Jadi Kota Tertua di Indonesia, Berikut Fakta Tentang Palembang
Jadi Kota Tertua di Indonesia, Berikut Fakta Tentang Palembang
Jadi Kota Tertua di Indonesia, Berikut Fakta Tentang Palembang

Travel

Jadi Kota Tertua di Indonesia, Berikut Fakta Tentang Palembang

25 Juli 2023

Share

Bicara soal kota tertua di Indonesia, mungkin banyak yang tidak menyangka kalau predikat itu melekat pada Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Ya, kota yang baru berulang tahun pada 17 Juni kemarin, telah genap berusia 1,341 tahun. Wooow!

 

Mengutip dari berbagai sumber, kota dengan luas tak kurang dari 352 kilometer persegi ini, berdiri pada tahun 682 Masehi, semasa kerajaan Sriwijaya yang dipimpin oleh Dapunta Hyang Sri Jayasana. Informasi tersebut diketahui dari Prasasti Kedukan Bukit, yang berada di Kedukan Bukit, Palembang.

 

Prasasti itu pertama kali ditemukan oleh seorang penjajah Belanda, C.J. Batenburg saat mengunjungi Kedukan Bukit, Palembang 103 tahun yang lalu. Atau tepatnya pada 29 November 1920.

 

Prasasti berbentuk batu ukuran 45 x 80 sentimeter itu, ditulis menggunakan huruf Pallawa dengan aksen Melayu Kuno, sebagai penanda kembalinya pasukan Dapunta Hyang ke pusat pemerintahan usai menaklukan Minanga. Prasasti Kedukan Bukit pun dibuat sebagai tanda syukur dan rasa gembira.

 

 

 

Namun, selain jadi kota tertua di Indonesia, ada beberapa fakta menarik lain yang juga patut Sobat TRAC ketahui sebagai informasi kala berkunjung kesana. Penasaran apa saja? Simak informasi selengkapnya ya!

 

3 Fakta Tentang Palembang

 

Jembatan Ampera, Ikon Kota Palembang

 

Melancong ke Palembang, kurang afdol rasanya jika tidak melipir ke salah satu jembatan yang jadi ikon kota berjuluk bumi Sriwijaya ini. Jembatan yang mulai diresmikan pada 1965 tersebut, sejatinya merupakan jalur utama warga yang membentang diatas sungai Musi yang memisahkan Seberang Ulu dan Ilir.

 

Jembatan Ampera pernah dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara tak lama setelah peresmiannya. Dengan panjang mencapai 1.177 meter serta lebar 22 meter, jembatan yang jadi kebanggan warga bumi Sriwijaya ini, cukup menarik perhatian negara-negara di ASEAN pada masa itu.

 

Kini, selain beroperasi sebagai jalur lintas utama, Jembatan Ampera juga kerap menjadi tujuan wisata. Ada banyak aktivitas yang bisa Sobat TRAC lakukan disana. Mulai dari berfoto dengan latar belakang jembatan yang indah, hingga menikmati sajian kuliner di sekitarnya. Pokoknya kalau ke Palembang, jangan lupa mampir kesini ya!.

 

 

 

Terdapat Al-Qur’an Raksasa di Museum Bayt Al-Qur’an Al-Akbar

 

Selain identik dengan wisata kuliner dan sejarah, Palembang ternyata juga punya destinasi wisata religi yang menarik untuk disambangi. Disana, terdapat sebuah Al-Qur’an raksasa setinggi 15 meter persegi di Museum Bayt Al-Qur’an Al-Akbar.

 

Dikutip dari kompas.com Al-Qur’an raksasa tersebut dibuat dalam lembaran kayu berukuran 177 cm x 140 cm x 2,5 cm dengan ukiran emas khas Palembang. Setidaknya ada sekitar 630 halaman yang terdiri dari 30 juz Al-Qur’an lengkap dengan tajwid, serta doa khataman.

 

Museum Al-Qur’an raksasa ini, mulai diresmikan dan dibuka untuk umum pada 30 Januari 2012, di masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam prosesnya, pembuatan Al-Qur’an raksasa ini menelan biaya hingga Rp 2 miliar.

 

Pempek, Makanan Pokok Sehari-hari

 

Sobat TRAC mungkin termasuk wisatawan yang selalu menjadikan pempek sebagai buah tangan sepulang dari kota Palembang. Tenang, sobat ga sendirian. Karena pada kenyataannya, hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke sana, menjadikan makanan satu ini sebagai oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan.

 

Namun bagi warga Palembang, pempek merupakan makanan pokok yang wajib dihidangkan sehari-hari. Uniknya, makanan yang tersaji dengan kuah cuko dan identik dengan rasa asam ini, menjadi sajian favorit saat pagi, saat perut masih kosong. Berbeda dengan kebanyakan orang yang tentu akan menghindari makan makanan asam agar tidak mules di jalan, hehehe.

 

 

 

Selain itu, pempek juga menjadi sajian yang tak boleh alfa di setiap gelaran acara. Mau apapun jenis acaranya, harus ada pempek yang dihidangkan. Hal itu sekaligus menjadi bukti, kalau makanan dengan bahan utama daging ikan ini berkaitan erat dengan sebagian besar masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan.

 

Itulah beberapa informasi dan fakta tentang kota Palembang, yang didaulat sebagai kota tertua di Indonesia. Gimana, Sobat TRAC jadi makin penasaran buat liburan kesana kan? Segera agendakan waktu untuk melancong ke Bumi Sriwijaya ini. Jelajahi ragam wisatanya yang memesona, juga sajian kulinernya yang kaya cita rasa.

 

Jelajahi Ragam Wisata Palembang dengan Rental Mobil TRAC

 

Untuk mendukung aktivitas liburan ini, Sobat TRAC bisa manfaatkan layanan rental mobil agar momen liburan semakin nyaman dan tubuh tak perlu membuang banyak energi di perjalanan.

 

Rental mobil Palembang yang aman dan terpercaya dari TRAC tentu menjadi pilihan yang tepat. TRAC senantiasa melayani berbagai kebutuhan berlibur sobat melalui layanan rental mobil lepas kunci ataupun dengan pengemudi.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp