https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-202-[JUNI] TRAC WEB - BANNER - 16.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-202-[JUNI] TRAC WEB - BANNER - 16.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-202-[JUNI] TRAC WEB - BANNER - 16.jpg

Travel

Deretan Tempat Makan Empal Gentong yang Perlu Kamu Coba di Cirebon

30 Juni 2021

Share

Kebutuhan akan rekreasi menjadi penting untuk melepas penat dari segala rutinitas. Meski kini bepergian ke luar negeri masih dibatasi karena masa pandemi, namun ada alternatif lain yang masih bisa dilakukan. Misalnya dengan melakukan perjalanan wisata domestik.

 

Anda bisa mencoba mencari destinasi yang dekat tempat tinggal dan mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Nah bagi Anda yang tinggal di sekitar Jakarta bisa mencoba melancong ke berbagai spot wisata terdekat. Misalnya Cirebon yang berada jalur pesisir utara dan menawarkan berbagai pesona wisata Cirebon, hingga kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. 

 

 

Bagi Anda yang menyukai seni dan budaya, bisa menyambangi keraton-keraton di Cirebon. Keraton di sini merupakan satu-satunya yang masih eksis di Jawa Barat. Jika dahulu keraton merupakan pusat pemerintahan, kini menjadi pusat seni budaya lokal yang melestarikan warisan nasional. Ada tiga keraton yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan. 

 

Puas menjelajah pusat budaya, Anda bisa mampir untuk mencoba kuliner Cirebon yang terkenal yakni empal gentong. Makanan tradisional dengan kuah santan kaya akan rempah yang berisi daging sapi ini memang nikmat disantap selagi hangat. Di Cirebon, ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa Anda tuju untuk menyantap makanan, yang konon katanya hanya disajikan untuk kalangan ningrat. 

 

 

1. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong legendaris pertama yang bisa Anda kunjungi terletak di Jalan Juanda. Empal Gentong H. Apud merupakan salah satu yang populer di kalangan pengunjung dari luar Cirebon karena tempatnya yang strategis dengan lahan parkir yang luas. Tak lupa tempatnya yang sejuk juga menjadi daya tarik, mengingat Cirebon yang berada di pesisir mempunyai cuaca yang cukup panas. 

 

Ada dua menu yang juga jadi andalan, empal gentong dengan kuah santan kuning yang kaya rempah dan empal asem berkuah bening. Berdiri sejak tahun 1995, seporsi empal gentong bisa dibeli seharga Rp23.000. Tak hanya itu, karena rasanya yang lezat, Empal Gentong H. Apud telah memiliki dua cabang lain di Jalan Otista dan Jalan Tuparev Cirebon. 

 

2. Empal Gentong Krucuk

Meski menyajikan jenis makanan yang sama, namun Empal Gentong Krucuk punya keistimewaan yakni taburan irisan daun kucai serta cabe bubuk di atas semangkok empal gentongnya. Selain itu di sini hidangan empal gentong dimasak di atas gentong tanah liat dengan bara api yang berasal dari kayu asam kering. Sehingga banyak dikunjungi karena punya cita rasa yang khas dan berbeda.

 

Untuk satu porsi empal gentong dengan daging sapi, dibanderol harga Rp22.000. Anda bisa menemukan Empal Gentong Krucuk di samping bank BTN Krucuk, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, Kesenden, Kejaksan Kota Cirebon. 

 

 

3. Empal Gentong Mang Darma 

Sama-sama berlokasi di Krucuk, namun rumah makan yang satu ini lebih dikenal karena usianya yang terbilang lama. Didirikan sejak tahun 1948, Empal Gentong Mang Darma diyakini sebagai pelopor atau yang pertama menjual empal gentong di Cirebon. Meski awalnya Mang Darma dijajakan dengan berkeliling, baru setelah beberapa tahun kemudian menetap di lokasi yang hingga kini digunakan yakni Jalan Slamet Riyadi, Krucuk, Cirebon. 

 

 

Dengan mempertahankan cita rasa yang masih sama dan cara pengolahan yang tradisional, terbukti membuat rumah makan ini bertahan hingga sekarang. Kini Empal Gentong Mang Darma telah dikelola oleh generasi keempat. Satu mangkuk empal gentong dengan irisan lontong bisa Anda dapatkan dengan harga Rp20.000. 

 

Untuk Anda yang tertarik mencicipi kuliner daging sapi ini, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih leluasa berpindah ke lokasi-lokasi tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan rental mobil Cirebon dari TRAC yang menjamin kebersihan dan kehigienisan setiap kendaraan dengan SMART PROTOCOL.

 

Protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

 

Selain itu, dengan TRAC Anda bisa menyewa ragam jenis kendaraan sesuai kebutuhan, mulai dari mulai dari sepeda motor untuk solo-traveling, sewa mobil Cirebon secara lepas kunci atau dengan pengemudi bersertifikat defensive driving, mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan.  

 

Untuk memudahkan pemesanan, Anda bisa mengunduh aplikasi TRAC To Go dari Google Play Store dan Apple Apps Store. Dengan TRAC To Go yang memiliki beragam fitur unggulan, Anda bisa merencanakan dan memesan transportasi dengan semakin mudah, aman serta nyaman, kapanpun dan di manapun. 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp