Tol Fungsional yang Beroperasi saat Mudik Lebaran 2024
Tol Fungsional yang Beroperasi saat Mudik Lebaran 2024
Tol Fungsional yang Beroperasi saat Mudik Lebaran 2024

Tips

Tol Fungsional yang Beroperasi saat Mudik Lebaran 2024

19 April 2024

Share

Mudik memang identik dengan kemacetan bahkan tak jarang antrian kendaraan pun dijumpai di dalam tol. Untuk mengurai kemacetan di beberapa titik, Jasa Marga membuka tujuh ruas tol baru sebagai jalan tol fungsional yang bisa Sobat jajal pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

 

Karena masih digunakan secara fungsional tentu ruas-ruas tol ini memiliki banyak keterbatasan. Minimnya penerangan jalan dan belum adanya Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) alias rest area membuat operasional ruas-ruas jalan tong fungsional menjadi terbatas. Rencananya, jalan tol fungsional hanya akan beroperasi pada pukul 06.00-17.00 setiap harinya dari tanggal 4 - 16 April 2024.

 

7 Ruas Tol Fungsional Mudik Lebaran 2024

 

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung, Seksi IIB (Cikeas - Cibitung)

 

Ruas tol dengan panjang sekitar 19,65 km ini merupakan sisa dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) yang belum tersambung. Lalu lintas di ruas tol ini berlaku satu arah (oneway) untuk itu pastikan Sobat mengetahui jadwalnya; arus mudik berlaku dari Nagrak menuju Cibitung pada 4-11 April 2024, sementara untuk arus balik berlaku dari Cibitung menuju Nagrak pada 12-16 April 2024.

 

Sebagai informasi, tol JORR II ini melingkar dari Cengkareng, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing hingga Pelabuhan Tanjung Priok dengan panjang total 111 km. Dengan adanya tol fungsional ini maka seluruh ruas di JORR II telah tersambung.

 

 

 

Jalan Tol Jakarta -  Cikampek II Selatan, Paket III (Kutanegara - Sadang)

 

Jalur sepanjang 8,5km ini diharapkan bisa menjadi penghubung alternatif antara Jalan Tol Cipularang (Cikampek–Purwakarta–Padalarang) dari Bandung arah Jakarta dengan Jalan tol Jakarta-Cikampek. Ruas tol fungsional ini beroperasi secara situasional, jadi nggak selalu dibuka ya Sob.

 

Pengguna dapat masuk melalui Gerbang Tol SS Sadang yang berada sekitar Km 77 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta. Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan raya non-tol sepanjang 15-20 Km untuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Timur atau GT Karawang Barat.

 

Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Seksi Colomadu - Klaten

 

Total perjalanan dari GT Colomadu menuju Klaten diperkirakan bisa ditempuh hanya 25 menit. Ruas jalan tol sepanjang 22km ini akan membantumu menghindari 15 titik lampu lalu lintas yang kerap menjadi titik kemacetan. 

 

Akses masuk jalur fungsional jalan ini pada arus mudik melalui akses GT Banyudono dan dari GT Colomadu. Sementara itu mdi periode arus balik, Sobat dapat masuk ke jalur fungsional dari akses Ngawen (Klaten) dan GT Karanganom menuju GT Banyudono atau GT Colomadu.

 

 

 

Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar

 

Hadirnya jalan tol ini bisa mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya dari 3 jam menjadi sekitar 1,5 jam saja! Jalan tol fungsional ini jalan utama sepanjang 24,7 km merupakan lanjutan dari Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang. Meski jalan tol fungsional ini gratis tapi pengguna masih tetap harus membayar untuk ruas jalan sebelumnya. 

 

Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat

 

Terdapat dua ruas jalan jalan tol fungsional pada jalan dikenal dengan nama “kutepat” ini, yaitu; ruas Tebing Tinggi - Sinaksak sepanjang 45 km dan ruas Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 9 km.

 

Ruas Tebing Tinggi - Sinaksak akan diberlakukan dua arah dan jangan lupa Sobat tetap wajib melakukan tapping di Gerbang Tol Dolok Merawan atau Gerbang Tol Sinaksak. Sedangkan Ruas Indrapura - Kuala Tanjung adalah lanjutan dari Tol Tebing Tinggi - Indrapura, ruas ini akan beroperasi secara situasional tergantung kepadatan lalu lintas.

 

Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi II (Lima Puluh - Kisaran)

 

Berbeda dari jalur tol fungsional lainnya, Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi II (Lima Puluh – Kisaran) sepanjang 32,15 Km ini rencananya akan beroperasi selama 24 jam sehari. Pengoperasian jalan tol ini digadang bisa memangkas waktu tempuh perjalanan dari Medan menuju Kisaran hingga setengahnya lho! Dari yang awalnya perlu 5 jam menjadi hanya 2 jam 30 menit saja.

 

Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung

 

Jalur fungsional yang membentang dari Musi Landas ke Pangkalan Balai yang merupakan bagian dari Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapal Betung). Jalur satu arah sepanjang 22 kilometer ini memiliki jalan yang berkontur dan masih minim penerangan sehingga hanya akan digunakan dalam situasi darurat atau terjadi kemacetan di jalan lintas timur Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. 

 

 

 

Penting Untuk diketahui: longsor Tol Bocimi dan ganjil-genap di Jalan tol

 

Selain tujuh ruas tol fungsional yang sudah dijabarkan, ada pula beberapa informasi penting terkait dengan perjalanan. TRAC sudah merangkumnya spesial untuk Sobat yang akan melaksanakan perjalanan mudik.

 

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II batal ikut meramaikan arus mudik dan arus balik lebaran 2024 ini, terjadinya longsor di KM 64. Pengendara yang menuju sukabumi dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Cigombong karena adanya perbaikan para ruas tersebut. 

 

Informasi lain yang tak kalah penting adalah, diberlakukannya aturan ganjil genap (gage) di ruas jalan tol Jakarta - Kalikangkung (km 0 - km 414 trans jawa) dan sebaliknya.

 

Pada arus mudik, gage berlaku dr km 0 - km 414 dengan jadwal; 5 April 2024 (14.00 WIB) - 7 April 2024 (24.00 WIB), 8 April 2024 (08.00-24.00 WIB) dan 9 April 2024 (08.00-24.00 WIB). Sedangkan untuk arus balik gage berlaku dr Km 414 - Km 0 pada 12 April 2024 (14-24.00 WIB), 13 April 2024 (08.00-24.00 WIB) dan 14 April 2024 (08.00 WIB)-16 April 2024 (08.00 WIB).

 

Jadi sudah siap dengan perjalanan mudik kali ini? Gunakan rental mobil dari TRAC sebagai moda transportasi andalan untuk mudik lebaran tahun 2024.

 

 

 

Tersedia dua layanan rental mobil yang bisa Sobat pilih yaitu rental mobil lepas kunci dan rental mobil dengan pengemudi. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

 

Oh iya, yang terpenting semua layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC bisa langsung sobat pesan melalui halaman reservasi yang ada di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo. Download dan install aplikasi TRACtoGo yang ada di Playstore dan Apple Appstore dan selesaikan proses registrasi agar Sobat bisa menikmati berbagai fitur di dalamnya.

 

Dapatkan tips perjalanan lainnya dengan cara follow TRAC di media sosial; Instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Sobat juga bisa mendapatkan informasi promo dan penawaran yang menguntungkan hingga referensi perjalanan wisata yang sedang hits di berbagai kota di Indonesia.

 

Apapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp