13 Wisata Gombong, Hidden Gem Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi.jpg
13 Wisata Gombong, Hidden Gem Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi.jpg
13 Wisata Gombong, Hidden Gem Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi.jpg

Travel

Wisata Gombong, Hidden Gem Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

22 Februari 2023

Share

Gombong mungkin masih cukup asing buat Sobat TRAC yang jarang berkunjung ke Jawa Tengah. Wajar saja, sebuah kecamatan di kabupaten Kebumen ini memang tidak sebesar dan setenar Yogyakarta ataupun Semarang yang notabene punya banyak destinasi wisata menarik.

 

Namun, bak permata yang tersembunyi, Gombong ternyata punya beragam destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari kota besar lainnya di Jawa tengah. Mulai dari keindahan pantai yang mempesona, Goa bersejarah, hingga bangunan peninggalan Belanda.

 

Biar Sobat TRAC tidak makin penasaran, berikut beberapa destinasi wisata di Gombong yang wajib dikunjungi saat bertandang ke salah satu daerah penghasil gula terbesar di Jawa Tengah ini.

 

 

 

5 Destinasi Menarik Di Gombong Yang Bisa Disambangi Saat Ke Jawa Tengah

 

Benteng Van der Wijck

 

Terletak di Jalan Sapta Marga No. 100, Sidayu, Gombong, Benteng Van der Wijck dibuat pada masa pemerintahan Belanda tahun 1818.

 

Bangunan berbentuk segi delapan yang punya 16 ruangan ini, sekarang dimanfaatkan oleh pemerintah daerah sebagai area bermain.

 

Bahkan beberapa tahun lalu, Benteng Van der Wijck pernah menjadi lokasi syuting. Seperti film The Raid 2 yang dibintangi Iko Uwais, serta video klip band Slank untuk lagu berjudul 'Punya Cinta'.

 

 

 

Tertarik mengunjungi bangunan bersejarah ini? Sobat TRAC hanya perlu membayar Rp 25 ribu aja lho.

 

Uniknya lagi, tersedia kereta mini tepat di atas bangunan benteng berwarna merah tersebut. Sobat TRAC bisa menaikinya sebagai salah satu wahana yang menyenangkan. Asik banget kan?

 

Waduk Sempor

 

Sejatinya waduk ini berfungsi sebagai irigasi untuk ribuan hektar sawah di wilayah Gombong. Namun, selain fungsinya tadi, waduk yang berjarak 8 km di sebelah utara Gombong ini menyimpan potensi besar sebagai obyek wisata.

 

Daya tarik utama waduk sempor adalah keindahan alamnya yang mempesona. Waduk seluas puluhan hektar ini, nampak cantik karena dipagari oleh perbukitan.

 

 

 

Waduk Sempor punya beberapa fasilitas wisata. Sebagai rekomendasi, Sobat TRAC bisa mengarungi waduk dengan perahu motor. Biayanya pun murah, Sobat TRAC hanya perlu membayar Rp 10 ribu.

 

Atau bisa juga menyewa satu perahu berkapasitas 10 orang seharga Rp 100 ribu. Sobat TRAC bisa berkeliling waduk sambil menikmati keindahan sekitarnya selama 30 menit.

 

Roemah Martha Tilaar

 

Roemah Martha Tilaar merupakan bangunan lama dengan arsitektur neoklasik Eropa. Tempat wisata yang menyimpan banyak kenangan tentang Martha Tilaar semasa kecil ini, bisa Sobat TRAC jumpai di Jalan Sempor Lama Nomor 28, Wonokriyo, Gombong.

 

Menjelajahi bangunan ini seperti masuk ke lorong waktu kehidupan Martha Tilaar. Di sudut kiri dari teras bangunan utama, Sobat TRAC bisa melihat kamar tidur Martha Tilaar beserta keluarganya dahulu tinggal.

 

 

 

Sementara di bagian dalam rumah utama, Sobat TRAC akan melihat replika barang-barang semasa Martha Tilaar tinggal.

 

Untuk bisa berkeliling di rumah yang dibangun pada tahun 1920 tersebut, Sobat TRAC hanya perlu membayar Rp 15 ribu aja. Harga yang sangat terjangkau kan? 

 

Goa Jatijajar

 

Goa Jatijajar merupakan situs geologi yang terbentuk dari proses alami. Goa ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Gombong, Goa yang terbentuk dari batuan kapur ini punya panjang yang tak kurang dari 200 meter persegi.

 

Menurut sejarah, goa jatijajar pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang tak sengaja jatuh ke lubang saat tengah mencari rumput. Tak disangka, lubang tempat jatuh si petani ternyata langit-langit Goa.

 

 

 

Konon, goa ini pernah menjadi tempat bersemedi Raden Kamandaka. Kisah ini pun kemudian hari dikenal sebagai legenda Lutung Kasarung. Di dalam Goa bahkan terdapat diorama yang menggambarkan legenda tersebut.

 

Untuk berjelajah di “perut bumi” ini, Sobat TRAC hanya perlu merogoh kocek Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu aja. Tertarik? Jangan lupa mampir saat melipir ke Gombong ya.

 

Pantai Menganti

 

Belum lengkap rasanya wisata ke kota Gombong jika belum mampir ke pantai yang bisa dibilang “New Zealand”nya Indonesia ini.

 

Bagaimana tidak, pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini punya panorama eksotis yang mungkin akan sulit dijumpai di pantai lain di Indonesia.

 

 

 

Berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Gombong, pantai cantik dengan pasir putih yang berpadu dengan hamparan laut biru ini punya tebing raksasa di sisi baratnya. Orang-orang biasa menyebutnya Tebing Bidadari.

 

Di sana, mata Sobat TRAC akan semakin dimanjakan oleh indahnya pahatan alam berupa 4 curug dengan ketinggian lebih dari 30 meter.

 

Sobat TRAC juga bisa melihat keindahan pantai dari ketinggian melalui puncak mercusuar yang tingginya mencapai 20 meter.

 

Tempat ini adalah spot terbaik untuk menikmati sunset ataupun sunrise. Suasana akan kian syahdu dan indah kala banyak burung yang beterbangan, menghiasi langit yang bertransisi warna kemerahan.

 

 

 

Jelajahi Wisata Gombong Dengan Rental Mobil Yogyakarta

 

Itulah 5 destinasi wisata yang wajib Sobat TRAC kunjungi saat mampir ke kota Gombong. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi lain yang tak kalah menarik. Seperti Pantai Logending, Pantai Jetis, Pantai Karangbolong, Pantai Suwuk, Goa Petruk, hingga Klenteng Hok Tek Bio.

 

Untuk bisa sampai ke Gombong, aksesnya cukup mudah. Sobat TRAC bisa menggunakan kereta api, atau pesawat dan transit di kota Yogyakarta.

 

Dari Yogyakarta, Sobat TRAC bisa manfaatkan layanan rental mobil Yogyakarta baik untuk rental mobil lepas kunci maupun rental mobil dengan pengemudi.

 

 

 

Sebagai rekomendasi, sebaiknya pilih layanan rental mobil dengan pengemudi agar perjalanan menjelajahi Gombong menjadi lebih aman dan nyaman.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp