemesanan sewa bus maupun rental mobil langsung dari genggaman. Unduh aplikasi TRACtoGO melalui Google Playstore maupun di Apple App Store sesuai perangkat yang Anda gunakan dan dapatkan promo menarik di dalamnya.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp