Pastikan Keamanan Bus Pariwisata dengan Cara Cerdas Berikut
Pastikan Keamanan Bus Pariwisata dengan Cara Cerdas Berikut
Pastikan Keamanan Bus Pariwisata dengan Cara Cerdas Berikut

Tips

Pastikan Keamanan Bus Pariwisata dengan Cara Cerdas Berikut

04 Juni 2024

Share

Acara jalan-jalan perpisahan sekolah maupun perpisahan kelas biasanya jadi momentum yang ditunggu siswa. Sayangnya, karena beberapa berita kecelakaan bus yang ramai belum lama ini, bikin orang tua was-was dan mempertanyakan keamanan bus pariwisata. 

 

Dalam memilih bus pariwisata, keamanan dan kenyamanan harus jadi faktor sebagai pertimbangan dalam memilih layanan ini. Biar lebih plong dan nggak was-was selama perjalanan, sobat bisa ikuti beberapa cara cerdas berikut untuk menentukan bus pariwisata yang aman digunakan.

 

5 Cara Cerdas Memastikan Keamanan Bus Pariwisata

 

Pilih operator bus pariwisata terpercaya

 

Luangkan waktu sejenak untuk sedikit melakukan riset beberapa operator bus pariwisata yang masuk dalam daftar pilihan. Perusahaan penyedia layanan sewa bus pariwisata profesional biasanya biasanya punya halaman website resmi. Sobat bisa mampir langsung untuk memantau ulasan dari pengguna lain yang pernah menggunakan jasanya.

 

 

 

Jangan tergiur harga murah

 

Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang sangat murah, apalagi dari perusahaan penyedia layanan yang kredibilitasnya masih diragukan.

 

Sobat boleh lho menaruh curiga dengan penawaran harga yang jauh di bawah harga standar. Jangan sampai ada kompromi dalam hal keselamatan dan kenyamanan. Sebaiknya pilih operator yang menawarkan harga wajar dengan fasilitas mumpuni dan terjamin aman.

 

Survey langsung, jangan ragu bertanya perawatan bus

 

Jika memungkinkan, lakukan survei langsung terhadap armada bus pariwisata yang akan disewa. Jangan ragu bertanya tentang perawatan berkala dan pemeliharaan yang dilakukan oleh operator. Pastikan juga bus yang di cek adalah bus yang akan digunakan di hari H ya!

 

Oh iya, periksa juga apakah bus dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang memadai, seperti sabuk pengaman, sistem pencegahan kebakaran, dan peralatan medis darurat.

 

Pastikan kondisinya terawat dengan baik, termasuk sistem pengendalian kecepatan dan rem yang berfungsi dengan baik. Memastikan bahwa semua fasilitas dan sistem keamanan berfungsi dengan baik dapat memberikan rasa nyaman dan keamanan selama perjalanan.

 

 

 

Cek kelayakan bus pariwisata lewat mitra darat

 

Memastikan kelayakan bus yang akan digunakan adalah hal penting yang bisa sobat lakukan saat memilih bus pariwisata.

 

Selain bertanya langsung dengan pihak operator bus pariwisata, kamu juga bisa melakukan cross check status laik jalan armada yang digunakan dengan menggunakan aplikasi Mitra Darat atau laman SPIONAM yang dikelola langsung Kementerian Perhubungan.

 

Pilih bus sesuai dengan kebutuhan

 

Gunakan lah bus sesuai dengan kapasitasnya. Bus pariwisata umumnya punya kapasitas mulai dari 11 hingga 59 penumpang dengan konfigurasi 2-2 atau 2-3.

 

Sesuaikan pemilihan bus pariwisata yang akan digunakan dengan jumlah peserta yang ikut. Jangan sampai melebihi kapasitas yang ditentukan ya, sob.

 

Saat melakukan survei, sobat juga bisa mencermati apakah pihak operator “mengakali” kapasitas bus dengan memodifikasi atau melakukan penambahan kursi. Kalau itu terjadi, sebaiknya segera hapus perusahaan tersebut dari daftar pilihanmu. 

 

 

 

Pertimbangkan juga kondisi dan kontur jalan yang akan dilalui. Kalau destinasi yang dituju harus melalui jalan sempit dan berliku, sebaiknya gunakan dua buah bus medium alih-alih memaksakan bus dengan body besar.

 

Liburan Aman dan Nyaman dengan Bus Pariwisata TRAC

 

Buat acara perpisahan kelas atau outbond sekolah jadi perjalanan yang menyenangkan, aman dan nyaman bersama layanan sewa bus pariwisata dari TRAC.

 

Kredibilitas TRAC sebagai penyedia layanan rental mobil dan sewa bus pariwisata tentu sudah nggak perlu diragukan lagi. TRAC telah berkiprah selama lebih dari 37 tahun dengan area pelayanan yang menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia.

 

Untuk semakin meneguhkan pilihan mu terhadap layanan sewa bus pariwisata dari TRAC, Sobat boleh cek langsung status laik jalan armada yang akan digunakan.

 

Masukan nomor kendaraan ke aplikasi maupun laman resmi Mitra Darat, di sana akan muncul informasi mengenai armada tersebut seperti tipe hingga lokasi dan tanggal uji berkala.

 

 

 

Oh iya biar nggak bingung saat melakukan pengecekan, nama perusahaan untuk layanan bus pariwisata TRAC adalah PT United Automobil Sembilanpuluh Utama (UAS) ya.

 

TRAC punya lebih dari 20 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota lho! Jadi kalau Sobat mau konsultasi langsung atau survei kendaraan yang akan digunakan, bisa banget mampir ke cabang terdekat dari tempatmu berdomisili.

 

Pilihan Bus Pariwisata TRAC

 

Terdapat banyak jenis bus yang bisa sobat pilih jika menggunakan layanan sewa bus pariwisata dari TRAC. Untuk bus ukuran besar TRAC memiliki opsi 48 dan 59 tempat duduk. Di beberapa kota tersedia juga bus besar berkapasitas 40 orang yang dilengkapi dengan fasilitas toilet. 

 

Di kelas bus medium, terdapat pilihan bus dengan kapasitas 35 maupun 31 tempat duduk. Ada juga Coaster yang bisa mengangkut 23 penumpang. Sedangkan untuk bus berukuran kecil ada Small Bus Jumbo Series untuk 16 penumpang dan Hiace berkapasitas 15 tempat duduk.

 

Terdapat pula berbagai pilihan luxury bus yang cocok untuk perjalanan pribadi maupun bisnis. Jenis bus ini tentu berbeda dari bus standar pada umumnya.

 

Dengan kapasitas yang lebih sedikit, para penumpang akan memiliki ruang gerak yang lebih bebas. Tak ketinggalan berbagai fasilitas keren seperti mini pantry hingga ruang meeting dan layar ekstra besar.

 

 

 

Soal harga, sobat nggak perlu khawatir karena layanan sewa bus pariwisata TRAC akan memberikan harga terbaik yang setara dengan layanan yang mumpuni dan kualitas armada yang nggak kaleng-kaleng.

 

Pesan layanan sewa bus pariwisata TRAC langsung ke kantor cabang terdekat atau lewat aplikasi TRACtoGo dan halaman reservasi di website TRAC.

 

Download aplikasi TRACtoGo di Google Play Store atau Apple App Store dan jangan lupa registrasi serta verifikasi membership untuk menikmati kemudahan layanan TRAC.

 

Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan berbagai informasi menarik mulai dari promo menarik, rekomendasi tempat wisata hits hingga hidden gem serta jadwal konser dan event terkini.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp