07-Tips-nyaman-diperjalanan-jarak-jauh-menggunakan-bus-_1_.webp
07-Tips-nyaman-diperjalanan-jarak-jauh-menggunakan-bus-_1_.webp
07-Tips-nyaman-diperjalanan-jarak-jauh-menggunakan-bus-_1_.webp

Tips

Tips Nyaman Perjalanan Jarak Jauh Menggunakan Bus

21 November 2022

Share

Meski banyak pilihan moda transportasi untuk perjalanan jarak jauh, namun perjalanan jarak jauh menggunakan bus selalu dapat memberikan cerita dan pengalaman tersendiri. Perjalanan jarak jauh menggunakan bus akan terasa lebih nikmat apabila dilakukan dengan orang-orang terdekat, entah field trip kantor, karya wisata sekolah atau kampus, wisata ziarah, maupun pulang kampung bersama keluarga besar.

 

Meski terkesan simple, nyatanya tak semua orang terbiasa dengan perjalanan jarak jauh menggunakan bus. Nah, agar perjalanan kali ini terasa jauh lebih nyaman, yuk simak 7 tips di bawah ini.


 

 

7 tips agar perjalanan jarak jauh menggunakan bus terasa lebih nyaman.


 

1. Pastikan Kondisi Tubuh Dalam Keadaan Prima

Di penghujung pandemi ini, penting bagi Anda untuk melakukan perjalanan jauh dengan kondisi fisik yang prima. Hal ini tak hanya berlaku saat perjalanan jauh menggunakan bus tapi juga dengan moda transportasi lainnya. Anda tentu tak mau membuat orang lain risih saat Anda batuk atau membuat rombongan heboh lantaran ada yang tiba-tiba demam.


 

2. Usahakan Untuk Membawa Barang Seperlunya

Berbeda dengan saat bepergian dengan kendaraan pribadi yang bisa membawa barang dengan bebas, saat menggunakan bus barang bawaan sebaiknya dibatasi. Untuk kenyamanan sebaiknya Anda tidak membawa lebih dari 3 tas saja. 

 

Pisahkan barang-barang pribadi yang akan digunakan saat perjalanan di satu tas tersendiri yang dapat Anda bawa ke kabin namun tidak terlalu besar saat harus diletakan di kompartemen atas. hal yang sama juga berlaku jika Anda ingin membawa tas tersendiri yang berisi camilan dan minuman. Untuk pakaian dan barang-barang yang dibutuhkan di lokasi tujuan bisa Anda kemas dalam satu tas besar atau koper yang disimpan di bagasi bus.


 

 

3. Bawa Jaket Untuk Menghalau Udara Dingin

Saat melakukan perjalanan jauh menggunakan bus, Anda akan berjam-jam berada di ruangan yang ber-AC untuk itu diperlukan persiapan ekstra terlebih jika Anda kurang bersahabat dengan udara dingin. Oleh karena itu, pastikan jaket selalu ada dalam barang bawaan Anda. Oh iya, Anda juga bisa bertanya terlebih dahulu apakah bus yang akan ditumpangi menyediakan selimut atau tidak. 

 

Trik tambahan agar tubuh Anda bisa merasa hangat saat di perjalanan adalah dengan selalu menggunakan masker. Selain tentu saja bagian dari protokol kesehatan, masker juga bisa meminimalisir udara dingin dari sekitar masuk ke dalam tubuh lho!


 

4. Jangan Terlalu Banyak Membawa Camilan dan Makanan

Hal yang satu ini biasa terjadi saat perjalanan jauh tak sedikit orang yang kalap membawa perbekalan. Alih-alih dihabiskan saat perjalanan, bisa jadi camilan dan makanan tersebut hanya dibawa naik dan turun bus hingga pulang nanti. Bawalah perbekalan secukupnya apalagi jika ditempat tujuan nanti tak sulit menemukan warung atau minimarket. Pilih juga makanan yang tahan lama agar tak cepat basi dan rusak.

 

Penting untuk Anda selalu terhidrasi selama di perjalanan, namun sebaiknya Anda juga tak terlalu banyak meminum cairan untuk menghindari keinginan buang air kecil, terutama apabila bus yang Anda gunakan tidak dilengkapi dengan fasilitas toilet. Sebaiknya hindari juga makanan yang pedas agar tak sakit perut selama perjalanan.

 

 

5. Isi Daya Gadget Sebelum Perjalanan Untuk Hiburan yang Maksimal

Pastikan semua daya gadget terisi penuh sebelum berangkat agar Anda bisa leluasa menikmati perjalanan dengan iringan musik kesukaan. Tak ada salahnya juga untuk  membawa baterai cadangan maupun powerbank terutama apabila tak ada port charger di dalam bus yang ditumpangi. 

 

Bila bus yang Anda sewa memiliki fasilitas hiburan dan Anda pergi bersama circle terdekat, maka tak ada salahnya menyusun playlist yang dapat dinyanyikan oleh semua orang. Selain menyenangkan saat perjalanan jauh, hiburan ini juga bisa menghemat baterai gadget Anda.


 

6. Lakukan Beberapa Gerakan Olahraga Ringan di atas Bus

Perjalanan jauh menggunakan bus dapat melelahkan terutama karena berjam-jam berada di posisi duduk. Anda bisa mengajak seisi bus untuk sejenak melemaskan otot-otot yang kaku dengan gerakan ringan dan pemanasan singkat. 

 

Untuk menghindari nyeri bahu, Anda dapat menarik bahu ke belakang dengan posisi duduk tegak selama beberapa kali. Untuk menghindari leher yang kaku Anda bisa menggerakan kepala ke arah bahu kanan dan kiri. Jangan lupa manfaatkan juga waktu untuk melemaskan otot-otot kaki dan paha apabila bus berhenti dan beristirahat. Turun lah sejenak dari bus untuk berdiri, menggoyangkan badan dan tentu menghirup udara segar.


 

 

7. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Sesuai Dengan Aturan

Meski badai pandemi Covid-19 hampir berlalu dan segala aktivitas sudah hampir bisa dilakukan termasuk bepergian jarak jauh, bukan berarti Anda bisa mengabaikan protokol kesehatan. Selalu gunakan masker dan sebisa mungkin menghindari kerumunan. Sebaiknya Anda selalu membawa hand sanitizer serta cuci tangan dengan air dan sabun jika memungkinkan. Jangan lupa juga untuk melengkapi diri dengan vaksinasi sebagai perlindungan ekstra. 

 

Apabila Anda adalah penyelenggara perjalanan kali ini, maka kebersihan bus juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih layanan sewa bus yang akan Anda gunakan. Pastikan juga awak bus yang akan mengantar dan melayani Anda serta orang-orang tersayang dalam keadaan sehat dan telah divaksinasi.

 

Apabila Anda merencanakan perjalanan jarak jauh menggunakan bus sewaan, maka tentu saja layanan sewa bus dari TRAC adalah pilihan yang paling tepat. Sebagai penyedia layanan sewa bus dan rental mobil yang memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia, TRAC akan senantiasa mendukung segala keperluan Anda. 

 

TRAC memiliki berbagai pilihan kapasitas bus mulai dari small bus, bus medium hingga bus ukuran besar dan luxury bus yang lengkap dengan berbagai fasilitas mewah. Semua armada bus dari TRAC sudah dilengkapi dengan reclining seatport charger, fasilitas hiburan seperti LCD TV dan audio karaoke serta keperluan darurat dan P3K. Untuk Luxury Bus dilengkapi juga dengan toilet, mini pantry dan mini meeting space. Fasilitas toilet juga bisa Anda dapatkan pada beberapa bus berkapasitas besar. 

 

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai layanan sewa bus dari TRAC, Anda bisa mendatangi kantor cabang TRAC terdekat maupun melalui Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500 009. Di sana Anda bisa berkonsultasi mengenai tipe bus yang paling cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh bersama teman dan keluarga. 

 

Reservasi layanan sewa bus dari TRAC juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi TRACtoGo. Segera unduh aplikasi keren ini melalui Google Playstore maupun Apple App Store untuk pemesanan aneka layanan dari TRAC seperti sewa bus, rental mobil harian dan airport shuttle.

 

Follow juga media sosial TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp