• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Traveling ke Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke Cagar Alam Sibolangit

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-182-08.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-182-08.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-182-08.jpg

Travel

Traveling ke Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke Cagar Alam Sibolangit

29 April 2021

Share

(Danau Toba/ dok. iStockphoto)

 

Danau Toba bukan satu-satunya destinasi wisata yang menarik untuk disambangi jika Anda berkunjung ke Sumatera Utara. Di wilayah pantai timur, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang, terdapat satu destinasi yang tak kalah ciamik yaitu Cagar Alam Sibolangit, atau disebut pula Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit.

 

Sebelum menjadi destinasi agrowisata, TWA Sibolangit yang didirikan pada tahun 1914 ini merupakan lokasi konservasi alam bernama Taman Hutan Raya Sibolangit. Perubahan status menjadi TWA berlaku sejak tahun 1938, dan hingga kini lokasi tersebut memiliki beragam fasilitas penunjang aktivitas pengunjung. Berikut adalah kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan jika mengunjungi TWA Sibolangit.

 

 

1. Menikmati alam yang asri dengan kesegaran udara Deli Serdang

(Ilustrasi/ dok. iStockphoto)

Sebagaimana namanya, daya pikat utama TWA Sibolangit adalah alamnya yang masih asri dan terjaga dengan kesegaran udara Deli Serdang yang khas. Selain itu, sebagai kawasan serapan air hujan, TWA Sibolangit ditumbuhi beragam flora yang akan menyemarakkan pengalaman menjelajah di kawasan seluas 85 hektare.

 

Waktu terbaik untuk menikmati alam di TWA Sibolangit bisa dibilang setiap waktu, bahkan di tengah hari nan terik sekalipun. Sebab, pepohonan di TWA Sibolangit cukup rindang. Beberapa  di antaranya bahkan menjulang dengan kanopi yang didiami berbagai hewan, sehingga kesejukan senantiasa Anda rasakan sekalipun matahari sedang terik-teriknya.

 

2. Edukasi konservasi lingkungan

(Ilustrasi bunga bangkai/ dok. iStockphoto)

 

Pengalaman menikmati setiap detail yang ada di TWA Sibolangit akan kurang lengkap jika Anda tidak mengikuti edukasi konservasi lingkungan, seperti mempelajari flora yang ada, termasuk bunga bangkai yang merupakan tumbuhan endemik pulau Sumatera. 

 

Jika Anda datang berkunjung bersama keluarga, kegiatan edukasi konservasi lingkungan di TWA Sibolangit ini tentu tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, langkah pertama dalam kegiatan ini adalah mengenali alam, dimulai dari pengenalan nama dan jenis tanaman, tumbuhan dan pohon. Anda juga bisa bertanya-tanya lebih lanjut kepada pemandu. Menarik untuk mengedukasi anak-anak, bukan?

 

 

3. Konservasi satwa liar

(Trenggiling/ dok. iStockphoto)

 

Tak hanya punya koleksi flora yang beragam, TWA Sibolangit juga memiliki beberapa satwa liar nan eksotis. Beberapa di antaranya seperti kukang, kera, kucing kuwuk hingga trenggiling yang diketahui terancam punah lantaran maraknya perburuan dan perdagangan ilegal. 

 

Selain dengan mengikuti kegiatan konservasi, kemungkinan Anda bertemu beberapa dari satwa liar di atas cukup besar, karena mereka juga sering didapati berkeliaran di habitat aslinya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menjaga sikap, seperti dengan tidak merusak apapun dan tidak meninggalkan sampah apapun.

 

 

4. Mengamati burung rangkong

(Ilustrasi satwa liar/ dok. iStockphoto)

Satwa liar dilindungi lainnya yang bisa Anda dapati hilir mudik di TWA Sibolangit adalah burung rangkong. Burung dengan paruh berbentuk tanduk sapi ini merupakan salah satu dari 13 jenis burung enggang yang ada di Indonesia. 

 

Meski merupakan hewan liar, burung rangkong di TWA Sibolangit cukup ramah terhadap pengunjung. Namun, yang harus diperhatikan adalah Anda tidak boleh sembarangan memberi  mereka makan atau memegangnya tanpa izin dari petugas yang memandu.

 

5. Forest healing

(Ilustrasi hutan/ dok. iStockphoto)

 

Jalan-jalan menelusuri hutan untuk tujuan menenangkan diri atau populer disebut forest healing juga bisa Anda lakukan di TWA Sibolangit. Kegiatan semacam ini bukan sekadar penjelajahan semata, tetapi juga melibatkan aktivitas meditasi.

 

Beberapa jurnal penelitian menyebut kalau tegakan pohon, ekosistem hutan, dan alam terbuka yang menjadi elemen forest healing, dipercaya dapat menyembuhkan kesehatan fisik dan mental serta menenangkan manusia.

 

Itu dia lima kegiatan yang bisa Anda lakukan di TWA Sibolangit. Sebagai catatan, selama masa pandemi Covid-19, destinasi agrowisata yang berjarak sekitar 38 kilometer dari Kota Medan ini menerapkan berbagai protokol, seperti wajib masker, mencuci tangan, jaga jarak, hingga pengukuran suhu.

 

 

Demi terus mencegah penyebaran virus Covid-19, layanan sewa mobil dari TRAC yang bisa Anda manfaatkan untuk menuju TWA Sibolangit juga menerapkan protokol ketat bernama SMART PROTOCOL, meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Selain aman, TRAC juga mengedepankan kenyamanan. Anda bisa menyewa ragam jenis kendaraan sesuai kebutuhan, seperti sewa mobil secara lepas kunci atau dengan pengemudi bersertifikat defensive driving, sepeda motor, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dengan rombongan.  

 

 

Tak hanya itu, dengan TRAC Anda bisa merencanakan perjalanan dan memesan layanan semudah menggerakkan jari,  melalui aplikasi TRAC To Go yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Dengan TRAC To Go yang memiliki beragam fitur unggulan, Anda bisa menemukan dan memesan moda transportasi pilihan dengan semakin mudah, aman serta nyaman, kapan pun dan di mana pun. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp