• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Wisata Sejarah di Jakarta, Napak Tilas Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-325-05-1976- Wisata museum di jakarta, Napak tilas proklamasi Republik Indonesia.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-325-05-1976- Wisata museum di jakarta, Napak tilas proklamasi Republik Indonesia.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-325-05-1976- Wisata museum di jakarta, Napak tilas proklamasi Republik Indonesia.jpg

Travel

Wisata Sejarah di Jakarta, Napak Tilas Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

15 Agustus 2022

Share

Bulan Agustus bisa dibilang merupakan bulan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat Kemerdekaan seolah mewarnai hari-hari di sepanjang bulan ini, tak hanya terpaku pada 17 Agustus saja. 

 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi bulan kemerdekaan ini, salah satunya adalah dengan melakukan wisata sejarah. Napak tilas ke tempat-tempat yang berkaitan dengan pergerakan dan perjuangan para pendahulu, diharapkan bisa mempertebal rasa patriotisme dan membuat perayaan 17 agustus tak sekadar euphoria.

 

 

Berikut 5 destinasi rekomendasi untuk wisata sejarah di bulan Agustus.

 

1. Museum Kebangkitan Nasional

Berlokasi di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, Senen, Jakarta Pusat, bangunan yang dikenal sebagai Gedung Stovia ini merupakan tempat lahirnya cikal bakal pergerakan pemuda Indonesia. STOVIA (School Tot Oplending Van Inlandsche Artsen) merupakan sekolah kedokteran bumi putera. Tanggal 20 Mei 1908, para pelajar STOVIA mendeklarasikan berdirinya Boedi Oetomo, organisasi modern pertama yang seolah menjadi tonggak dimulainya pergerakan pemuda dari seluruh daerah. 

 

Museum ini menyimpan berbagai informasi, lukisan dan diorama tentang pergerakan di masa lampau. Muskitnas beroperasi Senin-Minggu pukul 08.00 - 16.00 dan tutup pada saat libur nasional. Jangan lupa untuk memesan tiket kunjungan secara daring terlebih dahulu melalui situs resmi Museum Kebangkitan Nasional.

 

 

 

2. Museum Sumpah Pemuda

Dua puluh tahun sejak organisasi Boedi Oetomo didirikan, pergerakan pemuda di tanah air semakin gencar. Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II menjadi langkah besar dalam perjuangan Bangsa Indonesia. Gedung Indonesische Clubhuis yang berada di bilangan Kramat, Jakarta Pusat menjadi saksi lahirnya Sumpah Pemuda pada Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada Oktober 1928. Di sini pula lah Wage Rudolf Supratman pertama kali memperdengarkan lagu Indonesia Raya secara lengkap. Kini, semangat para pemuda masih dapat Anda rasakan melalui diorama yang terpajang di Museum Sumpah Pemuda. 


 

 

 

3. Gedung Joang ‘45

Dikenal juga sebagai Museum Joang 45, Gedung Joang ‘45 berlokasi di Jalan Menteng 31 tak jauh dari tugu tani yang ikonik. Bangunan yang dihiasi pilar-piiar tinggi layaknya bagunan eropa ini awalnya adalah hotel milik pengusaha belanda yang beralih fungsi menjadi asrama pemuda Indonesia. 

Nama-nama besar seperti Adam Malik, Wikana dan Chaerul Saleh mendapatkan pendidikan politiknya di asrama Angkatan Baru ini di bawah bimbingan Soekarno, Moh. Hatta, Moh. Yamin dan beberapa tokoh bangsa. Meski tak sebesar museum lain di Jakarta, Museum Joang 45 juga memiliki koleksi yang tak boleh Anda lewatkan.

 

 

 

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Munasprok, begitulah tempat bersejarah ini disebut. Sejak dibangun pada tahun 1931, bangunan ini telah beberapa kali berganti fungsi. Namanya melambung saat menjadi kediaman Laksamana Tadashi Maeda, seorang perwira tinggi Jepang yang mendukung upaya kemerdekaan Indonesia. Bangunan yang berlokasi di Jalan Diponegoro No. 1, Menteng, Jakarta Pusat ini lah yang menjadi tujuan pertama para tokoh pergerakan setelah tiba dari Rengasdengklok. Disini pula lah, naskah proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945 dirumuskan.


 

 

 

5. Monumen Proklamasi

Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh sang proklamator di teras rumahnya yang beralamat di Jalan Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta. Kini bangunan bersejarah tersebut memang sudah tak ada lagi dan beralih menjadi Kompleks Taman Proklamasi lengkap dengan monumen peringatan dan patung Soekarno-Hatta setingga 46 dan 43 meter dengan bahan dasar perunggu seberat 1,2 ton. Anda dapat berkunjung dan berfoto di kawasan tersebut setiap harinya pada pukul 06.00 - 21.00.

 

Selain 5 bangunan bersejarah di atas, tentu saja masih banyak destinasi wisata sejarah lainnya yang memiliki nilai historis terkait dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya di Jakarta, wisata sejarah yang sarat dengan nilai-nilai patriotisme juga dapat Anda lakukan di berbagai kota seperti; Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

 


Manfaatkan Promo Merdeka Jalan-jalan dari TRAC untuk rental mobil lepas kunci maupun layanan rental mobil dengan pengemudi saat melakukan wisata sejarah sepanjang bulan Agustus. Anda dapat berkeliling kota menyambangi museum maupun destinasi lain dengan lebih nyaman dan praktis. Promo ini berlaku untuk reservasi menggunakan aplikasi TRACtoGo yang dapat Anda unduh di Google Playstore  dan Apple App Store.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp