• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • Apa Itu Defensive Driving? Kenali Perbedaannya Dengan Safety dan Aggressive Driving

10 Apa itu defensive driving (1).jpg
10 Apa itu defensive driving (1).jpg
10 Apa itu defensive driving (1).jpg

Berita

Apa Itu Defensive Driving? Kenali Perbedaannya Dengan Safety dan Aggressive Driving

30 November 2022

Share

Kata defensive driving mungkin masih asing bagi sebagian orang, terutama jika dibandingkan dengan safety driving yang sudah lebih umum dikenal. Secara harfiah, keduanya mengacu pada keselamatan berkendara. Namun jika dikaji lebih dalam, kedua hal ini tak sekadar bicara tentang cara mengemudi lho! 

 

Penasaran apa itu defensive driving? Yuk, cek beberapa hal di bawah supaya perjalanan berkendara Anda menjadi lebih aman dan nyaman. 

 

Mengenal Macam Teknik Berkendara

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang defensive driving, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis cara mengemudi. Dalam dunia otomotif, ada 3 teknik mengemudi yang cukup familiar. Diantaranya safety driving, defensive driving dan aggressive driving.

 

 

 

Safety driving

Merupakan cara mengemudi yang sesuai dengan standar keamanan berkendara di negara tertentu.  Indonesia misalnya, aturan berkendara terdapat pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jadi bisa dibilang safety driving adalah kemampuan minimum yang harus dimiliki seseorang untuk berkendara di jalan raya.

 

Defensive Driving

Dikutip dari berbagai sumber, defensive driving merujuk pada definisi “berkendara untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang tanpa terganggu oleh kondisi dan keadaan yang ada di sekitar” (driving to save lives, time, and money, in spite of the conditions around you and the actions of others).

 

Dalam defensive driving pengemudi harus mampu memikirkan berbagai kemungkinan yang bisa mengganggu keselamatan selama di perjalanan beserta mitigasinya. Jika safety driving lebih berorientasi pada kemampuan (skill) berkendara, defensive driving selangkah lebih maju. Karena selain berfokus perilaku berkendara, teknik ini juga berfokus pada sikap pemecahan masalah bila kemungkinan terjadi di jalan.

 

Aggressive Driving

Sesuai dengan namanya, pengemudi pada teknik ini cenderung agresif dan tak mengindahkan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Pengemudi seperti ini tak hanya membahayakan diri sendiri dan penumpang tapi juga pengguna jalan lainnya. 

 

 

 

Sebagai ilustrasi, saat Anda mampu menyalip kendaraan lain berarti Anda sudah memiliki kemampuan berkendara yang aman (safety driving). Namun saat Anda menyalip sambil memprovokasi kendaraan lain tentu Anda akan masuk pada kategori aggressive driving. Sedangkan dalam defensive driving, Anda tak hanya mampu menyalip tapi juga disertai dengan pertimbangan risiko yang akan terjadi saat Anda menyalip, termasuk memperkirakan kondisi kendaraan yang disalip.

 

4 poin penting dalam defensive driving

Setidaknya ada 4 poin dasar yang menjadi acuan bagi para pengemudi untuk menerapkan defensive driving di perjalanan, antara lain adalah: kewaspadaan, kesadaran, sikap dan antisipasi.

 

Kewaspadaan (Alertness)

Saat mengemudi, segala hal dapat terjadi di jalanan termasuk hal-hal yang buruk. Anda dituntut untuk selalu waspada dan peka terhadap lingkungan sekitar termasuk waspada dari kesalahan yang dibuat oleh pengendara lain. Untuk itu hindarilah distraksi yang berlebihan saat berkendara seperti bermain ponsel maupun terlalu banyak memilih lagu yang akan didengarkan.

 

Kesadaran (Awareness)

Pengemudi harus menyadari akan kemampuan berkendaranya, serta kondisi tubuh saat berkendara. Sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk mengemudi saat kondisi badan sedang tidak baik-baik saja. Diperlukan juga kesadaran untuk berkendara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

 

 

Sikap dan Mental (Attitude)

Hal ini juga diperlukan saat menerapkan defensive driving. Sebagai pengendara, Anda tentu tak boleh egois apalagi provokatif. Karena tanpa didasari dengan sikap dan mental yang yang baik, alih-alih menerapkan defensive driving Anda justru akan terlihat agresif. Gunakanlah fasilitas umum secara bersama, antrilah sesuai dengan jalur dan jangan merugikan pengguna jalan lain.

 

Kemampuan Mengantisipasi (Anticipation)

Banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi saat berkendara termasuk hal-hal yang buruk. Untuk itu diperlukan kemampuan mengantisipasi masalah yang timbul baik yang berasal dari diri sendiri, kendaraan yang digunakan maupun dari pengendara lainnya.

 

Defensive driving dapat ditumbuhkan melalui kebiasaan dan pembiasaan. Namun hal ini akan menjadi jauh menjadi lebih baik jika terarah melalui pelatihan dan pendidikan dari para ahli, secara konsisten. Seperti yang telah dilakukan lebih dari 3.400 pengemudi TRAC yang telah dibekali dengan pelatihan defensive driving untuk memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.

 

Dengan begitu, Anda dapat merasakan kenyamanan berkendara bersama pengemudi yang telah tersertifikasi saat menggunakan layanan dari TRAC, baik rental mobil personal maupun corporate. Selain itu, pengemudi dari TRAC juga selalu menerapkan pelayanan yang prima dengan nilai-nilai yang ada. Seperti tepat waktu, antisipatif, rapi dan bersih, hangat dalam melayani, aman dan nyaman dalam berkendara, pengetahuan jalan yang luas serta menghormati privasi pelanggan.

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait layanan pengemudi dari TRAC, Anda dapat langsung menyambangi Kantor Cabang TRAC yang ada di kota Anda. TRAC memiliki jangkauan luas yang tersebar di puluhan kota di Indonesia, jadi tak perlu ragu lagi untuk menggunakan layanan rental mobil dengan pengemudi dari TRAC. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id. 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp