Wisata Muntilan, Jelajah Kota M di Serial Gadis Kretek
Wisata Muntilan, Jelajah Kota M di Serial Gadis Kretek
Wisata Muntilan, Jelajah Kota M di Serial Gadis Kretek

Travel

Wisata Muntilan, Jelajah Kota M di Serial Gadis Kretek

05 Desember 2023

Share

Sobat TRAC siapa nih yang udah selesai nonton Serial Gadis Kretek yang dibintangi Dian Sastro di Netflix? Diangkat dari novel dengan judul sama, romansa antara Dasiyah dan Soeraja mengambil latar Kota M. Berbeda dengan kota lain yang disebut secara utuh, keberadaan Kota M masih meninggalkan misteri bahkan hingga akhir serial.

 

Ratih Kumala, penulis novel Gadis Kretek dalam sebuah kesempatan dengan gamblang menyatakan bahwa Kota M yang dimaksud adalah Muntilan. Desa yang secara administratif masuk dalam Kabupaten Magelang ini, merupakan tempat si penulis menghabiskan masa kecilnya, bahkan telah menaruh beberapa clue di dalam novelnya.

 

Ingin tau lebih jauh tentang Kota M alias Muntilan ini, sob? Berikut beberapa informasi dan destinasi wisata yang menarik buat dikunjungi. Menjelajah keindahan pesona kampung halaman Jeng Yah di serial yang trending beberapa waktu terakhir.

 

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Muntilan 

 

Lokasinya di antara Jogja dan Magelang

 

Lokas Muntilan sangat strategis, berada di antara Yogyakarta dan Magelang. Hanya berjarak 33 km arah utara Kota Yogyakarta dan sekitar 16 Km arah selatan dari pusat keramaian di Magelang. 

 

 

 

Sobat TRAC yang akan berwisata menuju Candi Borobudur dari Yogyakarta biasanya akan melewati wilayah Muntilan. Nggak salahnya kini untuk mampir sejenak untuk mengenal lebih dekat Kota M.

 

Toko Legendaris Nyonya Pang

 

Kalau sobat TRAC membaca Novel Gadis Kretek, Wajik Nyonya Pang dan Nyonya Week terpampang nyata di halaman 241 dan semakin menguatkan bahwa kota M adalah Muntilan. Toko itu telah ada sejak tahun 1912 dan konsisten menjual kudapan hingga jajanan pasar. 

 

Toko legendaris Nyonya Pang Muntilan

 

Beberapa produk andalannya kue mangkok, moho dan miku serta wajik yang telah tersohor. Moho dan Miku merupakan kue khas semacam bakpao dengan isi kacang hijau tanpa isi, namun dibuat mekar.

 

Toko oleh-oleh Nyonya Pang Muntilan

 

Di sini Sobat TRAC juga bisa mendapatkan oleh-oleh lain seperti bakpia, aneka kripik dan pastinya tape ketan khas Muntilan yang namanya juga muncul dalam novel.

 

Mendalami sejarah di Candi Ngawen

 

Candi Buddha ini memiliki ukuran tak terlalu besar, bahkan cenderung kecil dan minimalis. Lokasinya hanya 10 menit berkendara dari Toko Nyonya Pang. atau tepatnya di Desa Ngawen. Sobat TRAC bisa mengikuti panduan dari peta digital maupun bertanya pada warga lokal.

 

 

 

Candi Ngawen pertama kali ditemukan di tahun 1927 dan disinyalir juga dibangun oleh Dinasti Syailendra. Diperkirakan kompleks Candi Ngawen memiliki lima buah candi namun baru candi kedua yang telah dipugar dan bisa dikunjungi.

 

Nggak ada tarif tiket masuk kalau berkunjung kesini, sob. Tapi nggak ada salahnya menyiapkan sejumlah dana untuk ikut berdonasi pada pengelolaan candi.

 

Alternatif Wisata Kuliner

 

Muntilan menyimpan beragam kuliner yang bisa Sobat TRAC jelajahi. Sebagai rekomendasi, cobalah untuk mencari ‘Blendrang’ yang berupa Bubur berbahan tepung gandum dan disajikan dengan tulang ayam atau kambing.

 

Nggak sulit untuk menemukan sajian ini, sob. Ada beberapa kios Blendrang yang bisa disinggahi namun yang cukup terkenal berada di Dunun Bintaro, Desa Gunungpring.

 

Kalau udah masuk ke kawasan Magelang tentu sobat TRAC nggak boleh kelewatan mencicipi kupat tahu Magelang. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari potongan ketupat dan tahu yang disajikan bersama toge dan bumbu khas dengan rasa gurih manis.

 

Sajian lain yang layak masuk dalam daftar adalah Mangut Beong. Ikan beong sendiri mirip dengan ikan lele namun sedikit lebih besar. Mangut sendiri merupakan jenis masakan berkuah yang kerap ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur, mirip gulai namun lebih encer.

 

Dekat dengan Candi Borobudur

 

Kawasan Candi Borobudur hanya berjarak kurang dari 15 km atau sekitar 30 menit berkendara dari pusat keramaian Muntilan. Jadi, buat sobat TRAC yang mau mengunjungi Muntilan juga akan mudah mengakses candi terbesar tersebut dan berbagai destinasi wisata terdekat lainnya.

 

 

 

Seperti Punthuk Setumbu, Bukit Doa Rhema atau yang dikenal dengan Gereja Ayam, Candi Mendut hingga Candi Selogriyo. Ada juga Svarga Bumi Borobudur, pusat rekreasi yang sedang hits dan memiliki tempat yang estetik. Lokasi yang cocok untuk santai sore bareng kolega maupun keluarga.

 

Gimana, jadi makin penasaran dengan pesona Kota M? Nggak ada salahnya untuk langsung menyambangi Muntilan dengan rental mobil Yogyakarta dari TRAC

 

Sobat TRAC bisa pilih sendiri mau menggunakan rental mobil lepas kunci yang fleksibel dan ekonomis atau rental mobil dengan pengemudi yang super nyaman dan praktis saat liburan di Yogyakarta maupun Magelang nantinya.

 

Keliling Indonesia Rental Mobil TRAC Hemat hingga 25 Persen

 

Pilih layanan yang diinginkan lewat aplikasi TRACtoGo yang bisa diunduh melalui Playstore dan Appstore. Atau bisa juga melalui halaman reservasi di website TRAC.

 

Oh ya, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi promo dan penawaran menarik dari TRAC. 

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja! 

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp