Grebeg Sudiro, Perayaan Imlek Khas Solo
Grebeg Sudiro, Perayaan Imlek Khas Solo
Grebeg Sudiro, Perayaan Imlek Khas Solo

Travel

Grebeg Sudiro, Perayaan Imlek Khas Solo

09 Februari 2024

Share

Sobat TRAC, pernah nggak terpikir untuk merayakan tahun baru Imlek di kota yang kental dengan budaya Jawa? Kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman perayaan Imlek yang berbeda, coba deh datang ke gelaran Grebeg Sudiro di kota Solo, Jawa Tengah. 

 

Hadir dalam balutan budaya Tionghoa dan Jawa, gelaran Grebeg Sudiro jadi contoh nyata akulturasi budaya di Indonesia. Saking uniknya, banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke Solo cuma buat nyaksiin langsung rangkaian acara perayaan Imlek yang meriah tersebut.

 

Fakta tentang Grebeg Sudiro, Perayaan Imlek khas Solo

 

Sejarah Grebeg Sudiro

 

Grebeg Sudiro bisa dibilang sebagai tradisi baru yang usianya bahkan belum 20 tahun. Meski begitu cikal-bakalnya sudah aja sejak lebih dari seratus tahun lalu.

 

 

 

Di masa lampau, masyarakat Tionghoa di Solo mengenal tradisi “Buk Teko” untuk menyambut tahun baru Imlek. Tradisi semacam syukuran ini telah berlangsung sejak Susuhunan Pakubuwono X berkuasa (1893-1939).

 

Baru di tahun 2007, warga Kelurahan Sudiroprajan menggelar Grebeg Sudiro untuk pertama kalinya. Sudiroprajan dikenal sebagai pecinan Kota Solo dan jadi pemukiman masyarakat keturunan Tionghoa sejak lama. 

 

Mulai dari acara yang cuma dibuat di tingkat kampung, Grebeg Sudiro mulai bekerjasama dengan kelenteng di tahun berikutnya. Lambat laun acara ini kian semarak hingga jadi agenda tahunan pariwisata tanah air.

 

Nama Grebeg Sudiro sendiri diambil dari dua kata, yaitu “grebeg” yang sering dimaknai sebagai iring-iringan atau perayaan dan “sudiro” yang merujuk pada lokasi pertama kali acara ini digelar, yakni Sudiroprajan. 

 

Akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa

 

Diselenggarakan di kawasan pecinan dalam rangka memeriahkan Imlek, acara ini punya nuansa Jawa yang kental. Belakangan, Grebeg Sudiro diselenggarakan dalam beberapa hari dan dikemas dengan meriah. 

 

Biasanya rangkaian Grebeg Sudiro diawali dengan Umbul Mantram. Warga akan melakukan kirab atau iring-iringan berkeliling Kelurahan Sudiroprajan hingga Pasar Gedhe menggunakan pakaian tradisional khas Jawa.

 

 

 

Oh iya, gunungan iring-iringannya pun nggak kalah unik, sob. Bukan cuma  sebatas pada hasil bumi, tapi juga gunungan yang terdiri dari susunan kue keranjang. 

 

Usai berkeliling, warga lintas agama ini akan berdoa bersama sebagai wujud syukur sekaligus harapan atas berkah dan keselamatan.

 

Setelahnya, gunungan dibawa saat kirab budaya untuk dinikmati oleh warga yang hadir.. Meski harus rebutan, momen ini justru jadi salah satu puncak kuatnya rasa kebersamaan dan persaudaraan.

 

Jadwal Grebeg Sudiro 2024

 

Rangkaian acara Grebeg Sudiro 2024 diselenggarakan hampir selama satu bulan, mulai dari 27 Januari hingga 22 Februari 2024. Seperti yang sudah dijelaskan, acara dibuka dengan prosesi Umbul Mantram pada 27 Januari 2024 lalu.

 

Setelah Umbul Mantram yang merupakan acara sakral, rangkaian dilanjutkan dengan karnaval budaya. Karnaval ini melibatkan kontingen dari daerah lain.

 

Wah kebayang serunya iring-iringan barongsai dan liong berpadu dengan reog dari Ponorogo, barongan dari Blora hingga kuda lumping dari tanah sunda. Meriah banget, sob!

 

 

 

Grebeg Sudiro 2024 juga dimeriahkan dengan Bazar Potensi dan wahana Perahu Wisata yang bisa sobat TRAC jajal mulai dari 28 Januari hingga 10 Februari 2024. Rangkaian acara ini ditutup dengan pertunjukan musik bertajuk “Heritage & Harmony Music” pada 22 Februari 2024.

 

Kenali Ragam Budaya Indonesia Bersama Rental Mobil TRAC

 

Sobat yang belum sempat menyaksikan langsung Umbul Mantram maupun Karnaval Budaya di Grebeg Sudiro pada perayaan Imlek 2024 ini nggak perlu khawatir.

 

Gelaran Grebeg Sudiro merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun. Jadi nggak ada salahnya memasukan Grebeg Sudiro di tahun depan ke dalam bucket list perjalanan sobat.

 

Untuk mengenal harmonisasi budaya Indonesia sebenarnya sobat nggak perlu nunggu ada acara tertentu. Sobat TRAC cuma perlu meluangkan waktu untuk menjelajah kota-kota di Indonesia yang kental dengan wisata budaya, seperti Solo, Yogyakarta hingga Bali. 

 

Dikenal sebagai jantung budaya Jawa, sobat bisa dengan leluasa mengunjungi destinasi wisata budaya di Solo dan Yogyakarta dengan layanan rental mobil Yogyakarta dari TRAC.

 

Nikmati setiap perjalanan dan rasakan kemudahan berkendara dengan rental mobil dengan pengemudi. Tapi, kalau sobat mau liburan yang lebih fleksibel dan kapasitas mobil yang maksimal rental mobil lepas kunci bisa jadi solusi.

 

Jadikan liburan makin cuan dengan diskon spesial untuk pemesanan rental mobil Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta di aplikasi TRACtoGo. Promo berlaku untuk layanan rental mobil lepas kunci maupun dengan pengemudi. Info detailnya klik banner dibawah, sob!

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC PROMO X KEMENPAR.jpg

 

Tunggu apa lagi? Download aplikasi TRACtoGo di Playstore atau Appstore. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership  untuk menikmati kemudahan layanan TRAC lainnya. 

 

Dapatkan juga ragam informasi menarik terkait destinasi wisata, event serta penawaran menarik dari TRAC dengan cara follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp