Berbagai Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
Berbagai Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia
Berbagai Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia

Travel

Berbagai Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia

23 Juni 2023

Share

Tak ubahnya seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha juga menjadi hari besar yang selalu dirayakan umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia yang notabene sebagai negara dengan penduduk penganut agama islam terbesar.

 

Hari Raya Idul Adha ini berkaitan dengan ibadah haji yang ditunaikan umat muslim di tanah suci, Mekkah, Saudi Arabia. Nah, umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji, dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban, seperti Sapi, Kerbau hingga Kambing.

 

Daging hewan kurban tersebut kemudian dibagikan kepada warga sekitar, sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa (YME). Nantinya daging kurban tersebut akan diolah menjadi beragam hidangan mulai dari Sate hingga Gulai untuk dinikmati bersama-sama.

 

Namun, Sobat TRAC tau gak, selain identik dengan pemotongan hewan kurban, beberapa daerah di Indonesia juga punya beragam tradisi unik dalam merayakan Idul Adha atau yang juga populer dengan sebutan lebaran haji.

 

Tradisi ini tentunya telah berlangsung sejak lama dan melekat menjadi warisan budaya yang terus lestari keberadaanya. Mumpung ada libur panjang, Sobat TRAC yang bingung mau pergi kemana, bisa memasukan beberapa daerah ini sebagai destinasi. Penasaran dimana aja? Simak informasi selengkapnya ya!

 

 

 

5 Tradisi Unik Idul Adha

 

Gamelan Sekaten, Cirebon

 

Konon tradisi ini merupakan dari warisan peninggalan Sunan Gunung Jati kala menyebarkan ajaran islam di tanah Jawa, khususnya Jawa Barat. Parade tradisi Gamelan Sekaten selalu digelar di Cirebon setiap ada hari besar keagamaan, tak terkecuali Idul Adha.

 

Sobat TRAC yang berencana liburan ke Cirebon, jangan melewati keseruan melihat secara langsung tradisi yang telah melegenda ini. Gamelan Sekaten digelar di sekitar Keraton Kasepuhan Cirebon, saat Sultan keluar dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

 

Apitan, Semarang

 

Selain dikenal sebagai kota sejarah, identitas Semarang juga cukup melekat dengan ragam tradisi yang dimiliki. Salah satunya tradisi Apitan yang selalu digelar saat Hari Raya Idul Adha.

 

Tradisi ini merupakan rangkaian acara yang diisi dengan pembacaan doa sebagai salah satu tanda syukur atas nikmat dan rezeki yang telah diberikan Tuhan. Menariknya, dalam tradisi ini juga akan digelar arak-arakan dengan membawa hasil tani dan peternakan.

 

 

 

Kalau Sobat TRAC sedang berlibur di Semarang, jangan lewatkan keseruan berebut hasil bumi dalam arak-arakan. Namun, pastikan untuk tetap mengutamakan keselamatan ya!

 

Grebeg Gunungan, Yogyakarta

 

Punya kekayaan budaya yang melegenda, kurang afdol rasanya jika membahas tradisi unik Idul Adha tanpa menyebutkan kota pelajar ini. Mirip tradisi Apitan di Semarang, saat Idul Adha warga Yogyakarta juga akan menggelar tradisi arakan hasil bumi sebagai tanda syukur atas nikmat yang diberikan.

 

Menariknya, arak-arakan hasil pertanian ini akan disusun menjadi tiga gunungan besar berisi buah dan sayur-sayuran. Kemudian dibawa berkeliling, mulai dari halaman Keraton dan berakhir di Masjid Gede Kauman.

 

Jemur Kasur, Banyuwangi

 

Berbeda dengan beberapa tradisi lainnya di pulau Jawa, warga Banyuwangi, Jawa Timur punya tradisi yang sangat unik jelang Hari Raya Idul Adha. Tradisi itu dilakukan dengan menjemur kasur yang bertujuan untuk menolak bala dan memelihara keharmonisan rumah tangga.

 

Tradisi ini secara khusus dilakukan oleh penduduk dari suku Osing yang mendiami desa Kemiren, Glagah. Tradisi yang juga dikenal dengan sebutan Mape Kasur ini, dimulai dengan pertunjukan tari Gandrung yang kemudian berlanjut dengan proses penjemuran kasur. Unik banget ya!

 

 

 

Meugang, Aceh

 

Tradisi unik Idul Adha yang terakhir datang dari daerah paling Barat di Indonesia, yakni Aceh. Tradisi ini digelar sebagai bentuk syukur warga atas segala nikmat dan limpahan keberkahan Tuhan, dengan melakukan ritual masak bersama.

 

Meugang telah menjadi tradisi yang terus dilakukan sejak masa kerajaan Aceh. Tradisi ini dimulai dengan melakukan penyembelihan hewan kurban, lalu daging kurban tersebut dibagikan kepada warga secara merata, untuk diolah dan dinikmati bersama-sama. Wah seru banget ya!

 

Itulah beberapa tradisi unik Idul Adha yang cukup populer di berbagai daerah di Nusantara. Jadi, Sobat TRAC mau menyaksikan tradisi yang mana saat Idul Adha nanti? Kemanapun tujuannya, yang pasti selalu gunakan layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC ya, demi menjaga keamanan dan kenyamanan di jalan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp