09 Wisata Tasikmalaya, Hidden Gem di Jawa Barat (1).jpg
09 Wisata Tasikmalaya, Hidden Gem di Jawa Barat (1).jpg
09 Wisata Tasikmalaya, Hidden Gem di Jawa Barat (1).jpg

Travel

Wisata Tasikmalaya, Hidden Gem di Jawa Barat

08 November 2022

Share

Destinasi wisata yang ada di Tasikmalaya bisa dibilang belum seterkenal di Bandung maupun Bogor. Terkenal dengan sebutan Mutiara dari Priangan Timur, wisata di Tasikmalaya seolah benar-benar menjadi hidden gem bagi Anda yang gemar bertualang. TRAC merangkum 5 jenis destinasi wisata di Tasikmalaya yang layak untuk masuk bucket list perjalanan Anda selanjutnya.


 

 

Jadi hidden gem wisata di Jawa Barat, berikut 5 destinasi wisata di Tasikmalaya

 

1. Wisata religi, andalan wisata di Tasikmalaya

Tasikmalaya telah sejak lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata religi atau wisata ziarah. Beberapa tempat yang menjadi destinasi andalan wisata religi di Tasikmalaya adalah Goa Saparwadi atau yang dikenal dengan Kawasan Wisata Religi Pamijahan serta Masjid Manonjaya.

 

Goa Saparwadi bisa dibilang menjadi destinasi utama bagi para pecinta wisata religi. Lokasinya sekitar 60km arah selatan Kota Tasikmalaya dan masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya. Selain terdapat makam Syekh Abdul Muhyi yang tersohor, seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat disana juga digadang menjadi tempat beliau mendidik para santri saat itu.


 

2. Tasikmalaya juga punya pantai

Berkendara lah jauh ke arah selatan kota Tasikmalaya menuju Kecamatan Cikalong maupun Kecamatan Cipatujah, Anda dibuat terpesona dengan rangkaian pantai-pantai cantik di sisi selatan Kabupaten Tasikmalaya. Pantai Cipatujah, Pantai Pamayangsari dan Pantai Karang Tawulan adalah beberapa yang bisa Anda sambangi saat bertandang ke Tasikmalaya,

 

Pantai Cipatujah cenderung sudah dikelola dengan baik, tak aneh jika pantai ini menjadi salah satu wisata favorit warga Tasikmalaya. Kombinasi pasir dan karang menjadi tempat bermain yang sangat menyenangkan. Sesuai namanya, Pantai Karangtawulan didominasi oleh karang. Uniknya di sini terdapat hamparan rumput hijau yang membuat panorama semakin cantik. Sedangkan Pantai Pamayang yang landai dikenal dengan deretan warung seafood yang lezat. Jangan lupa untuk berfoto dengan layar deretan perahu nelayan yang tersusun rapi.


 

 

3. Kental nuansa adat di Kampung Naga

Kampung adat ini terletak diantara perbukitan hijau Neglasari yang cantik berpadu dengan aliran sungai Ciwulan. Sekilas, Kampung naga akan mengingatkan Anda dengan perkampungan Suku Baduy di Banten, keduanya sama-masa masih memegang teguh adat nenek moyang. Rumah-rumah tradisional dari kayu beratap ijuk secara apik menyatu dengan alam. Kampung Naga menjadi destinasi yang tepat untuk Anda yang memiliki ketertarikan dengan adat dan budaya.


 

4. Bertualang di gunung, tebing dan air terjun

Tasikmalaya juga menjadi destinasi incaran para pecinta wisata alam. Anda yang suka mendaki gunung, tentu tak lengkap rasanya jika tak mampir ke Kawasan Gunung Galunggung. Gunung api ini memiliki ketinggian 2.167 mdpl, namun tenang saja Anda tak perlu mendaki hingga puncak untuk merasakan sejuknya Gunung Galunggung. 

 

Destinasi lain yang tak kalah seru adalah Tonjong Canyon. Tebing batu berwarna warni ini tak hanya menawarkan pemandangan indah tapi juga instagramable! Tasikmalaya juga menjadi rumah bagi beberapa air terjun indah seperti Curug dengdeng, Curug Agung, Curug Panetean, Curug Badak dan Curug Ciparay serta beberapa lainnya. 

 

 

5. Wisata kuliner dan belanja di Tasikmalaya tak boleh terlewat

Jika Anda berwisata ke Tasikmalaya maka jangan sampai melewatkan Nasi Cikur dan Nasi Tutug Oncom. Tak sulit menemukan ikon kuliner ini, Anda bisa mencicipinya di kedai sederhana hingga di restoran keluarga ternama. 

 

Secara harfiah, nasi cikur berarti nasi kencur. Komposisinya sederhana, hanya nasi putih hangat yang diaduk dengan bumbu kencur dan bawang yang dihaluskan. Yang tak kalah terkenal adalah nasi tutug oncom atau nasi TO. Hampir sama dengan nasi cikur, bedanya pada nasi TO dicampurkan juga oncom yang dihaluskan bersama dengan bumbu. Baik nasi cikur dan nasi TO bisa dinikmati bersama dengan berbagai lauk seperti ikan dan ayam goreng, jangan lupa tambahkan sambal dan lalapan. Nikmat!

 

Untuk urusan belanja, Tasikmalaya juga punya tempat spesialnya. Mampir lah ke kawasan Rajapolah yang terkenal dengan barang-barang kerajinan tangan yang unik. Tas anyaman, kipas serta kerajinan lain berbahan dasar rotan, bambu dan tanah liat bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk orang-orang tersayang.

 

 

Segera rencanakan perjalanan Anda mengunjungi destinasi-destinasi wisata Tasikmalaya bersama TRAC, rental mobil dan sewa bus yang memiliki jaringan luas di Indonesia. TRAC memiliki ragam armada yang mampu mendukung segala kebutuhan Anda. 

 

Layanan rental mobil yang lengkap dengan pengemudi cocok bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan saat bertualang di dalam maupun di luar kota. Pilih saja jenis kendaraan yang diperlukan, mulai dari city car yang mungil hingga SUV yang tangguh. Selain itu, TRAC juga menyediakan layanan rental mobil lepas kunci.

 

Nah, jika memiliki rencana pergi dengan keluarga besar, tentu layanan sewa bus adalah pilihan yang paling tepat. Terdapat berbagai pilihan kapasitas bus yang bisa Anda pilih mulai dari bus kecil yang nyaman untuk 15 penumpang, bus sedang yang bisa menampung sekitar 30 penumpang hingga bus berukuran besar yang dilengkapi dengan fasilitas toilet. Ada pula luxury bus yang akan membuat perjalanan Anda menuju Tasikmalaya menjadi lebih menyenangkan.

 

Untuk menambah kenyamanan dan memberikan kemudahan bagi setiap pelanggannya, layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC bisa dipesan langsung dari ponsel Anda. Unduh dan install aplikasi TRACtoGo melalui Google Playstore maupun Apple App Store, lakukan reservasi kapan saja dan dari mana saja melalui aplikasi keren tersebut. Dapatkan juga berbagai penawaran menarik yang hanya bisa Anda dapatkan saat melakukan pemesanan melalui aplikasi TRACtoGo. Selain itu, pemesanan juga bisa dilakukan di Kantor Cabang TRAC yang berada di berbagai kota.

 

Ikuti terus informasi terbaru mengenai layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC serta informasi up to date lainnya di media sosial TRAC.  Follow akun instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk informasi terkini terkait layanan-layanan prima dari TRAC.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp