https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-202-[JUNI] TRAC WEB - BANNER - 16.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-202-[JUNI] TRAC WEB - BANNER - 16.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-202-[JUNI] TRAC WEB - BANNER - 16.jpg

Travel

Deretan Tempat Makan Empal Gentong yang Perlu Kamu Coba di Cirebon

30 Juni 2021

Share

Rekreasi selalu menjadi obat untuk melepas penat dari segala rutinitas. Meski kini bepergian ke luar negeri masih dibatasi karena masa pandemi, namun ada alternatif lain yang masih bisa dilakukan. Misalnya, dengan melakukan perjalanan wisata domestik.

 

Sobat TRAC bisa mencoba mencari destinasi yang dekat tempat tinggal dan mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Nah bagi Anda yang tinggal di sekitar Jakarta, bisa mencoba melancong ke berbagai spot wisata terdekat.

 

Misalnya ke kota Cirebon. Kota yang berada jalur pesisir pantai utara ini, menawarkan berbagai pesona wisata. Tak terkecuali kulinernya yang menggugah selera.

 

 

 

Bagi Sobat TRAC yang menyukai seni dan budaya, bisa menyambangi keraton-keraton di Cirebon. Keraton di sini merupakan satu-satunya yang masih eksis di Jawa Barat.

 

Jika dahulu keraton merupakan pusat pemerintahan, kini menjadi pusat seni budaya lokal untuk melestarikan warisan leluhur. Ada tiga keraton yang bisa dikunjungi. Diantaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan. 

 

Puas menjelajah pusat budaya, coba mampir untuk mencicipi kuliner Cirebon yang terkenal. Ya, empal gentong. Makanan tradisional ini merupakan olahan daging sapi dengan kuah santan yang kaya akan rempah. Dijamin rasanya nikmat.

 

Ada beberapa rekomendasi tempat makan empal gentong terdekat di sana yang bisa Sobat TRAC tuju untuk menyantap kuliner legendaris tersebut. Yang konon dahulu hanya disajikan untuk kalangan ningrat.

 

3 Lokasi Makan Empal Gentong Terdekat di Kota Cirebon

 

 

1. Empal Gentong H. Apud

 

Empal Gentong legendaris ini terletak di Jalan Juanda. Empal Gentong H. Apud merupakan salah satu yang populer di kalangan pengunjung dari luar Cirebon.

 

Selain lokasinya yang strategis, Empal Gentong H.Apud juga memiliki lahan parkir yang luas. Tempatnya pun cukup sejuk. Cocok untuk istirahat sejenak, mengingat Cirebon identik dengan cuaca panas. 

 

h.apud_AdhPram.jpg

 

Ada dua menu yang juga jadi andalan, empal gentong dengan kuah santan kuning yang kaya rempah dan empal asem berkuah bening. Berdiri sejak tahun 1995, seporsi empal gentong bisa dibeli seharga Rp23.000. Tak hanya itu, karena rasanya yang lezat, Empal Gentong H. Apud telah memiliki dua cabang lain di Jalan Otista dan Jalan Tuparev Cirebon. 

 

2. Empal Gentong Krucuk

 

Meski menyajikan jenis makanan yang sama, namun Empal Gentong Krucuk punya keistimewaan lain. Empal Gentong disini dilengkapi dengan taburan irisan daun kucai serta cabe bubuk.

 

Keunikan lainnya, hidangan empal gentong dimasak di atas gentong tanah liat dengan bara api yang berasal dari kayu asam kering. Tak heran, Empal Gentong Krucuk selalu ramai dikunjungi karena punya cita rasa yang khas dan berbeda.

 

krucuk_My Journey.jpg

 

Seporsi empal gentong dengan daging sapi, dibanderol seharga Rp 22 ribu. Anda bisa menemukan Empal Gentong Krucuk di samping bank BTN Krucuk, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, Kesenden, Kejaksan Kota Cirebon. 

 

 

3. Empal Gentong Mang Darma

 

Sama-sama berlokasi di Krucuk, namun rumah makan yang satu ini lebih dikenal karena usianya yang terbilang lama. Didirikan sejak tahun 1948, Empal Gentong Mang Darma diyakini sebagai pelopor atau yang pertama menjual empal gentong di Cirebon.

 

mang darma_Handry Carlos.jpg

 

Meski awalnya Mang Darma dijajakan dengan berkeliling. Beberapa tahun kemudian Empal Gentong Mang Darma menetap di lokasi yang hingga kini digunakan. Yakni Jalan Slamet Riyadi, Krucuk, Cirebon. 

 

 

Dengan keunikan cita rasa dan cara pengolahan tradisional, membuat tempat makan empal gentong ini bertahan hingga sekarang. Kini, Empal Gentong Mang Darma telah dikelola oleh generasi keempat.

 

Satu mangkuk empal gentong dengan irisan lontong bisa Anda dapatkan hanya dengan harga Rp 20 ribu. 

 

Sobat TRAC yang tertarik dengan kuliner khas Cirebon ini, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih leluasa berpindah ke lokasi-lokasi tersebut. Jika tidak ingin capek nyetir karena perjalanan yang cukup jauh, pakai layanan rental mobil dari TRAC aja.

 

Untuk kemudahan pemesanannya, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Play Store maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp