Wisata Karimunjawa : Lokasi dan Destinasi yang Wajib Dikunjungi
Wisata Karimunjawa : Lokasi dan Destinasi yang Wajib Dikunjungi
Wisata Karimunjawa : Lokasi dan Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Travel

Wisata Karimunjawa : Lokasi dan Destinasi yang Wajib Dikunjungi

13 September 2023

Share

Apa yang terlintas di benak Sobat TRAC saat mendengar nama Karimunjawa? Yang terbayangkan tentu keindahan pantai putih bersih dengan birunya air laut.

 

Ya, Wisata bahari memang menjadi andalan di pulau yang masuk dalam teritori Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini.

 

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau dengan total luas perairan mencapai 110.000 hektar. Pulau terbesarnya tentu tentu saja Pulau Karimunjawa. Disinilah biasanya para wisatawan akan bermalam setelah menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar.

 

Penasaran, spot mana saja yang jadi ‘jagoan’ di destinasi ini? Simak informasi selengkapnya khusus buat Sobat TRAC.

 

 

 

7 Destinasi Terbaik di Karimunjawa

 

Taman Laut

 

Belum ke Karimunjawa jika tidak menikmati keindahan laut dan isinya. Sobat bisa menyewa perahu dari masyarakat lokal untuk menyambangi pulau-pulau disekitarnya. Seperti Pulau Karimunjawa seperti Pulau Cemara kecil, Pulau Menjangan Kecil dan beberapa pantai pasir putih yang cocok jadi lokasi snorkeling.

 

Pantai Tanjung Gelam, lokasi favorit menikmati sunset

 

Spot yang satu ini menjadi favorit wisatawan untuk menikmati senja setelah melakukan island hopping. Keindahan di pantai tanjung gelam, berpadu dengan syahdunya matahari terbenam akan memberikan sobat jeda dari segala rutinitas yang menghantam.

 

Oh iya, di kawasan ini juga sebenarnya terdapat tiga pantai sekaligus, yakni Pantai Tanjung Gelam, Sunset Beach, dan Pantai Batu Topeng.

 

 

 

Mengejar matahari terbit di Pantai Pancuran

 

Pastikan bangun pagi-pagi sekali untuk menikmati sunrise di tempat ini. Jangan lupa bawa kamera, sob untuk mengabadikan detik-detik sang surya kembali menyapa dari balik lautan. Saat sudah terang, sobat juga bisa berswafoto di beberapa titik yang sudah disediakan. Salah satunya di Pancuran Bridge.

 

Berburu foto cantik di Pantai Legon Lele

 

Bangkai kapal kayu tua yang karam di sekitar pantai tentu dapat menjadi background foto yang cukup langka. Air laut yang tenang dan hamparan pasir juga bisa menjadi spot berfoto bersama rombongan.

 

Dusun Legon Lele sendiri hanya dihuni oleh satu keluarga saja. Dusun ini ditinggal penghuninya di akhir 1990-an dan hingga awal 2000-an lantaran saat itu kondisi jalan dan infrastruktur yang tak memadai.

 

Pantai Anora si surga tersembunyi

 

Pantai yang satu ini cocok bagi sobat yang menyukai ketenangan. Lokasinya bisa dibilang cukup jauh dari alun-alun Karimunjawa. Sobat TRAC harus mengitari perbukitan sekitar 30 menit perjalanan.

 

 

 

Disana terdapat dua pantai, yaitu Pantai Anora dan pantai Alano yang dibatasi oleh Bukit Annora. Luangkan waktu untuk melakukan perjalanan ke atas bukit. Dijamin sobat akan dibuat kagum dengan keindahan yang tersaji.

 

Trekking Mangrove Desa Kemujan

 

Pemandangan tepian pantai memang tak pernah membosankan, namun tak ada salahnya manjakan mata dengan hijaunya hutan bakau di Desa Kemujan.

 

Hutan mangrove di Karimunjawa ini memiliki luas hingga 10,5 kilometer persegi. Bagi Sobat TRAC yang ingin trekking, bisa menyusuri hutan Mangrove melalui jalur dari papan kayu sepanjang 2 km.

 

Destinasi ini buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, dengan harga tiket yang tentunya cukup terjangkau.

 

Bukit Love jadi bukti kunjungan ke Karimunjawa

 

Abadikan kunjungan sobat ke Karimunjawa dengan berfoto di destinasi ikonik satu ini. Sobat TRAC wajib berfoto di depan tulisan ‘Karimunjawa’ sebagai bukti pernah berkunjung dan menikmati indahnya kepulauan ini.

 

 

 

Disana, sobat bisa menikmati keindahan Karimunjawa dari ketinggian, yang membuatnya terasa makin mempesona dalam sekali pandang.

 

Untuk menjangkau Kepulauan Karimunjawa, sobat harus menggunakan angkutan kapal dari Pelabuhan Kartini di Kabupaten Jepara. Sobat TRAC dapat memilih kapal cepat atau kapal ferry yang lebih ekonomis. Jangan lupa perhatikan jadwal masing-masing kapal ya, karena ada hari di mana kapal tidak beroperasi.

 

Pelabuhan Kartini berjarak 88 kilometer dari kota Semarang atau memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Demi kenyamanan menuju pelabuhan penyeberangan, sobat bisa gunakan layanan rental mobil Semarang dari TRAC.

 

Agar bisa sekaligus melakukan road trip menuju Jepara dari kota asal lho, apalagi jika memiliki banyak waktu luang untuk menikmati perjalanan. 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp