World Food Day, Ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia
World Food Day, Ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia
World Food Day, Ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia

Travel

World Food Day, Ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia

16 Oktober 2023

Share

Setiap tanggal 16 Oktober, seluruh negara memperingati hari pangan sedunia alias World Food Day. Setiap tahunnya World Food Day memiliki tema yang berganti-ganti. Seperti tahun ini tema yang diusung adalah 'Water is Life: Water is food - Leave no one behind’. 

 

Sobat TRAC yang belum mengetahuinya, World Food Day ini digagas agar masyarakat dunia makin peduli dengan sumber makanan hingga masalah-masalah seperti kelaparan dan ketahanan pangan. Nah, salah satu upaya untuk mendorong ketahanan pangan adalah dengan mengkonsumsi bahan pangan lokal dan musiman. 

 

Dikenal sebagai negara agraris, tentunya Indonesia memiliki segudang potensi bahan pangan. Tak aneh jika negara ini memiliki berbagai macam olahan makanan yang bahkan sudah mendapatkan tempat tersendiri di dunia internasional.

 

Makanan Indonesia dikenal memiliki citarasa yang beragam, mulai dari kudapan manis hingga hidangan dengan balutan rempah yang melimpah. Ada cukup banyak makanan Indonesia yang digemari masyarakat mendunia. Penasaran apa saja? Berikut selengkapnya khusus buat Sobat TRAC.

 

 

 

5 Makanan Indonesia yang Mendunia

 

Rendang

 

Terlepas dari adanya kontroversi dengan negeri jiran, namun Rendang telah lama dikenal sebagai salah satu ikon makanan Indonesia.

 

Rendang makanan Indonesia khas Minang, Sumatera Barat

 

Berasal dari bumi Minang Sumatera Barat, makanan ini menghentak dunia dengan citarasa rempah yang jadi bahan utamanya. Umumnya Rendang terbuat dari daging sapi maupun kerbau. Namun ada juga yang membuatnya untuk olahan daging ayam, telur hingga kerang.  

 

Proses pengolahannya dengan mencampur daging, bumbu serta santan yang dimasak perlahan untuk menghasilkan rasa yang kompleks namun tetap seimbang.

 

Karena kelezatannya, Rendang telah berkali-kali masuk dalam Daftar Makanan Terbaik Dunia Versi CNN, bahkan berhasil menyabet jawara di tahun 2017 lalu.  

 

 

 

Rawon

 

Masakan khas Jawa Timur ini menjadi perbincangan internasional lantaran pernah dinobatkan menjadi makanan berkuah atau sup terenak di dunia versi Taste Atlas pada Juli 2023 lalu. 

 

Rawon makanan Indonesia khas Jawa Timur

 

Rawon memiliki kuah berwarna kehitaman yang berasal dari daging buah kluwek, bahan yang memberikan rasa khas pada masakan ini. Rawon umumnya dibuat dari daging sapi yang direbus lama dengan bumbu tradisional seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai dan tentunya kluwek.

 

Di daerah asalnya, rawon disajikan panas dengan sepiring nasi, taburan kecambah kacang hijau, telur asin dan kerupuk udang. Agar makin kaya rasa, coba tambahkan perasan jeruk nipis dan beberapa sendok sambal, sob. Dijamin ajiib!

 

Nasi Goreng

 

Siapa yang nggak kenal makanan satu ini? Bisa dibilang, nasi goreng adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di Indonesia.

 

Nasi goreng makanan Indonesia

 

Hampir semua negara yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok mereka memiliki versi nasi gorengnya masing-masing. Bahkan sebenarnya resep nasi goreng pun tak sepenuhnya berasal dari Indonesia lho

 

Nasi goreng Indonesia terinspirasi dari nasi goreng ala tiongkok namun memiliki perbedaan besar pada penggunaan kecap manis yang konon bahan makanan otentik Indonesia.

 

 

 

Sentuhan dari kecap manis inilah yang membuat nasi goreng Indonesia berbeda dari yang ada di negara lain. Di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki resep nasi goreng yang berbeda lho, sob. Misalnya nasi goreng merah asal Sulawesi atau nasi goreng Aceh yang kaya rempah.

 

Tempe

 

Rasanya yang hambar membuat tempe dapat diolah menjadi apapun. Seperti di goreng, dihancurkan dalam sambal, dijadikan pelengkap sayur lodeh, dibuat kripik hingga diolah menjadi pengganti daging dalam burger.

 

Tempe makanan Indonesia

 

Jika di Indonesia Tempe sering dipandang sebelah mata lantaran harganya yang cukup murah tapi di luar negeri harganya bisa mencapai ratusan ribu lho

 

Kandungan protein dalam olahan kacang kedelai ini terbilang cukup tinggi, banyak orang terutama di negara barat yang mulai menjadikannya sebagai alternatif pengganti sumber protein hewani. Dengan nutrisi yang kaya dan pengolahan yang ramah lingkungan, oleh beberapa pihak makanan ini diberi label superfood bahkan disebut sebagai bahan makanan masa depan. Wah, makin bangga nih makan tempe.

 

Martabak Manis

 

Martabak manis atau yang dikenal juga sebagai kue terang bulan akhir-akhir ini mencuri perhatian dunia. Banyak vlogger dan influencer dunia membuat konten tentang makanan ini terutama saat bertandang ke Indonesia. Adonan tebal dengan topping yang melimpah menjadi daya tariknya.

 

Martabak makanan Indonesia

 

Umumnya martabak martabak manis menggunakan topping coklat tabur dan remah kacang atau campuran jitu lainnya seperti coklat dan keju. Namun, makin kesini makin banyak penjual yang membuatnya menjadi lebih menarik seperti tambahan selai green tea hingga potongan coklat bermerek.

 

Sobat TRAC pecinta martabak manis, jangan lupa mencoba rasa yang paling tradisional yaitu ketan hitam dan taburan kelapa. Nikmat!

 

 

 

Kekayaan alam yang dimiliki masing-masing daerah Indonesia menjadikan negara ini memiliki sumber pangan yang berbeda-beda. Sempatkan diri untuk menjelajah kekayaan masakan Indonesia di setiap agenda Sobat.

 

Susuri setiap destinasi di bumi pertiwi ini dan sambangi tempat-tempat seru bersama layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC. Dengan pengalaman 37 tahun, TRAC siap menjadi solusi kebutuhan transportasi di tiap perjalanan sobat.

 

Spesial HUT TRAC 37, Rental Mobil & Sewa Bus Hemat 37 Persen

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp