• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Wisata keluarga di Semarang dan Sekitarnya, Cocok Untuk Berbagai Kalangan

Wisata keluarga di Semarang dan Sekitarnya, Cocok Untuk Berbagai Kalangan
Wisata keluarga di Semarang dan Sekitarnya, Cocok Untuk Berbagai Kalangan
Wisata keluarga di Semarang dan Sekitarnya, Cocok Untuk Berbagai Kalangan

Travel

Wisata keluarga di Semarang dan Sekitarnya, Cocok Untuk Berbagai Kalangan

18 September 2023

Share

Sobat TRAC pasti sudah cukup mengenal beberapa destinasi unggulan di Semarang seperti Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong maupun Pagoda Avalokitesvara. Nah, kali ini TRAC akan mengajak sobat bertandang ke beberapa destinasi keluarga di Semarang dan sekitarnya. Yang pastinya menarik disambangi oleh berbagai generasi.

 

Tak hanya mempertimbangkan pemandangan yang indah atau landmark yang ikonik, mencari destinasi yang cocok untuk keluarga nyatanya memang gampang-gampang susah, ya sob.

 

Di beberapa kota besar memang sudah mulai banyak tempat wisata yang melabeli diri sebagai destinasi family friendly. Namun tak ada salahnya juga melakukan riset mandiri untuk menemukan tempat-tempat lain yang juga cocok untuk semua kalangan.

 

Sobat TRAC yang sedang mencari destinasi ramah keluarga untuk liburan, sebaiknya cek artikel ini sampai selesai ya. TRAC telah merangkum 7 destinasi family friendly yang bisa disambangi saat bertandang ke Semarang. 

 

 

 

7 Rekomendasi Destinasi Keluarga di Semarang dan sekitarnya

 

Puri Maerokoco

 

Jika di Jakarta ada TMII dengan anjungan setiap provinsi, maka di Semarang ada Puri Maerokoco atau yang dikenal juga dengan Grand Maerakaca.

 

Memiliki 35 anjungan yang mewakili setiap kabupaten/kota di Jawa Tengah, destinasi ramah keluarga ini cocok untuk pengunjung dari berbagai generasi. Tak hanya edukatif namun juga memiliki suasana yang asri dan banyak spot untuk foto.

 

Lokasi :  Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang

Jam operasional :  07.00 - 18.00

Harga tiket : Rp20.000, tersedia juga paket kegiatan untuk wisata rombongan 

 

Saloka Theme Park

 

Digadang sebagai taman bermain yang terbesar di kawasan Jawa Tengah, Saloka Theme Park memiliki 5 Zona dengan 25 atraksi dan wahana yang seru. Sobat TRAC yang suka menguji adrenalin maka wahana di Zona Ararya tentu tak boleh dilewatkan.

 

 

 

Sedangkan Zona Kamayayi memiliki banyak permainan yang akan membuat si kecil betah di tempat ini. Mulai September 2023, ada program Saloka at Night setiap akhir pekan yang menyuguhkan pertunjukan cahaya serta sensasi naik 11 wahana di malam hari.

 

Lokasi :  Jl. Fatmawati No.154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah

Jam operasional :  Senin - Kamis 10.00 - 18.00, Jumat 12.00-20.00, Sabtu & Minggu  12.00-20.00

Tiket : Tiket Terusan Rp150.000/ Saloka at Night Rp80.000 (open gate  16.00)

 

Candi Gedong Songo

 

Dari Simpang Lima Kota Semarang, Candi Gedong Songo dapat dijangkau dengan waktu kurang dari 90 menit berkendara sekitar 40 km ke arah selatan.

 

Secara harfiah Gedong Songo artinya sembilan bangunan, namun hanya ada 5 bangunan candi yang bisa Sobat TRAC temukan disini sedangkan 4 lainnya hanya berupa reruntuhan puing. Untuk bisa sampai ke area candi perlu sedikit mendaki, sob.

 

 

 

Tapi ada opsi lain dengan menggunakan kuda tunggang dengan tarif Rp70.000-Rp100.000. Menarik kan?

 

Lokasi :  Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam operasional :  07.00 - 16.00

Tiket : Rp15.000 untuk wisatawan domestik

 

Dusun Semilir

 

Ada banyak atraksi yang bisa dinikmati bersama keluarga di Dusun Semilir mulai dari yang memacu adrenalin, edukatif hingga wisata belanja dan kuliner.

 

Rasakan serunya meluncur dari perosotan raksasa yang berwarna warni atau mengajak si kecil berinteraksi dengan banyak hewan lucu. Ajak juga keluarga untuk menyusuri sungai buatan dengan gondola layaknya di venesia. 

 

Sekedar informasi ya sob, harga tiket masuk belum termasuk wahana-wahana seru yang disebutkan tadi ya.

 

 

 

Jika ingin merasakan seluruh wahana sobat bisa memilih paket hemat dengan rentang harga Rp55.000-Rp65.000 saja. Oh iya, jangan lewatkan juga berbagai spot foto cantik yang cocok dipajang di media sosial Anda.

 

Lokasi :  Jl. Soekarno Hatta 49, Ngemplak, Bawen Kabupaten Semarang

Jam operasional :  09.00 - 18.00 (Senin-Jumat) / 09.00 - 19.00 (Sabtu-Minggu)

Tiket : Rp30.000 (weekdays)/ Rp40.000 (weekend) 

 

Cimory Dairyland On The Valley Bawen

 

Destinasi yang satu ini dikenal dengan produk susu dan turunannya serta telah memiliki cabang di banyak kota.

 

Terdapat tiga bagian berbeda yang bisa sobat kunjungi, yakni restoran yang menyajikan banyak menu lezat, toko oleh-oleh yang berisi produk olahan susu dan UMKM serta tempat wisata yang terdiri dari Dairyland dan Minimania. 

 

Dairyland sendiri merupakan peternakan mini yang edukatif sekaligus menyenangkan bagi anak-anak. Sedangkan Minimania adalah taman mini dunia yang menyajikan berbagai miniatur landmark terkenal di berbagai negara.

 

Tak ada tiket masuk yang harus dibayarkan jika mau bersantap di resto maupun berbelanja di toko. Sobat hanya perlu membeli tiket jika akan bermain di Dairyland maupun minimania. 

 

Lokasi :  Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas,  Kabupaten Semarang

Jam operasional :  09.00-17.00 dan 09.00-19.00 untuk toko dan restoran

Tiket : Rp35.000 untuk paket Dairyland dan Minimania

 

 

 

Taman Bunga Celosia

 

Lokasinya berada tak jauh dari Candi Gedong Songo, tepatnya di kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang. Disini, Sobat TRAC bisa menikmati indahnya taman bunga dan segarnya udara kaki Gunung Ungaran sambil berfoto. Tua dan muda tentu akan menyukai tempat ini.

 

Anggota keluarga yang lebih senior dapat berjalan-jalan di antara taman bunga yang cantik sedangkan generasi terkini dapat juga menikmati berbagai wahana permainan yang ada. Sungguh one stop entertainment yang bisa memanjakan semua generasi.

 

Lokasi :  Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam operasional :  08.00 - 17.00

Tiket : Rp15.000-25.000

 

Museum Kereta Api Ambarawa

 

Satu lagi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat bertandang ke Semarang. Lokasinya mungkin paling jauh diantara tempat wisata lain yang sudah disebutkan, namun pengalaman yang didapatkan pun tak akan terlupakan.

 

Di tempat ini, sobat bisa melihat berbagai koleksi lokomotif dan gerbong-gerbong lawas yang menyimpan sejarah. Sobat bisa datang pagi hari saat akhir pekan agar mendapat kesempatan ikut dalam perjalanan jalur legendaris Ambarawa-Tuntang dengan kereta jadulnya.

 

 

 

Kereta ini hanya beroperasi pada sabtu dan minggu dengan 1-3 kali keberangkatan setiap harinya. Tiketnya pun hanya bisa dibeli langsung di lokasi alias on the spot. Jadi siapa cepat dia dapat!

 

Lokasi :  Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa,  Kabupaten Semarang

Jam operasional :  08.00 - 17.00

Tiket : Rp10.000-Rp20.000 dan Rp100.000 untuk kereta wisata.

 

Sering dikenal sebagai kota transit, ternyata Semarang juga memiliki banyak destinasi wisata yang seru untuk disinggahi, ya sob. Bahkan tak sedikit juga tempat wisata ramah keluarga yang cocok untuk anak-anak hingga orang tua.

 

Jadikan perjalanan dengan keluarga menjadi lebih seru dengan layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC. Dengan menggunakan rental mobil Semarang, sobat bisa leluasa menyambangi banyak tempat di dalam maupun luar kota. 

 

Promo On The Spot : Rental Mobil Free Voucher Diskon 50%

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp