Wisata Religi Ke Jawa Timur, Ada 5 Makam Wali Yang Bisa Diziarahi
Wisata Religi Ke Jawa Timur, Ada 5 Makam Wali Yang Bisa Diziarahi
Wisata Religi Ke Jawa Timur, Ada 5 Makam Wali Yang Bisa Diziarahi

Travel

Wisata Religi Ke Jawa Timur, Ada 5 Makam Wali Yang Bisa Diziarahi

20 Februari 2023

Share

Menjelang bulan Ramadhan, sebagian besar masyarakat muslim Indonesia punya kebiasaan berziarah ke makam wali atau ulama penyebar ajaran islam.

 

Diantaranya wali songo, yang merupakan sembilan orang wali yang punya andil besar dalam penyebaran agama islam di Indonesia, khususnya tanah jawa.

 

Makam wali songo tersebar di beberapa wilayah di pulau jawa, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Makam-makam itu selalu ramai dikunjungi peziarah, terlebih menjelang datangnya bulan puasa.

 

Peziarah yang datang tak hanya berasal dari pulau jawa lho, melainkan juga dari berbagai penjuru Indonesia, bahkan mancanegara. Woow!

 

 

 

Dari sembilan makam wali songo yang ada, lima diantaranya berada di wilayah Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik hingga Tuban.

 

Sobat TRAC yang berencana liburan, wisata religi dengan berziarah ke makam wali songo di Jawa Timur ini bisa jadi rekomendasi yang pas.

 

Selain untuk refreshing, wisata religi ini juga baik untuk kesehatan rohani, sekaligus menapak tilas perjalanan para wali Allah dalam menyebarkan ajaran agama. Penasaran ada makam wali siapa aja di Jawa Timur? Simak informasi berikut ya!

 

5 Makam Wali Songo Di Jawa Timur

 

 

 

Sunan Gresik

 

Tujuan pertama Sobat TRAC bisa berkunjung ke makam Sunan Gresik, di Desa Gapura, Sukolilo, yang lokasinya tak jauh dari alun-alun kota dan masjid jami’ Gresik. 

 

Sunan Gresik yang punya nama asli Maulana Malik Ibrahim ini, bisa dibilang sebagai sesepuh dari wali songo. Sunan Gresik dianggap sebagai wali pertama yang membuka jalan dalam penyebaran islam di tanah jawa.

 

Ia merupakan putra dari ulama besar asal Maghrib atau Maroko bernama Barakat Zainul Alam. Maka tak heran bila Wali Allah yang meninggal pada 1419 Masehi ini juga dikenal dengan nama lain, yakni Malik Maghribi. Nama yang diambil dari tempat asal ayahnya.

 

 

 

Sunan Ampel

 

Berikutnya makam Sunan Ampel yang berada di dalam kompleks masjid Ampel, jalan Ampel, Petukangan I, Semampir, Surabaya. Berlokasi di jantung kota, Sobat TRAC tidak akan kesulitan untuk menemukan makam wali Allah yang wafat pada 1481 Masehi ini.

 

Pemilik nama asli Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau Raden Rahmat ini merupakan putra dari Sunan Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, wali yang pertama kali menyebarkan ajaran islam di Jawa.

 

Semasa hidupnya, Sunan Ampel berdakwah di daerah Ampel, tempat jasadnya dikebumikan. Salah satu ajarannya yang terkenal adalah falsafah “Moh Limo”, yakni sebuah ajaran untuk menghindari lima perbuatan tercela. Seperti berjudi, minum arak, menggunakan narkoba, serta bezina.

 

 

 

Sunan Giri

 

Makam Sunan Giri menjadi satu-satunya makam wali songo di Jawa Timur yang berada di ketinggian. Wali Allah putra Maulana Ishak ini, dimakamkan di dalam kompleks Kerajaan Astana Giri Kedaton, Kebomas, Gresik pada ketinggian 120 meter di atas permukaan laut.

 

Sunan Giri pernah belajar di Pesantren Ampel Denta dan melakukan perjalanan haji bersama Sunan Bonang. Saat itu, Sunan Giri mendirikan sebuah pesantren di daerah Giri. Selain berdakwah ajaran islam, pemilik nama asli Raden Paku Muhammad Ainul Yaqin ini juga juga dikenal sebagai sang ahli tata negara.

 

Sunan Drajat

 

Makam utama Sunan Drajat berada di dalam cungkup yang dindingnya diukir dengan relief. Di dekat kompleks makamnya, terdapat Museum Sunan Drajat yang berisi gamelan kuno beberapa alat musik tradisional lain yang menjadi media dakwahnya kala itu.

 

 

 

Lokasi makam Sunan Drajat berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Sunan Drajat menyebarkan agama Islam di Lamongan dan memiliki perhatian yang sangat besar terhadap masalah sosial.

 

Sunan Drajat merupakan Wali Songo yang punya banyak nama, yaitu Sunan Mahmud, Sunan Mayang Madu, Sunan Muryapada, Raden Imam, dan Maulana Hasyim.

 

Lalu pada 1484, Sunan Drajat juga dikenal sebagai Sunan Maya Madu, sebuah gelar yang diberi oleh Raden Patah penguasa Demak.

 

Sunan Bonang

 

Wali Alllah berikutnya punya nama asli Syekh Maulana Makdum Ibrahim. Sunan Bonang merupakan putra dari Sunan Ampel dan Dewi Condrowati atau Nyai Ageng Manila.

 

 

 

Makam Sunan Bonang berada di Jalan KH Mustain Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban. Saat memasuki komplek pemakaman, Jangan heran bila Sobat TRAC akan menjumpai 3 gapura bergaya Hindu-Budha.

 

Ya, itu lantaran sebelum kedatangan Sunan Bonang wilayah tersebut masih sangat kental dengan ajaran Hindu-Budha.

 

Sunan Bonang menyebarkan ajaran agama Islam dengan cara menyesuaikan diri terhadap corak kebudayaan masyarakat Jawa. Diantaranya melalui wayang dan musik gamelan.

 

Untuk itu, Sunan Bonang menciptakan gending-gending yang memiliki nilai-nilai keislaman. Setiap bait lagu ciptaannya, diselingi ucapan dua kalimat syahadat sehingga musik gamelan yang mengiringinya kini dikenal dengan istilah sekaten.

 

 

 

Ziarah Makam Wali Songo Di Jawa Timur Dengan Sewa Bus

 

Itulah lima makam wali songo yang bisa Sobat TRAC kunjungi sambil berwisata di Jawa Timur. Jangan lupa juga untuk menikmati sajian kuliner yang tersaji di masing-masing kota tersebut. Seperti rawon khas Surabaya, nasi krawu khas Gresik, serta belut pedas khas Tuban.

 

Agar lebih nyaman menyusuri kota-kota di Jawa Timur, Sobat TRAC bisa menggunakan layanan sewa bus dari TRAC. Selain punya sistem keamanan yang baik, TRAC juga telah dikenal karena pengalaman dan reputasinya dalam bisnis transportasi.

 

TRAC punya beragam armada bus yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Diantaranya Big Bus, Medium Bus, dan Small Bus. Dengan kapasitas mulai dari 11 hingga 59 penumpang. 

 

 

 

Bahkan kini tersedia juga armada bus luxury, yang pastinya akan membuat Anda semakin nyaman di perjalanan. Armada bus TRAC selengkapnya silahkan cek disini.

 

Informasi seputar layanan TRAC, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan customer care disini. Apapun kebutuhan Anda, petugas kami akan dengan senang hati membantu memberikan solusi.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Anda juga bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!
 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp