Cara Mencegah Mabuk Perjalanan di Dalam Bus dan Mobil
Cara Mencegah Mabuk Perjalanan di Dalam Bus dan Mobil
Cara Mencegah Mabuk Perjalanan di Dalam Bus dan Mobil

Tips

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan di Dalam Bus dan Mobil

11 Agustus 2023

Share

Tak sedikit orang yang mudah terkena mabuk perjalanan saat berkendara dengan bus maupun mobil. Umumnya akan muncul rasa tak nyaman yang disertai beberapa gejala seperti pusing, mual bahkan terkadang hingga muntah.

 

Saat mabuk perjalanan menyerang, bisa-bisa trip yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi menyebalkan. Tapi Sobat TRAC tak perlu khawatir karena dengan langkah yang tepat sebenarnya sobat bisa menghindari atau setidaknya mengurangi gejala mabuk perjalanan lho

 

Yuk simak beberapa tips yang dapat membantu sobat merasa lebih baik saat melakukan perjalanan dengan bus maupun mobil. 

 

5 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

 

Pilih kursi yang Tepat 

 

Pemilihan tempat duduk saat di kendaraan ternyata berpengaruh dengan kenyamanan di perjalanan. Saat bepergian, kursi depan dan kursi di dekat jendela biasanya adalah pilihan terbaik. Posisi ini membuat sobat bisa melihat pemandangan di luar yang bisa membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

 

 

 

Hindari duduk atau berdiam lama dalam posisi menghadap ke belakang, usahakan untuk selalu menghadap ke depan.

 

Dengan tetap duduk manis menghadap depan, Sobat TRAC dapat meminimalkan sinyal-sinyal yang penyebab mabuk perjalanan dan tentunya membantu sobat memiliki perjalanan yang lebih nyaman.

 

Stabilkan pandangan

 

Cara lainnya adalah memusatkan pandangan pada objek-objek yang stabil seperti pemandangan luar, dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan.

 

Terfokus pada sesuatu yang tidak bergerak di saat tubuh bergerak-gerak dapat membantu otak menyelaraskan sinyal-sinyal yang bertentangan dari tubuh dan mata. 

 

Membaca atau berkonsentrasi pada objek-objek yang bergerak di dalam kendaraan bisa membuat kebingungan sinyal otak semakin parah dan tentunya memicu rasa mual, hindari aktivitas-aktivitas ini.

 

 

 

Sobat TRAC juga bisa menutup mata untuk beristirahat atau pusatkan pandangan pada objek-objek yang jauh.

 

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi 

 

Apa yang Sobat TRAC konsumsi sebelum perjalanan juga bisa berdampak signifikan pada kondisi selama di perjalanan. Sebaiknya untuk hindari makanan berat atau pedas, yang mungkin menyebabkan ketidaknyamanan di perut. Sebaiknya pilih cemilan atau makanan yang tak terlalu berat. 

 

Di samping itu, penting juga untuk tetap terhidrasi namun sebaiknya juga tidak minum terlalu banyak cairan. Banyak sumber yang menyebutkan secara khusus untuk menghindari makanan berminyak atau asam sebelum dan selama perjalanan.

 

Menjaga pola makan seperti yang disebutkan di atas akan membantu perut tidak terganggu selama perjalanan.

 

Jaga suhu dan sirkulasi

 

Udara segar dan suhu yang nyaman di dalam kendaraan bisa sangat bermanfaat dalam mengurangi mual dan mabuk perjalanan. Mobil dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang baik akan membuat lingkungan di dalam kendaraan jadi lebih nyaman.

 

 

 

Ide lainnya bisa juga dengan mencari udara segar. Jika mulai merasa tidak nyaman coba menurunkan sedikit jendela mobil yang ditumpangi. Menghirup udara segar diyakini dapat meredakan gejala mual dan pusing.

 

Konsumsi obat anti mabuk perjalanan

 

Cara terakhir untuk meringankan gejala mabuk perjalanan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan, baik obat bebas yang dijual di pasaran maupun obat pribadi yang disarankan dokter.

 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan apoteker atau tenaga medis profesional untuk rekomendasi obat dan dosis yang tepat, terutama untuk anak-anak.

 

Mabuk perjalanan bisa mengubah perjalanan yang seharusnya menyenangkan jadi kurang mengenakan. 5 tips diatas dapat membantu membuat perjalanan Sobat TRAC lebih nyaman, baik menggunakan mobil ataupun bus.

 

 

 

Namun, perjalanan yang menyenangkan juga bergantung pada moda transportasi yang tepat. Layanan rental mobil dan sewa bus TRAC, menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang membuat perjalanan lebih menyenangkan.

 

TRAC memberikan periode sewa yang fleksibel, berbagai pilihan armada, pengemudi yang profesional dan berpengalaman serta tak lupa promo-promo menarik.

 

Reservasi dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Google Playstore dan Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Jangan lewatkan juga informasi dan penawaran menarik dari TRAC dengan mengikuti akun media sosial resmi di Instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra.

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp