Wajib Mampir, Rest Area Unik di Sepanjang Tol Trans Jawa
Wajib Mampir, Rest Area Unik di Sepanjang Tol Trans Jawa
Wajib Mampir, Rest Area Unik di Sepanjang Tol Trans Jawa

Travel

Wajib Mampir, Rest Area Unik di Sepanjang Tol Trans Jawa

17 April 2023

Share

Saat ini, tempat istirahat dan pelayanan (TIP) alias rest area di jalan tol tak sekadar menjadi tempat persinggahan untuk sejenak melemaskan otot setelah berkendara jauh.

 

Beberapa rest area seperti yang terdapat di sepanjang jalan tol Trans Jawa bahkan telah di desain apik dan dilengkapi dengan berbagai tenant jajanan kekinian sehingga juga memiliki unsur wisata.

 

Jalan tol trans Jawa sendiri saat ini menjadi jaringan jalan tol terpanjang yang membentang sepanjang ±1.167 km. Sejak diresmikan pada 2018 lalu, jalan tol ini menjadi jalur idola para pemudik di Pulau Jawa untuk menuju ke kampung halaman dan sebaliknya. 

 

Nah, jika Sobat TRAC salah satu pemudik yang akan menggunakan Jalan Tol Trans Jawa, maka wajib untuk menyambangi beberapa rest area unik di bawah ini agar perjalanan mudik lebaran semakin berkesan.

 

 

 

7 Rest Area Unik di Tol Trans Jawa

 

Rest Area KM 57 A Jakarta-Cikampek

 

Rest area ini telah menjadi salah satu rest area favorit para pemudik sejak lama. Tak hanya para pemudik yang melanjutkan perjalanannya ke Jalan Tol Trans Jawa, rest area ini seringkali juga menjadi lokasi singgah perjalan yang mengarah ke tol Jakarta-Bandung.

 

Tenant di rest area ini terbilang hampir seperti mall lho, bahkan waralaba sandwich yang antriannya sempat mengular pun bisa Sobat TRAC temukan di sini.

 

Rest Area kembar KM 456 Tol Semarang-Solo

 

Sesuai sebutannya, rest area ini terdiri dari dua rest area di masing-masing tepi jalan KM 456 A dan KM 456 B yang dihubungkan oleh jembatan (sky bridge) sehingga seolah menjadi kembar. Karena bentuknya yang seperti pendopo, rest area ini juga dikenal dengan rest area pendopo. 

 

Rest Area Bale Nglaras KM 487 Tol Semarang-Solo

 

Berlokasi di kawasan Kabupaten Boyolali, kedatangan Sobat TRAC di sini akan disambut oleh patung sapi. Maklum saja, Boyolali dikenal sebagai kota penghasil susu sapi di Jawa Tengah.

 

 

 

Di sini terdapat area rooftop buat pemudik yang ingin beristirahat sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi barat, serta Gunung Lawu di sisi Timur. Ciamik!

 

Oh iya, rest area Bale Ngaras terdapat pada KM 487 A maupun KM 487 B namun berbeda dari rest area pendopo, bale ngaras tidak dihubungkan dengan jembatan.

 

Rest Area KM 575 B Tol Ngawi-Sragen

 

Rest area ini digadang memiliki desain dan pemandangan mirip dengan luar negeri. Bangunan kaca berbentuk segitiga akan mengingatkan Anda dengan museum Louvre di Paris.

 

Rest area ini berada di dataran tinggi, tepatnya di kaki Gunung Lawu. Untuk pemandangan terbaik datang lah di pagi dan maupun sore hari saat hari sedang cerah. 

 

Rest Area KM 360 B Semarang-Batang

 

Tempat istirahat ini memiliki segudang fasilitas bahkan telah resmi menyandang status rest area dengan fasilitas terbanyak versi Museum Rekor Indonesia (MURI).

 

Rest area ini menempati lahan sebesar 7,6 hektare dan memiliki 51 fasilitas mulai dari berbagai gerai UMKM, resto berkonsep kebun, playground dan mini zoo yang disukai anak-anak dan tak lupa area parkir yang yang bisa menampung 256 kendaraan kecil dan 100 kendaraan besar.

 

 

 

Tak hanya itu, karena tempat ini mengusung tema ramah lingkungan maka tempat ini juga dilengkapi dengan pengolahan sampah organik dan non organik.

 

Rest Area Banjaratnama KM 260 B Tol Pejagan - Pemalang

 

Berbicara rest area di Tol Trans Jawa tentu tak boleh melupakan tempat istirahat yang satu ini. Bangunan bekas pabrik gula menjadi ciri khas dengan ornamen “reruntuhan” dinding bata.

 

Jangan lewatkan untuk membaca sejarah pabrik gula hingga menjadi rest area yang dipasang di salah satu dindingnya. Disebut rest area heritage, kompleks pabrik gula yang berdiri di lahan seluas 10,5 hektar ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

 

Siapkan kamera ponsel, karena ada banyak spot instagramable yang bisa menjadi latar berfoto.

 

Rest Area KM 88 B Purbaleunyi

 

Sebenarnya rest area ini tak berada dalam koridor utama Jalan Tol Trans Jawa namun bisa menjadi opsi tempat istirahat bari mereka yang melakukan perjalanan dari arah Cileunyi dan Bandung saat menuju Cikampek.

 

Masjid Al Safar yang berbentuk layaknya lipatan kertas origami menjadi salah satu daya tarik rest area ini, tentunya selain fasilitas istirahat yang lengkap.

 

 

 

Mudik Lebaran Dengan Sewa Bus dan Rental Mobil TRAC

 

Selain 7 rest area di atas sebenarnya masih banyak rest area yang bisa Sobat TRAC kunjungi di sepanjang tol Trans Jawa. Jadi saat terasa lelah di perjalanan, sebaiknya segera beristirahat di rest area terdekat.

 

Sobat TRAC yang berencana untuk mudik bersama keluarga besar, coba lah menggunakan layanan sewa bus dari TRAC alih-alih melakukan perjalanan dengan beberapa kendaraan sekaligus. 

 

Bus yang nyaman ditambah dengan area privat khusus untuk rombongan, tentu akan membuat perjalanan kali ini lebih menyenangkan. Sobat TRAC bisa menggelar permainan seru dan berkaraoke bersama sepanjang jalan.

 

Selain itu menggunakan sewa bus juga bisa mengurangi risiko jika harus melakukan iring-iringan. Layanan sewa bus dari TRAC  menawarkan berbagai kapasitas mulai dari belasan penumpang hingga bus besar berkapasitas hingga 59 orang.

 

Untuk rombongan dengan jumlah yang lebih kecil, Sobat TRAC bisa memilih layanan rental mobil lepas kunci maupun rental mobil dengan pengemudi.

 

Pilihan armadanya pun tak kalah bervariasi, mulai dari MPV yang cocok untuk keluarga maupun SUV yang terlihat gagah.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store.

 

Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp