Mau Beli Mobil? Ini Sejumlah Biaya yang Harus Keluar
Mau Beli Mobil? Ini Sejumlah Biaya yang Harus Keluar
Mau Beli Mobil? Ini Sejumlah Biaya yang Harus Keluar

Tips

Mau Beli Mobil? Ini Sejumlah Biaya yang Harus Keluar

22 Februari 2024

Share

Punya mobil tentu jadi salah satu mimpi kebanyakan orang ya, sob. Apalagi buat sobat TRAC yang sudah berkeluarga dan punya anak, pasti kerap mempertimbangkan hal ini untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman saat pergi kesana-kemari.

 

Apalagi saat ini, mobil nggak cuma dianggap sebagai moda transportasi. Beli mobil dianggap sebagai salah satu bentuk apresiasi diri, sehingga ada kebanggaan tersendiri saat berhasil memiliki mobil yang telah lama dinanti.

 

Meski pada kenyataannya, nggak sedikit juga yang akhirnya terjebak pada situasi “memaksakan diri” untuk beli mobil tanpa membuat perhitungan yang matang. Padahal dengan punya mobil, artinya akan ada biaya tambahan yang rutin dikeluarkan dan pastinya nggak sedikit.

 

Jadi, buat sobat TRAC yang berencana beli mobil, coba kalkulasi lagi biar pengeluaran penting bulanan nggak terganggu. Ketimbang harus memaksakan tapi akhirnya malah memberatkan.

 

 

 

4 Biaya yang Harus Keluar saat Punya Mobil

 

Anggaran Beli Mobil

 

Saat mutusin buat beli mobil, ada dua opsi yang bisa dipilih sob. Beli mobil baru atau bekas. Untuk mobil baru dengan kelas terendah seperti LCGC misalnya, pada beberapa merek harga paling murah saat ini sudah mencapai angka Rp 200 jutaan.

 

Kemudian untuk harga mobil bekas dengan usia pakai dibawah 5 tahun, harga dipasaran untuk jenis mobil LCGC berkisar Rp 100 hingga Rp 150 jutaan. Harga itu belum termasuk biaya balik nama, hingga perbaikan jika mendapati ada komponen yang mengalami kerusakan.

 

Yang perlu dipertimbangka juga opsi pembeliannya sob, terutama kalau sobat ingin beli secara kredit. Sobat harus menyiapkan uang Down Payment (DP) sekitar 20 hingga 30 persen dari nilai mobil. Pastiin juga cicilan bulanannya masih masuk hitungan dan nggak ada cicilan lain yang masih berjalan ya, sob.

 

Perawatan Rutin

 

Selain anggaran buat beli mobil, pertimbangin juga biaya buat perawatan berkala, sob. Layaknya sebuah kendaraan yang rutin digunakan, mobil pastinya perlu dirawat biar performanya terus terjaga.

 

 

 

Misalnya penggantian oli mobil. Umumnya oli mobil mesti diganti setelah jarak tempuh 5 ribu hingga 10 kilometer, sob. Atau dalam kurun waktu sekitar 3 hingga 6 bulan. Itupun tergantung intensitas penggunaan mobilnya ya, sob.

 

Selain ganti oli yang rutin beberapa perawatan lainnya yang juga mesti dipikirkan adalah ganti aki yang umumnya hanya berusia 2 hingga 3 tahun, kampas rem, filter udara, hingga komponen kaki-kaki. Banyak banget kan, sob.

 

Pajak Tahunan dan 5 Tahunan

 

Karena masuk dalam kategori barang mewah, maka sobat juga mesti membayar pajak tahunan yang besaran biayanya tergantung pada jenis dan merek mobil.

 

Pajak tahunan ini wajib hukumnya, sob. Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), menyebutkan kalau kendaraan bermotor yang tidak bayar pajak selama 2 tahun, maka datanya akan dihapus alias bodong dan tidak dapat didaftarkan kembali.

 

Selain pajak tahunan, ada juga pajak lima tahunan untuk penggantian kaleng plat nomor dan pengecekan fisik kendaraan. Berikut komponen pajak mobil yang harus dibayarkan.

 

  • Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ)
  • Biaya Admin
  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
  • Biaya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)
  • Biaya Pengesahan serta Penerbitan STNK

 

Asuransi

 

Hal terakhir yang harus dipahami saat punya mobil  adalah asuransi, sob. Banyak pemilik mobil yang masih abai dengan hal ini. Padahal asuransi bisa memberi garansi kalau mobil sobat mengalami kerusakan hingga hal-hal buruk lain yang nggak diinginkan, seperti musibah kehilangan hingga kecelakaan.

 

 

 

Sewa Mobil Bulanan TRAC

 

Meski begitu, ada solusi paling mudah buat sobat TRAC yang ingin punya mobil tanpa beban. Sobat bisa sewa mobil bulanan di TRAC tanpa harus pusing mikirin biaya-biaya tadi yang mesti dikeluarkan. Jadi, bisa tetap eksis dan nyaman jalani aktivitas harian.

 

Sebagai pioner layanan sewa kendaraan, TRAC hadir jadi solusi kebutuhan transportasi, baik untuk perusahaan maupun personal. Nggak cuma mengakomodir sewa harian, TRAC juga punya layanan yang memungkingkan sobat buat sewa mobil periode bulanan.

 

Promo Sewa Avanza cuma Rp 4 Jutaan Sebulan di TRAC

 

Salah satu keunggulan sewa mobil bulanan TRAC tentu saja pilihan mobil yang beragam. Sobat bisa sesuaikan dengan kebutuhan, seperti City Car, MPV, hingga SUV. Menariknya lagi, sobat juga bisa pilih mobil baru kalau mau.

 

TRAC menjamin setiap armada mobil yang disewakan kondisinya baik dan siap pakai. Bahkan, usia pakai mobil nggak lebih dari empat tahun. Jadi pastinya masih sangat nyaman dipakai harian.

 

Selain itu, sewa mobil bulanan di TRAC juga bikin sobat lebih tenang dengan jaminan pelayanan penuh selama 24 jam. Jadi, untuk urusan servis rutin ke bengkel hingga perpanjang STNK tahunan, semuanya ditanggung oleh pihak TRAC. Singkatnya, sobat “tinggal pakai aja”.

 

Layanan sewa mobil bulanan ini juga sudah termasuk asuransi hingga roadside assistance. Sehingga saat terjadi kendala di jalan, sobat tinggal menghubungi customer care TRAC untuk mendapatkan bantuan. Seperti derek atau mobil pengganti jika mobil yang digunakan butuh perbaikan hingga beberapa hari kedepan.

 

Untuk tahu lebih lanjut tentang layanan sewa mobil bulanan TRAC, silahkan cek disini. Kalau ada pertanyaan, kamu juga bisa menghubungi layanan Customer Assistance Center (24/7) : 1500.009.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp