Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

    • Pendahuluan

      Terima kasih atas kunjungan Anda ke Website Kami, www.trac.astra.co.id. Kami berharap Anda merasa nyaman dalam mengakses dan menggunakan seluruh Layanan yang tersedia di Website Kami. Kami terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan Kami, dan sangat menghargai segala saran dan masukan Anda. Silakan menyampaikannya kepada Kami melalui nomor 1500 009 atau WA 0899 9500 009.

       

      Website ini dimiliki, dioperasikan, dan diselenggarakan oleh TRAC (“Kami”, “TRAC”,  atau “Perusahaan”), yang telah memberikan Layanan penyewaan kendaraan dan solusi transportasi sejak 1986 (“Layanan”). Layanan Kami tersedia secara online melalui Website www.trac.astra.co.id (“Website”) atau melalui berbagai akses berbasis internet via media, perangkat dan platform lainnya, baik yang sudah atau akan tersedia di kemudian hari. Selain itu, Anda juga dapat mengakses Layanan TRAC secara langsung di cabang TRAC yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

       

      Dengan mengakses dan menggunakan Website dan Layanan Kami, Anda menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan dan segala perubahannya. Syarat dan Ketentuan ini mengatur ketentuan yang berlaku untuk setiap akses dan penggunaan Anda terhadap Layanan TRAC yang tersedia pada Website. 

       

      Syarat dan Ketentuan dapat Kami ubah, modifikasi, tambah, hapus, atau koreksi ("Perubahan") sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Kami. Oleh karena itu, kami sangat menganjurkan Anda untuk mengunjungi website secara berkala agar dapat mengetahui adanya perubahan tersebut. 

       

      Syarat dan Ketentuan ini berlaku menggantikan semua versi sebelumnya, terhitung sejak versi ini diunggah ke website.

       

      Layanan hanya tersedia untuk orang yang memiliki kapasitas hukum untuk membuat kontrak. Orang yang tidak memiliki kapasitas tersebut, anak di bawah umur atau pengguna yang telah ditangguhkan sementara atau dinonaktifkan secara permanen tidak boleh menggunakan Layanan.

    • Ketentuan Umum Layanan TRAC

      Anda bisa melakukan pemesanan/reservasi secara online melalui website untuk layanan rental kendaraan individu (“Personal Rental”). Anda dapat mencari informasi tentang penyewaan kendaraan yang Anda inginkan, melakukan transaksi pemesanan sekaligus pembayaran secara online dengan aman melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran yang tersedia di website Kami.

       

      Untuk menggunakan layanan reservasi online tersebut, Anda harus terlebih dulu mendaftarkan diri menjadi member dengan mengisi data diri berupa nama dan alamat email. Lalu, Anda juga wajib melengkapi persyaratan lainnya untuk menggunakan layanan TRAC.

       

      Khusus layanan TRAC untuk perusahaan (“Corporate Lease” dan “Astra Fleet Management Solution”) dapat diakses dengan menghubungi langsung cabang TRAC terdekat di kota Anda. Website hanya menampilkan informasi detail terkait layanan yang tersedia untuk kebutuhan perusahaan tersebut. Anda tidak dapat melakukan transaksi reservasi via online untuk jenis-jenis Layanan ini.

       

      Layanan Personal Rental (yang didalamnya terdapat Daily Car Rental, Airport Transfer, dan Bus Rental) secara umum dapat diakses via online selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, kecuali dalam hal adanya perbaikan, peningkatan atau pemeliharaan pada website kami.

       

      Meski demikian, reservasi Layanan Personal Rental melalui situs web hanya bisa diakses untuk pemakaian paling cepat satu hari kerja ke depan. Jadi, Anda harus melakukan pemesanan minimal satu hari kerja sebelum hari pemakaian. 

    • Ketentuan Penggunaan Kendaraan

      1. Apabila Anda mengggunakan kendaraan tanpa layanan pengemudi dari TRAC, maka berlaku ketentuan-ketentuan penggunaan Kendaraan sebagai berikut : 
        1. PELANGGAN wajib : 
          1. berperilaku tertib; dan/atau
          2. mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan.
        2. PELANGGAN wajib mematuhi ketentuan rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, dan batas maksimum kecepatan.
        3. PELANGGAN dan penumpang wajib menggunakan sabuk keselamatan.
        4. PELANGGAN dilarang: 
          1. mengemudikan kendaraan diluar kesadaran akibat pengaruh obat bius atau alkohol.
          2. mengemudikannya di luar jalan yang wajar/laik untuk dilalui.
          3. menggunakan kendaraan untuk balapan, rally atau kampanye politik, tindak kejahatan dan/atau perbuatan melawan hukum atau untuk sesuatu tujuan selain dari tujuan domestik dan sosial.
          4. membawa penumpang dengan tujuan komersial.
      2. PELANGGAN bertanggung jawab atas segala tindakan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh PELANGGAN selama menggunakan biaya tilang, denda dan biaya lainnya yang timbul atas pelanggaran tersebut.
      3. Tindakan-tindakan penggunaan kendaraan tidak wajar oleh PELANGGAN yang menimbulkan kerugian, kerusakan, dan beban biaya yang tidak ditanggung oleh Asuransi (unclaimable), atau suatu keadaan kahar, atau kerugian dan kerusakan perlengkapan Kendaraan, atau kerugian dan kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan yang tidak ditanggung oleh Asuransi (unclaimable), akan mengacu pada ketentuan yang tercantum adalah Polis Asuransi TRAC dan Polis Asuransi Standar Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI).
      4. Apabila terjadi kerugian, kerusakan, dan beban biaya terhadap kendaraan yang tidak ditanggung oleh asuransi (unclaimable) sebagaimana ditentukan dalam angka 3 di atas ini, maka TRAC tidak wajib menyediakan Kendaraan Pengganti Sementara dan segala konsekuensi atas kerugian yang timbul menjadi tanggung jawab (biaya) PELANGGAN.
      5. Dalam hal PELANGGAN tidak menggunakan pengemudi, maka TRAC berhak untuk melakukan pemeriksaan (Background Checking Driver) terhadap pengguna kendaraan (user), sesuai dengan ketentuan yang berlaku di internal TRAC.
      6. TRAC berhak untuk melakukan pengecekan/pemeriksaan/kontrol atas keberadaan dan kondisi kendaraan miliknya yang disewa oleh PELANGGAN selama periode jasa dengan cara atau tindakan yang ditentukan oleh TRAC. Dengan menandatangani perjanjian, maka PELANGGAN dengan ini menyatakan setuju dan melepaskan TRAC atas segala tuntutan atau keberatan atas segala cara/tindakan TRAC terkait pengecekan/pemeriksaan/kontrol atas keberadaan dan kondisi Kendaraan tersebut.
    • Ketentuan Asuransi

      1. Kendaraan diasuransikan kepada perusahaan asuransi (selanjutnya disebut sebagai “Pihak Asuransi”) yang ditunjuk oleh TRAC dengan Asuransi Comprehensive sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis asuransi. Apabila terjadi kecelakaan atau kehilangan kendaraan PELANGGAN bersama-sama dengan TRAC akan menangani seluruh proses penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kecelakaan atau kehilangan tersebut, dan TRAC hanya akan mendampingi PELANGGAN untuk proses tersebut dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan dalam angka 2 dibawah ini.
      2. Dalam hal terjadi kecelakaan atau kehilangan kendaraan, PELANGGAN wajib melakukan hal-hal sebagai berikut:
        2.1 Sewa Jangka Pendek
        1. Melakukan laporan ke Kepolisian setempat dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan terkait kecelakaan atau kehilangan tersebut secepatnya dan menghubungi TRAC dalam tempo 1x24 (satu kali dua puluh empat) jam terhitung sejak terjadinya peristiwa sebagai berikut:
          1. Terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerugian dan menimbulkan tuntutan dari pihak ketiga.
          2. Terjadi kehilangan kendaraan maupun sebagian dari Kendaraan atau aksesoris dari kendaraan.
        2. Memberikan Berita Acara Kecelakaan dengan kondisi sebenarnya dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan terkait kecelakaan atau kehilangan tersebut secepatnya dalam tempo 1x24 (satu kali dua puluh empat) jam terhitung sejak terjadinya peristiwa kecelakaan selain yang tersebut pada huruf (a) angka 2.1 ini.
        3. Bertanggung jawab atas pembayaran biaya perbaikian/penggantian, yang merupakan beban biaya resiko sendiri (Deductible/Own Risk Charge) sejumlah Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) (belum termasuk PPN) per kejadian.
        4. Dalam hal terjadinya kehilangan kendaraan, selain pembayaran biaya resiko sendiri (Own Risk Charge) sebagaimana yang dimaksud dalam huruf (b) angka ini, PELANGGAN juga dikenakan biaya pengurusan dokumen kendaraan sebesar Rp. 6.000.000 (enam juta rupiah) (belum termasuk PPN) dan melakukan pengurusan dokumen-dokumen Kepolisian sehubungan dengan proses klaim Asuransi atas kendaraan yang hilang.
        5. Beban biaya resiko sendiri dan biaya resiko kehilangan sebagaimana dimaksud dalam huruf ( c ) dan (d) ketentuan ini wajib dibayar oleh PELANGGAN.
        6. Dalam hal Kendaraan hilang, PELANGGAN wajib bersedia melakukan wawancara dengan Pihak Asuransi sehubungan dengan kehilangan tersebut (bila ada) dan harus didampingi oleh TRAC.
        7. Pertanggungan Pihak Ketiga (Third Party Liabilities) yang ditanggung oleh Pihak Asuransi maksimum adalah sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk setiap kejadian, jumlah lebih dari itu akan ditanggung oleh PELANGGAN.
        8. The Passenger Legal Liability merupakan pertanggungan asuransi atas harta benda milik penumpang (Passenger Legal Liability). Nilai maksimum pertanggunan dari The Passenger Legal Liability yang ditanggung oleh Pihak Asuransi adalah sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah). Adapun ketentuan-ketentuan pertanggungan Passenger Legal Liability adalah sebagai berikut:
          • Hanya berlaku dalam hal PELANGGAN menyewa kendaraan dengan layanan pengemudi dan tidak berlaku jika sewa kendaraan saja
          • Hanya terbatas pada harta benda milik PELANGGAN (selain uang) yang ada di dalam kendaraan pada saat terjadi kecelakaan, sehingga jaminan atas resiko tersebut dikecualikan bagi Tertanggung (TRAC).
          • Pertanggungan Passenger Legal Liability ini tidak berlaku untuk kehilangan harta benda/barang yang dikarenakan oleh pencurian/perampasan/perampokan atau tindakan yang terbukti merupakan tindakan kesengajaan dari PELANGGAN dan pertanggungan ini hanya terbatas untuk Kendaraan milik cabang rental TRAC.
        9. Personal Accident merupakan pertanggungan asuransi bagi Pengemudi dan Penumpang atas cidera badan dan kematian yang diakibatkan kecelakaan. Nilai maksimum pertanggunan dari Personal Accident yang ditanggung oleh Pihak Asuransi maksimum adalah sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk setiap kejadian.

          Adapun ketentuan-ketentuan pertanggungan Personal Accident adalah sebagai berikut:
          • Pertanggungan kecelakaan diri perorangan ini berlaku baik dalam hal PELANGGAN menyewa kendaraan saja maupun menyewa kendaraan dengan layanan Pengemudi.
          • Dalam hal penyewaan kendaraan saja (tanpa Pengemudi) maka ganti rugi Personal Accident berlaku baik untuk Pengemudi dan Penumpangnya.
          • Pertanggungan Personal Accident ini tidak berlaku untuk tindakan yang terbukti merupakan tindakan kesengajaan dari PELANGGAN dan pertanggungan ini hanya terbatas untuk kendaraan milik cabang rental TRAC.
          • Pertanggungan Personal Accident ini menjamin resiko:
            1. Kematian
              1. Meninggal dunia dalam batas waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan.
              2. Hilang dan tidak diketemukan dalam waktu sekurang-kurangnya 60 hari sejak terjadinya kecelakaan. Santunan sebesar 100% (seratus persen) Nilai Pertanggungan untuk santunan Kematian akan dibayarkan kepada Pemegang Polis atau Ahli Waris yang namanya tercantum dalam Ihktisar pertanggungan.
            2. Cacat Tetap
              1. Cacat tetap keseluruhan
                1. Kehilangan penglihatan kedua belah mata.
                2. Hilang atau tidak berfungsinya kedua lengan.
                3. Hilang atau tidak berfungsinya kedua tungkai kaki.
                4. Hilang atau tidak berfungsinya:
                  • Penglihatan satu mata dan satu lengan;
                  • Penglihatan satu mata dan satu tungkai kaki;
                  • Satu tungkai kaki dan satu lengan.
                    Cacat tetap ini harus terjadi dalam kurun waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan.
              2. Cacat tetap sebagian
                Cacat Tetap Sebagian berupa hilang atau tidak berfungsinya sebagian dari anggota tubuh. Hak atas santunan ini berlaku setelah dokter menetapkan keadaan cacat tetap yang diderita.
                Apabila tertanggung telah menerima santunan dalam hal Cacat Tetap, kemudian akibat kecelakaan yang sama itu tertanggung meninggal dunia maka hak atas santunan dalam hal kematian akan diberikan setelah dikurangi dengan jumlah santunan Cacat Tetap yang telah dibayarkan. Jika santunan Cacat Tetap yang telah dibayar lebih besar dari pada santunan Kematian, maka tertanggung tidak berhak atas santunan kematian.
              3. Persentase Nilai Pertanggungan Personal Accident untuk Cacat Tetap dan Cacat Tetap Sebagian akan mengacu pada Polis Asuransi Standar TRAC.
            3. Biaya Perawatan atau Pengobatan akan diberikan dalam hal pembayaran atas penggantian biaya-biaya perawatan dan atau pengobatan yang dilakukan dalam usaha untuk penyembuhan atau pemulihan sakit atau cidera yang diderita Tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis.
              Hak atas penggantian ini diberikan sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh Tertanggung namun tidak melampui Nilai Pertanggungan (sebesar 10% dari Total Sum Insured) sesuai yang tercantum didalam Ikhtisar Pertanggungan.
              Jaminan ini tidak berlaku bagi kuitansi yang dikeluarkan oleh pengobatan alternatif dan copy kuitansi tanpa legalisir.
               

      2.2. Sewa Jangka Panjang
      Dalam hal PELANGGAN menggunakan sewa kendaraan jangka panjang, maka berlaku ketentuan huruf (a) sampai dengan (g) Angka 2.1. di atas.

      2.3 Apabila ada perluasan pertanggungan Asuransi Comprehensive (termasuk namun tidak terbatas pada Strikes Riots and Civil Commissions, Terorism and Sabotage, Flood, Act Of God, dan penambahan limit Pertanggungan Pihak Ketiga (Third Party Liabilities) atas permintaan PELANGGAN, maka besarnya beban biaya resiko sendiri (Deductible/Own Risk Charge) dan biaya resiko kehilangan (Total Loss Risk Charge) akan ditanggung oleh PELANGGAN mengikuti ketentuan polis perluasan asuransi dan ketentuan asuransi yang berlaku di Indonesia, dan mengesampingkan ketentuan huruf (c) Angka 2.1. di atas.

      2.4 Dalam hal PELANGGAN menggunakan jasa Pengemudi dari TRAC, maka ketentuan 2.1. dan 2.2. di atas hanya akan berlaku apabila kecelakaan/kehilangan Kendaraan terjadi pada saat Pengemudi sedang tidak dalam menjalankan tugasnya atau Kendaraan sedang ditempatkan di tempat PELANGGAN atau Kendaraan sedang ada di bawah pengawasan PELANGGAN.

      2.5 Pengalihan Resiko

      1. Ketentuan pengalihan resiko kepada pihak asuransi akan tidak berlaku untuk:
        1. Resiko-resiko yang merupakan akibat dari kecelakaan/kehilangan Kendaraan yang diakibatkan PELANGGAN tidak memenuhi kewajiban dan/atau ketentuan penggunaan Kendaraan yang diatur dalam Perjanjian; atau
        2. Kerugian akibat kecelakaan/kehilangan Kendaraan yang tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi (unclaimable) sesuai dengan ketentuan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia; atau biaya-biaya yang timbul terkait kewajiban PELANGGAN untuk melakukan laporan ke Kepolisian sebagaimana dimaksud huruf (a) ayat ini. Dimana dalam hal tersebut di atas tanggung jawab atas kerugian akan sepenuhnya ditanggung oleh PELANGGAN termasuk di dalamnya segala biaya dan ongkos maupun klaim dari pihak ketiga yang timbul akibat terjadinya kecelakaan/kehilangan Kendaraan tersebut.
    • Ketentuan Penggunaan Website

      Website ini dan Layanan yang tersedia didalamnya dapat digunakan oleh Anda hanya untuk penggunaan pribadi dan atau secara non-komersial serta setiap saat tunduk pada Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi Kami. 

       

      Segala informasi (berbentuk teks, foto, video, audio, gambar, logo, ilustrasi lain, ikon, data, software, script, interfaced, dan lainnya) yang terdapat atau terkandung dalam Website dimiliki oleh Kami dan tidak boleh dipergunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Kami, kecuali untuk penggunaan yang secara tegas diizinkan dan diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi Kami. 

       

      Kami berhak menarik, mengubah Layanan, informasi atau tampilan Website TRAC demi memberi pelayanan yang lebih baik. Jika dibutuhkan sewaktu-waktu, Kami dapat membatasi akses Anda ke beberapa bagian dari Website atau keseluruhan dari Layanan Website. 

       

      Kami berhak mengolah informasi Anda yang tersimpan dalam database Kami sesuai dengan kebijakan yang tercantum dalam Kebijakan Privasi. Dengan menggunakan Layanan Kami, Anda setuju atas pemrosesan tersebut dan menjamin semua data yang diberikan adalah benar. 

    • Perilaku Pengguna

      Kami tidak mengizinkan aktivitas apapun yang melanggar hak cipta dan/atau pelanggaran hak kekayaan intelektual di Website dan, jika diberitahukan dengan benar, akan menghapus konten apapun yang melanggar hak cipta dan/atau hak milik pihak ketiga. 

       

      Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa TRAC  tidak dapat dimintai pertanggung jawaban oleh pengguna dan/atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi, termasuk tapi tidak terbatas pada:

      1. Kehilangan data; 
      2. Pemalsuan data pengguna;  
      3. Kehilangan penghasilan atau pendapatan;  
      4. Kehilangan bisnis;  
      5. Kehilangan laba atau suatu perikatan;  
      6. Kehilangan penghematan yang telah diantisipasi sebelumnya;  
      7. Kehilangan itikad baik;  
      8. Waktu manajemen atau kantor yang tersia-siakan;  
      9. Kehilangan atau kerugian lain apapun jenisnya, terlepas dari bagaimana hal itu timbul dan apakah disebabkan oleh kelalaian, pelanggaran terhadap suatu perikatan, atau lainnya, meskipun dapat diperkirakan sebelumnya;  
      10. Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan data atau akun milik pengguna yang terindikasi melanggar hukum dan/atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang; dan  
      11. Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan/atau terdapat gangguan terhadap Layanan kami akibat terjadinya  force majeure, yang termasuk tapi tidak terbatas pada:  
      12. Bencana alam;  
      13. Peristiwa kebakaran;  
      14. Pemogokan;  
      15. Perang;  
      16. Huru-hara;  
      17. Pemberontakan atau tindakan militer lainnya;  
      18. Tindakan pihak yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan Layanan;  
      19. Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan kami tidak dapat menyediakan Layanan; dan  
      20. Adanya keputusan atau perubahan keputusan dari instansi terkait termasuk pemerintah yang berdampak pada pelaksanaan Layanan ini. 

       

      Dengan mengakses Layanan, pengguna menerima tanpa batasan atau kualifikasi, dan setuju untuk menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, dan pengguna setuju untuk tidak:  

      1. Menggunakan Layanan dengan cara apapun yang akan melumpuhkan, membebani, atau merusak, atau mengganggu penggunaan lainnya dari Layanan, termasuk, namun tidak terbatas pada, kemampuan setiap pengguna untuk terlibat dalam kegiatan real-time melalui Layanan;   
      2. Menggunakan  robot, spider atau perangkat otomatis lainnya, proses atau sarana untuk mengakses Layanan; untuk tujuan apapun, termasuk untuk memantau atau menyalin setiap bahan yang ada di Layanan;   
      3. Menggunakan proses manual untuk memonitor atau menyalin setiap materi pada Layanan untuk terlibat dalam tujuan tidak sah lainnya tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami; 
      4. Menggunakan perangkat apapun, perangkat lunak atau  routine yang dapat mengganggu kinerja Layanan;  
      5. Mengganggu, turut campur, menghalangi, merintangi kerja Layanan;   
      6. Menyalin, mereproduksi, mengubah, memodifikasi, menciptakan karya turunan, atau menampilkan setiap konten secara publik dari Layanan atau Layanan tanpa izin tertulis dari TRAC ; atau melakukan, reverse engineering atau mencoba untuk menemukan kode sumber yang berkaitan dengan Layanan atau alat didalamnya, kecuali sejauh kegiatan tersebut secara tegas diizinkan oleh hukum yang berlaku walaupun ada pembatasan terkait hal ini; atau  
      7. Mencoba untuk mengakses setiap area Layanan dimana Pengguna tidak mempunyai kewenangan atas akses tersebut;  
      8. Melakukan upaya apapun yang sekiranya dapat menimbulkan kerugian baik materil atau immateril bagi kami ataupun pengguna lain dari TRAC;  
      9. Membuat akun baru dan/atau membeli dan/atau menjual akun untuk menghindari pembatasan yang mungkin kami kenakan pada pengguna kami;  
      10. Melakukan pelaporan palsu terhadap pengguna lainnya. Karena setiap laporan pelanggaran kebijakan layanan kami haruslah benar dan disampaikan dengan itikad baik dan dengan maksud mengatasi pelanggaran yang diketahui atau diduga melanggar kebijakan kami;  
      11. Melanggar atau menghindari hukum, hak pihak ketiga atau Layanan kami, kebijakan, atau penentuan status akun Anda;  
      12. Memanipulasi harga barang, termasuk dan tidak terbatas pada penyembunyian harga.  
      13. Melakukan pemasangan iklan palsu, tidak akurat, menyesatkan, memfitnah, atau konten mencemarkan nama baik;  
      14. Memasang iklan duplikasi/ double post;  
      15. Memindahtangankan ID termasuk namun tidak terbatas pada  username dan  password Anda ke pihak lain tanpa persetujuan kami;  
      16. Mendistribusikan atau mengirim spam, komunikasi elektronik yang tidak diminta, atau massal, surat berantai, atau skema piramida;  
      17. Mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan kami, atau kepentingan atau properti dari pengguna kami;  
      18. Mengkomersialkan aplikasi kami atau informasi atau perangkat lunak yang terkait dengan aplikasi tersebut;  
      19. Mengumpulkan informasi tentang pengguna kami tanpa persetujuan;  
      20. Menghindari langkah-langkah teknis yang kami gunakan untuk menyediakan Layanan.  
      21. Memasang iklan menggunakan tautan (hyperlink) dalam bentuk apapun. 

       

      Setiap upaya untuk memanipulasi Layanan kami atau kebijakan kami dapat mengakibatkan tindakan terhadap akun Anda dan karena penggunaan Layanan memerlukan sambungan Internet, Anda mungkin harus membayar biaya yang terkait dengan akses Internet saat menggunakan Layanan.  Pengguna bertanggung jawab melaksanakan semua pengaturan yang diperlukan guna mengakses Layanan.

       

      Pengguna bertanggung jawab memastikan bahwa semua orang yang mengakses Layanan melalui hubungan internet milik pengguna, mengetahui Syarat dan Ketentuan Umum ini dan mematuhinya.

    • Rahasia Pribadi

      Kami peduli dengan privasi Anda dan berkomitmen untuk melindungi data pribadi yang Anda berikan. Silahkan lihat Kebijakan Privasi Kami untuk memahami bagaimana Kami menangani data pribadi Anda.

    • Penggunaan yang diizinkan

      Kami mengizinkan Anda untuk mengakses, melihat dan menggunakan Layanan hanya sejauh yang diperlukan. Kecuali jika secara tegas diizinkan oleh Ketentuan ini, setiap modifikasi, reproduksi, redistribusi, publikasi ulang, mengunggah, memposting, mentransmisikan, mendistribusikan atau mengeksploitasi dengan cara apa pun pada Layanan Kami, sangat dilarang tanpa adanya izin tertulis sebelumnya dari Kami.

    • Tautan Ke Situs Pihak Ketiga

      Layanan dapat berisi tautan ke situs web pihak ketiga lainnya ("Situs Web Pihak Ketiga"), yang sama sekali tidak terkait dengan Kami. Jika Anda menautkan ke Situs Web Pihak Ketiga, Anda mungkin tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs Web Pihak Ketiga dan kebijakan lainnya. Kami tidak membuat pernyataan atau jaminan mengenai keakuratan atau keaslian informasi yang terkandung dalam Situs Web Pihak Ketiga tersebut, dan penautan Anda ke situs web lain sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri dan Kami melepaskan semua tanggung jawabnya.  

    • Ketentuan Lainnya

      Ketentuan dan hubungan antara Anda dan Kami akan diatur oleh hukum Republik Indonesia. Klaim/tuntutan apa pun yang mungkin Anda miliki terhadap Kami harus diselesaikan secara musyawarah mufakat. Apabila permasalahan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat setelah 30 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan terkait tuntutan/klaim, perselisihan akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) Jakarta Indonesia, sesuai dengan Peraturan BANI yang pada tanggal diterbitkannya Ketentuan ini memiliki alamat di Wahana Graha Lt 1 dan 2 Mampang Prapatan Jakarta 12760, Indonesia.

       

      Ketentuan ini dan kebijakan lain yang diunggah merupakan pemahaman dan perjanjian lengkap dan eksklusif antara Anda dan Kami untuk mengatur penggunaan Anda atas Layanan yang menggantikan semua pemahaman, proposal, perjanjian, negosiasi, dan diskusi sebelumnya antara para pihak, baik tertulis maupun lisan.  

    • Batasan Kewajiban

      Dalam keadaan apapun perusahaan, pejabat, direktur, karyawan, atau agennya tidak bertanggung jawab atas kerusakan secara langsung, tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial, atau contoh (meskipun perusahaan telah diperhatikan atas kemungkinan kerusakan aspek tersebut) atas penggunaan Layanan, termasuk tanpa batasan apakah kerusakan yang muncul karena penggunaan atau penyalahgunaan Layanan, dari ketidak mampuan menggunakan Layanan atau gangguan, penangguhan, modifikasi, perubahan, atau penghentian dari Layanan. Pembatasan tanggung jawab tersebut juga berlaku sehubungan dengan kerusakan yang timbul karena Layanan atau produk lain yang diterima melalui Layanan atau tautan apa pun di Layanan, serta dengan alasan informasi apa pun, pendapat atau saran yang diterima melalui atau diiklankan sehubungan dengan Layanan atau tautan apa pun di Layanan. Pembatasan ini berlaku sejauh yang diizinkan oleh hukum. Anda secara khusus mengakui dan setuju. Perusahaan tidak membuat pernyataan atau jaminan bahwa Layanan ini sesuai untuk digunakan di lokasi lain selain di indonesia. Mereka yang mengakses atau menggunakan Layanan dari wilayah hukum lain melakukannya dengan ketentuan dan risiko mereka sendiri dan bertanggung jawab atas kepatuhan dengan hukum setempat. 

    WhatsApp