• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Jelang Musim Liburan, Hati-hati Penipuan Berkedok Rental Mobil

Jelang Musim Liburan, Hati-hati Penipuan Berkedok Rental Mobil
Jelang Musim Liburan, Hati-hati Penipuan Berkedok Rental Mobil
Jelang Musim Liburan, Hati-hati Penipuan Berkedok Rental Mobil

Tips

Jelang Musim Liburan, Hati-hati Penipuan Berkedok Rental Mobil

07 November 2023

Share

Libur akhir tahun sudah di depan mata, siapa nih yang sudah mulai merencanakan perjalanan bareng teman atau keluarga? Banyak orang yang terlalu fokus “mengamankan” tiket perjalanan dan kamar hotel sejak jauh-jauh hari, padahal ada pula komponen lain yang tak kalah krusial. Yaitu rental mobil untuk berkeliling di destinasi wisata.

 

Rental mobil kini telah menjadi solusi instan buat berbagai kebutuhan, sob. Baik untuk sekadar liburan maupun urusan lain seperti pekerjaan dan bisnis. Dengan rental mobil, sobat jadi lebih leluasa mengatur perjalanan senyaman menggunakan kendaraan pribadi.

 

Apalagi saat musim liburan tiba, permintaannya pasti akan meningkat. Yang menyebabkan banyak muncul rental mobil dadakan, yang tak jarang merupakan penyedia bodong dan penipuan.

 

Modusnya untuk memperdaya wisatawan yang kesulitan mendapat rental mobil dari penyedia terpercaya. Nah, biar nggak terjebak dengan modus penipuan rental mobil, simak beberapa tips berikut, sob.

 

 

 

5 Tips Mencegah Penipuan Rental Mobil

 

Kenali Modus Penipuan Rental Mobil

 

Dengan teknologi yang ada sekarang, penipuan rental mobil kini merambah di dunia maya. Misalnya dengan “mengambil alih” layanan pengguna (customer service) dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di laman perusahaan yang terdaftar di mesin pencari.

 

Komplotan penipu ini akan menyisipkan nomor telepon dan mengarahkan calon konsumen untuk melakukan pemesanan lewat nomor kontak palsu yang diberikan tersebut.

 

Modus lainnya dengan membuat layanan fiktif di media sosial. Tak tanggung-tanggung, para penipu akan memoles akun bodong mereka lengkap dengan foto-foto mobil hingga testimonial palsu maupun yang diambil dari akun penyedia lainnya.

 

Modus seperti ini kerap terjadi di daerah yang menjadi tujuan wisata, seperti Bali maupun Yogyakarta dan Bandung. Dengan cara mendompleng tagar tertentu yang sering dicari oleh pengguna seperti #rentalmobilbali, #rentalmobillepaskunci, #rentalmobilmurah.

 

 

 

Ciri Penipuan Rental Mobil

 

Jika mencari layanan rental mobil di jagat maya, harus ekstra hati-hati ya, sob. Kenali beberapa hal yang mengindikasikan penipuan. Seperti kolom komentar akun media sosial yang sengaja ditutup, memaksa atau mengarahkan komunikasi melalui nomor telepon pribadi, serta memaksa untuk segera melakukan pemesanan.  

 

Jangan Asal Bayar atau Transfer Uang

 

Saat menemukan rental mobil yang memberi harga jauh di bawah harga pasaran, sebenarnya Sobat TRAC juga sudah harus mulai waspada. Modus penipuan macam ini selalu dimulai dengan penawaran harga yang tak wajar.

 

Pada beberapa kasus, dilaporkan ada pula customer yang dipaksa untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai uang muka atau deposit dalam jumlah yang besar sebagai tanda jadi.

 

Hal lain yang juga harus diwaspadai adalah nomor rekening tujuan penerima. Waspada jika yang diberikan merupakan nomor rekening pribadi bukan atas nama perusahaan.

 

Riset Penyedia Rental Mobil

 

Luangkan sedikit waktu untuk melakukan penelusuran mengenai kredibilitas perusahaan rental mobil yang akan dipilih. Cara paling mudah adalah dengan mengecek ulasan di media sosial atau google review.

 

 

 

Kalau nggak punya banyak waktu untuk riset, sebaiknya gunakan rental mobil dari perusahaan yang sudah terkenal dan memiliki track record baik dalam dunia transportasi seperti TRAC yang merupakan bagian dari grup Astra. 

 

Pesan Rental Mobil dari Situs atau Aplikasi Resmi

 

Untuk menghindari penipuan, sebisa mungkin hindari pemesanan langsung kepada perorangan. Perusahaan rental mobil profesional umumnya telah memiliki situs resmi atau aplikasi khusus yang memudahkan penggunanya melakukan pemesanan, seperti aplikasi TRACtoGo milik TRAC

 

Keliling Indonesia Rental Mobil TRAC Hemat hingga 25 Persen

 

Buruan download aplikasinya di Google Playstore dan Apple Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC lainnya, sob. Mulai dari sewa bus pariwisata, airport transfer hingga paket perjalanan wisata.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp