Tumpeng Menoreh, Nongkrong Asik Menikmati Bukit di Kulon Progo
Tumpeng Menoreh, Nongkrong Asik Menikmati Bukit di Kulon Progo
Tumpeng Menoreh, Nongkrong Asik Menikmati Bukit di Kulon Progo

Travel

Tumpeng Menoreh, Nongkrong Asik Menikmati Bukit di Kulon Progo

09 Agustus 2023

Share

Yogyakarta menghadirkan satu lagi destinasi wisata unik yang wajib masuk dalam bucket list, Tumpeng Menoreh namanya. Sebuah restoran yang dirancang dalam bentuk heksagonal dan memiliki filosofi  yang mencerminkan tumpeng tradisional. Restoran ini dibuka pada bulan Mei 2021 oleh Erix Soekamti, vokalis band rock Endank Soekamti. 

 

Berdiri di puncak bukit di Desa Ngargoretno, destinasi ini tak hanya menyajikan hidangan kuliner lezat. Disini Sobat TRAC bisa menikmati pemandangan Perbukitan Menoreh dan gunung-gunung ikonik di pulau Jawa, seperti Gunung Merapi, Merbabu, serta Sindoro-Sumbing.

 

Kunjungan ke Tumpeng Menoreh akan semakin seru dengan fasilitas unik nan modern, termasuk lift setinggi 100 meter yang membawa sobat ke Tumpeng Ayu yang berada di tengah perkebunan teh.

 

Jangan lewatkan perpaduan memikat antara keindahan alam dan fasilitas bergaya kontemporer yang menjadi pengalaman sempurna bagi siapa pun yang mengunjungi Yogyakarta.

 

 

 

Sobat TRAC yang ingin datang kesini, berikut beberapa informasi penting yang perlu diketahui. 

 

5 Hal Tentang Tumpeng Menoreh

 

Cara Menuju Lokasi

 

Jika sobat ingin berkunjung, disarankan untuk mengambil rute dari Yogyakarta ketimbang Magelang. Sebab, akses jalan melalui Yogyakarta lebih luas, mulus, dan beraspal dengan baik. Sedangkan rute Magelang cukup ekstrim dan menantang.

 

Pemilik Tumpeng Menoreh, Erix Soekamti, merekomendasikan rute Yogyakarta ini untuk perjalanan yang lebih aman dan nyaman. Jadi pastikan kendaraan sobat dalam kondisi baik, karena rute yang akan dilewati akan cukup menantang.

 

Harga Tiket Tumpeng Menoreh

 

Untuk menikmati keindahan di Tumpeng Menoreh, Sobat TRAC mesti membeli tiket seharga Rp 50 ribu per orang. Tiket masuk tersebut sudah termasuk voucher makanan dan minuman senilai Rp 25 ribu.

 

 

 

Waktu Terbaik untuk Berkunjung 

 

Tumpeng Menoreh sebenarnya bisa dikunjungi sepanjang tahun namun, pertimbangkan untuk mengunjungi tempat ini antara bulan Juli dan Oktober atau saat musim kemarau.

 

Meski cuaca memang tak bisa diprediksi namun tak ada salahnya untuk bersiap-siap kan? Oh iya, siapkan juga pakaian hangat atau jaket, karena berada di ketinggian 950 meter, suhu di Tumpeng Menoreh cukup dingin.

 

Menu dan Fasilitas Khusus Tumpeng Menoreh 

 

Berada di lereng Bukit Menoreh, resto ini menawarkan menu seperti ayam wijen madu dan garang asem yang mencerminkan budaya lokal dengan hidangan yang disiapkan oleh penduduk setempat.

 

Tempat ini lebih dari sekadar restoran yang menyajikan makanan lezat. Tapi juga dikelola oleh BUMDes dan mendapatkan suplai produk dari usaha kecil lokal. 

 

Jangan lupakan fasilitas khusus yang tersedia, termasuk lift yang memudahkan lansia dan ibu hamil untuk ikut dalam kunjungan yang tak terlupakan ini.

 

 

 

Perjalanan mungkin agak ekstrem, tetapi para pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang menyegarkan mata dan hidangan yang tentu menggugah selera.

 

Tempat Wisata Terdekat 

 

Tumpeng Menoreh dikelilingi oleh beberapa tujuan wisata menarik yang bisa sobat sambangi sebelum atau setelah berkunjung ke tempat ini.

 

Salah satunya tentu saja Candi Borobudur, yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada juga Bukit Menoreh yang indah, juga pasar tradisional dan desa-desa yang memberikan gambaran nyata kehidupan berbalut budaya Jawa yang otentik.

 

Sobat TRAC dapat menambah destinasi kunjungan dengan menjelajahi tempat-tempat ini dan larut dalam sejarah, alam sekaligus kehidupan berbalut nilai tradisi yang tak lekang waktu.

 

Mengunjungi Tumpeng Menoreh dengan Rental Mobil Yogyakarta

 

Mengunjungi Tumpeng Menoreh bisa jadi tantangan tersendiri lantaran medan yang akan dilalui. Sobat TRAC tentu memerlukan pengemudi yang profesional dan berpengalaman, terutama saat musim liburan. Sebab, banyak kendaraan yang melintas di jalan yang cukup sempit dan tentu menjadi tantangan tersendiri.

 

 

 

Rental mobil Yogyakarta mungkin bisa menjadi tertimbangan untuk menyambangi tempat ini sekaligus destinasi lain di sekitarnya. Bahkan dengan layanan rental mobil Yogyakarta bisa memungkinkan sobat menjelajahi berbagai titik di Yogyakarta, dan kota-kota terdekat seperti Solo dalam satu perjalanan.

 

Layanan rental mobil Yogyakarta dari TRAC muncul sebagai opsi paling ideal bagi sobat yang mencari fleksibilitas namun tetap memegang kendali atas perjalanan menyenangkan ini.

 

Sobat TRAC bisa rental mobil mulai dari 4 jam saja hingga berhari-hari sesuai dengan kebutuhan. Sobat TRAC juga bisa memilih berbagai jenis kendaraan seperti city car, MPV, SUV hingga sedan mewah.

 

Dengan layanan rental mobil dengan pengemudi, perjalanan sobat akan didampingi oleh pengemudi yang profesional dan berpengalaman. Seluruh pengemudi TRAC telah dilatih secara khusus dan dibekali sertifikat defensive driving untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama di jalan.

 

Pemesanan layanan rental mobil dari TRAC juga sangat mudah. Sobat TRAC bisa melakukannya lewat aplikasi TRACtoGo dapat diunduh melalui Google Playstore dan Apple App Store.

 

Selain itu, TRAC juga menawarkan banyak penawaran menarik yang dapat menghemat banyak biaya. Informasi terkait promo bisa sobat dapatkan langsung aplikasi TRACtoGo atau saluran media sosial resmi TRAC di  instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra.

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp