Ide Oleh-Oleh Khas Magelang Saat Liburan ke Borobudur
Ide Oleh-Oleh Khas Magelang Saat Liburan ke Borobudur
Ide Oleh-Oleh Khas Magelang Saat Liburan ke Borobudur

Tips

Ide Oleh-Oleh Khas Magelang Saat Liburan ke Borobudur

15 Mei 2024

Share

Candi Borobudur masih jadi magnet tersendiri bagi wisatawan, setiap tahunnya jutaan orang menyambangi situs bersejarah tersebut. Pesonanya sebagai destinasi wisata tentu juga ikut menggerakan perekonomian masyarakat sekitar bahkan di Kabupaten Magelang secara luas, salah satunya lewat sentra oleh-oleh.

 

Buat sebagian besar masyarakat Indonesia tentu kurang lengkap rasanya berwisata tanpa membawa oleh-oleh, begitu pun saat menyambangi Candi Borobudur. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang bisa jadi buah tangan saat liburan ke Borobudur. 

 

5 Rekomendasi Oleh-oleh di Borobudur

 

Apapun bergambar Candi Borobudur

 

Abadikan kenangan seru liburan ke Candi Borobudur dengan membeli berbagai souvenir bergambar Candi Buddha terbesar itu.

 

 

 

Nggak jauh dari pintu keluar terdapat sentra oleh-oleh Borobudur yang menjual berbagai barang seperti kaos bergambar Borobudur dengan berbagai tingkat kualitas, gantungan kunci yang menyerupai stupa, tirai bambu dengan lukisan Candi Borobudur dan banyak lagi.

 

Untuk harga nggak perlu khawatir sob, oleh-oleh Borobudur yang bisa dibawa pulang harganya relatif sangat terjangkau.

 

Kerajinan Batu seperti Cobek hingga Patung

 

Kawasan Borobudur dan beberapa kawasan lain di Magelang juga terkenal dengan kerajinan batu alamnya. Cobek dan lumpang produksi pengrajin lokal sering jadi incaran banyak wisatawan karena terbuat dari batu alam utuh dan diyakini tahan lama.

 

Selain cobek, ada juga kerajinan berbahan batu berupa miniatur candi, patung, dan stupa yang tentunya cocok dijadikan pajangan di rumah

 

Handmade Gerabah

 

Setelah puas berkeliling Candi Borobudur, sempatkan mampir ke desa wisata di sekitarnya. Beberapa desa wisata dekat Borobudur seperti Desa Wisata Karanganyar dan Desa Wisata Klipoh, menawarkan pengalaman seru membuat gerabah yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Borobudur.

 

Sobat TRAC bisa bikin aneka kerajinan tangan berbahan tanah liat mulai dari alas gelas dan gelas, mangkok, hingga asbak. Kalau sobat sudah mulai mahir, bisa juga membuat vas bunga. Selain bikin sendiri, kamu juga bisa membeli hasil karya para pengrajin disini.

 

 

 

Jajanan Jadul Toko Nyonya Pang

 

Toko kue ini sudah ada sejak tahun 1912 dan sempat diabadikan dalam novel Gadis Kretek yang booming beberapa waktu lalu. Selama lebih dari seratus tahun, Toko Nyonya Pang konsisten menjual kudapan hingga jajanan pasar seperti wajik, kue moho dan miku. Nggak ketinggalan ada juga tape ketan khas Magelang yang bercita rasa manis dan menyegarkan.

 

Lokasinya memang nggak begitu dekat dengan Candi Borobudur karena berada di kawasan Muntilan. Sobat TRAC yang akan kembali ke Yogyakarta biasanya akan melewati kawasan ini. Jadi nggak ada salahnya berbelok sejenak untuk mencicipi aneka jajanan jadul yang juga bisa dijadikan oleh-oleh tersebut.

 

Getuk Trio

 

Liburan ke Magelang kurang lengkap tanpa membawa Getuk sebagai oleh-oleh. Kue berbahan dasar singkong ini nggak cuma punya bentuk yang menarik, tapi juga rasa yang nikmat. Cocok disantap bareng secangkir teh atau kopi hangat.

 

Sobat TRAC bisa dengan mudah menjumpai getuk di berbagai sudut Magelang. Tapi yang paling ikonik adalah Getuk Trio yang sudah ada sejak tahun 1958.

 

 

 

Keliling Magelang dan Belanja Oleh-oleh Borobudur Pakai Rental Mobil TRAC

 

Nggak sebatas penggunaan di dalam kota, rental mobil Yogyakarta dari TRAC jadi pilihan yang tepat buat sobat yang mau berkeliling Magelang dan liburan di Candi Borobudur.

 

Dengan menggunakan rental mobil, sobat bisa lebih mudah mengatur jadwal perjalanan, yang bukan tak mungkin menambahkan tujuan baru saat ingin belanja oleh-oleh di Magelang.

 

Terdapat dua jenis layanan rental mobil yang bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan. Ada rental mobil dengan pengemudi, yang simple dan memungkinkan sobat untuk bersantai di mobil. Serta, rental mobil lepas kunci buat yang lebih suka bertualang. 

 

Selama bulan Mei 2024, TRAC punya penawaran menarik buat sobat yang ingin rental mobil di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, dan Surabaya.

 

Nikmati potongan harga Rp 250 ribu per transaksi untuk rental mobil dengan pengemudi dan diskon Rp 150 ribu per hari untuk rental mobil lepas kunci. Klik banner di bawah ya. 

 

BANNER THUMBNAIL - TRAC SALETURAHMI.jpg

 

Buruan pesan lewat aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di  Google Playstore dan Apple Appstore. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership ya, sob!

 

Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk rekomendasi menarik lainnya seputar event, rekomendasi wisata hingga promo.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp